VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan sejak tahun 2018 lalu. Bahkan purwarupanya sudah pernah digeber di Sirkuit Fuji bulan Juni 2019.

Kehadirannya untuk pertama kali di depan publik di Sarthe terbilang unik. Terlaksana pada hari Minggu (20/9) pada pembukaan Le Mans Ke-88 di Circuit de La Sarthe, di Sarthe, Prancis. Pada saat kemunculannya itu, langsung melakukan demo satu lap dikemudikan oleh mantan pembalap Toyota Gazoo Racing, Alex Wurz. Kemunculan GR Super Sport bertepatan dengan pembukaan kembali balapan Le Mans musim 2020 setelah dihentikan sementara karena COVID-19.

Jujur saja, mobil hypercar yang diperkirakan dibanderol US$ 1 juta (sekitar Rp 15 milyar) itu sempat terlupakan oleh car enthusiast. Kisahnya tenggelam oleh kehebatan Toyota Supra, yang menandai comeback pabrikan Jepang tersebut ke tengah persaingan supercar.

Baca juga: VIDEO - Ini Sportscar yang Dikalahkan Toyota Supra di Nurburgring



Memang ini mobil sempat menjadi sorotan media karena menjalani serangkaian uji coba di ragam trek. Tapi beritanya tertutup oleh Supra yang ternyata punya daya ledak yang lebih besar. Kemunculan di Sarthe paling tidak menandakan bahwa kehadiran unit produksinya sudah semakin dekat. Meskipun waktu hadir di Sarthe, GR Super Sport masih memakai baju penyamaran.

Pada Juli 2019 lalu, Super Sport sempat bikin orang penasaran. Hadir di Sirkuit Fuji Speedway dengan digeber langsung oleh Akio Toyoda selaku CEO dan President Toyota. Waktu itu, media langsung berspekulasi bahwa GR Super Sport kemungkinan bakal dirilis pertengahan 2020. Namun, sampai bulan September ini, belum juga diluncurkan secara resmi. Malah hanya melakukan parade lap di Sarthe.

Heritage GR Super Sport


Karena Super Sport belum meluncur juga secara resmi, otomatis Toyota Supra masih tetap bertahan sebagai mobil Toyota paling buas dan paling seksi. Meskipun nantinya ia akan ditumbangkan Super Sport sebagai flagship pabrikan jika sudah dirilis resmi. GR sendiri memang dikembangkan sebagai mobil jalan raya yang dijual kepada publik dalam jumlah terbatas dan akan diturunkan di balapan World Endurance Championship 2020/2021. Kelas yang bakal diikuti adalah kelas hypercar yang baru dibuka oleh FIA.



Apakah hypercar hybrid ini mewarisi heritage yang telah dilahirkan pabrikan? Tentu, konon ia secara spiritual bakal menggantikan TS020 GT-One versi jalan raya yang diproduksi akhir 1990-an. Total tenaga yang dihasilkan Super Sport kisaran 900 – 1000 hp dari mesin V6 2.4 liter turbo plus motor listrik. Tapi, untuk versi trek balap, motornya hanya dipatok mengeluarkan tenaga tidak lebih 270 hp.

Baca juga: Laris Manis, Kuota Toyota Supra di Indonesia akan Ditambah

Belum ada informasi detail mengenai GR Super Sport. Baru diketahui bahwa cangkang bodi seluruhnya terbuat dari serat karbon dengan layar sentuh di konsol tengah. Kapasitas penumpang hanya dua jok. Setirnya dibungkus material Alcantara, plus paddle shift di belakang kemudi. Bobot mobil katanya akan dikunci di 1.100 kg.

Sumber: www.motor1.com & motorauthority.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda