Beranda Updates Toyota Rebut Juara Reli Dakar Perdana Bersama Nasser Al-Attiyah

Toyota Rebut Juara Reli Dakar Perdana Bersama Nasser Al-Attiyah

LIMA, 20 Januari 2019 – Kejuaraan Reli Dakar 2019 telah memunculkan nama baru sebagai juaranya, yang meraih gelar bergengsi tersebut untuk pertama kalinya. Toyota, sukses tampil menjadi juara Dakar 2019, lewat performa konsisten dari Nasser Al-Attiyah.

Ini adalah gelar juara pertama bagi Toyota selama keikutertaannya di reli paling berbahaya di dunia ini, mengandalkan mobil Toyota Hilux. Kombinasi Al-Attiyah dan Hilux sukses membungkam laju Nani Roma bersama X-Raid MINI dalam meraih kemenangan.

Menempuh rute sebanyak 10 etape di negara Peru dan selama 12 hari (6-17/01/2019), Al-Attiyah finish terdepan dengan total waktu 34 jam 38,14 menit dan unggul 46 menit lebih dari Roma di belakangnya. Pereli asal Qatar itu nyaris tidak terkejar di sepanjang reli yang digelar setiap awal tahun itu.

Pimpinan catatan waktu selalu dipegang olehnya sepanjang reli, kecuali pada hari kedua saat sempat disalip rekan setimnya di Toyota Gazoo Racing, Giniel De Villiers. Al-Attiyah mampu melaju dengan nyaman dan konsisten di saat para rivalnya dihadang masalah dan insiden.

https://twitter.com/dakar/status/1086065565649813510

Seperti De Villiers yang menghantam batu dan kehilangan posisi puncak ada hari ketiga, kemudian Sebastien Loeb yang menggeber Peugeot 3008 DKR sempat terhembat masalah mesin dan navigasi. De Villiers harus puas finish ke-9 sementara Loeb cukup beruntung mengamankan posisi ketiga.

Nama besar yang tidak luput dari nasib malang tahun ini adalah sang ‘Pangeran Dakar’, Stephane Peterhansel, yang mengalami kecelakaan pada dua hari sebelum finish. Peterhansel sempat meraih dua kemenangan etape dan tersingkir saat berada di posisi keempat.

Kemudian Carlos Sainz juga termasuk yang harus terjegal oleh masalah teknis dan kehilangan banyak waktu untuk perbaikan. Selama reli ini juga Sainz sempat menderita sakit pada leher yang dirasakannya sebelum start.

Kemenangan perdana Toyota menjadi gelar juara ketiga kali bagi Al-Attiyah, yang sebelumnya pernah menang pada tahun 2011 bersama Volkswagen dan tahun 2015 bersama MINI. 2019 menjadi tahun ketiga Al-Attiyah membela Toyota.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto