Beranda Updates Toyota Indonesia Recall Alphard dan Vellfire, Ada Masalah di Seat Belt

Toyota Indonesia Recall Alphard dan Vellfire, Ada Masalah di Seat Belt

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota harus melakukan kampanye perbaikan untuk dua MPV premiumnya, Alphard dan Vellfire. Sekitar 305 unit Alphard serta Vellfire harus direcall gara-gara masalah pada sabuk pengaman belakang yang salah pasang. Satu dari dua mekanisme penguncian pada sabuk pengaman belakang kendaraan kemungkinan tidak dipasang dengan benar. Sehingga dinilai dapat meningkatkan risiko cedera ketika terjadi kecelakaan.

“Sejalan dengan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan. Kami menginformasikan serta sangat mengimbau para pelanggan agar dapat segera mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor.

Adapun unit yang harus menjalani recall ialah kendaraan produksi Agustus hingga September 2019. TAM segera memberikan informasi kepada pemilik kendaraan untuk segera melakukan perbaikan. Baik melalui surat maupun laman resmi perusahaan.

“Iya betul ada recall. Jumlahnya tidak banyak, untuk kedua model (Alphard dan Vellfire) 305 unit. Diler jaringan kami sedang melakukan listing dan menghubungi konsumen. Pemilik kendaraan tidak usah khawatir karena perbaikan tidak membutuhkan waktu lama. Perbaikan sekitar 30 menit sampai 1 jam. Walau ada beberapa kasus maksimal 3 jam sampai 4 jam. Recall ini dilakukan di tengah COVID-19 dan segera ditangani secepatnya,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, dalam live konferensi pers via Instagram, Selasa (5/5/2020) kemarin.

Sebagai infomasi Alphard dijual mulai Rp 1,025 miliar hingga Rp 1,952 miliar. Adapun Vellfire yang hanya ditawarkan dalam satu varian dibanderol Rp 1,177 miliar.

Baca Juga: Di Masa Pandemi, Bagaimana Nasib Model baru Toyota?

Hubungi Costumer Care

Toyota merekomendasikan para pemilik Alphard dan Vellfire, untuk mengecek kendaraan. Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda juga dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315. Selain itu, konsumen bisa mengunjungi website resmi di www.toyota.astra.co.id. Akses lalu memasukkan nomor rangka. Selanjutnya bakal muncul informasi, apakah kendaraan masuk dalam kampanye penggantian safety belt.

Jika kendaraan masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi terdekat. Dalam waktu kurang dari 48 jam, konsumen bakal dihubungi kembali untuk informasi, mengenai booking time di bengkel. Pengerjaan pengecekan dan penggantian tidak dipungut biaya, alias gratis.

Kasus ini tak hanya terjadi di Indonesia. Pada Februari 2020, Toyota Motor Vietnam (TMV) juga mengumumkan hal serupa. Namun jumlahnya hanya sedikit. Hanya 24 kendaraan yang bermasalah dan diimpor langsung dari Jepang antara 19 Agustus hingga 6 September 2019.

Perusahaan di sana memberi program penggantian sabuk pengaman secara gratis hingga 17 Januari 2022. TMV juga melakukan inspeksi kemudian penggantian komponen gratis pada unit Alphard yang tidak secara resmi diimpor APM. Namun setelah mengantongi persetujuan dari prinsipal di Jepang.

Baca Juga: Toyota Indonesia Recall 305 unit Alphard dan Vellfire Lantaran Seat Belt Bermasalah

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...