Beranda Updates Di Masa Pandemi, Bagaimana Nasib Model baru Toyota?

Di Masa Pandemi, Bagaimana Nasib Model baru Toyota?

JAKARTA, Carvaganza.com – Pandemi global akibat wabah virus Corona memaksa pabrikan otomotif untuk putar otak menentukan strateginya di pasar. Hal tersebut tidak terkecuali untuk Toyota, yang mengaku jadwal peluncuran model-model barunya tahun ini sangat terpengaruh.

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku telah menyiapkan sejumlah model baru untuk diluncurkan ke pasar Indonesia tahun ini. Namun tampaknya baik Toyota dan masyarakat harus bersabar menantikan hadirnya model baru, karena situasi yang tengah berlangsung saat ini.

Situasi pandemi yang telah berlangsung sejak pertengahan Maret 2020 ini memaksa sebagian besar masyarakat beraktivitas dari rumah. Bahkan, karena kebutuhan, prioritas pada pengeluaran harus disesuaikan, yang berdampak pada berkuranganya daya beli di segmen otomotif.

“Peluncuran produk baru, dua pasal, pasal satu saya enggak bisa jelaskan produk barunya apa dan kapan meluncurnya. Tapi tunggu tanggal mainnya. Ada banyak produk baru, dan perubahan-perubahan baru yang akan terjadi,” terang Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM.

“Tetapi yang pasti, situasi memang kami lihat juga, kondisi market, persiapan launching dan lain-lain, karena kami belum putuskan, jadi kami belum bisa sampaikan ke teman-teman media,” lanjutnya saat konferensi virtual pada hari Selasa (5/5/2020) sore.

Baca juga: Beli Toyota New Agya Pakai Deal Cermat, Ini 3 Manfaatnya

Peluncuran Agya

Sejak masa Work From Home dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berlaku, Toyota sempat meluncurkan satu model baru, yaitu New Agya. Peluncuran pada bulan Maret itu digelar melalui saluran virtual. Format acara tersebut kemungkinan akan digunakan kembali oleh Toyota untuk produk baru lain ke depannya.

Anton lebih lanjut mengatakan bahwa melakukan aktivitas secara virtual sudah menjadi hal normal yang baru alias ‘The New Normal’ di masa seperti ini. Tidak hanya di Indonesia, Anton mengatakan bahwa di negara lain situasi yang sama juga berlaku untuk Toyota.

“Kami komunikasi dengan teman-teman Toyota di negara lain juga, kita harus berpikir ulang cara berkomunikasi, berbisnis, dan launching mobil. Saya kasih contoh, di bulan April kami launching mobil Agya itu kan virtual, itu pertama kali buat kami,” lanjut Anton.

“Jadi ke depannya, launching mobil itu kan bagian dari strategi, strategi itu bisa kami sesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini, baik kondisi ekonomi maupun kondisi COVID ya. Itu menjadi pertimbangan kami.”

Baca juga: #ToyotaAdaUntukAnda

Mobil Listrik Sampai Fortuner Baru

Beberapa model baru Toyota telah disiapkan untuk meluncur tahun ini, bahkan di antaranya sempat diungkap oleh TAM sebelum kemudian terhalang oleh Corona. Salah satunya adalah mobil listrik pertama yang akan resmi dipasarkan Toyota di Indonesia.

Pada awal tahun ini, Toyota sempat mengungkap rencana meluncurkan produk mobil listrik (EV) penuh. Meski tidak disebut nama modelnya, kuat diduga bahwa yang dimaksud adalah Prius BEV (Batteri Electric Vehicle).

Selain Prius, yang kemungkinan akan meluncur juga tahun ini adalah versi facelift dari Fortuner. Untuk saat ini memang Fortuner facelift belum meluncur di manapun. Namun tanda-tandanya sudah sempat beredar di dunia maya.

Indonesia sepertinya harus menunggu peluncuran Fortuner di Thailand lebih dulu, seperti tradisi sebelumnya. Prediksinya, Fortuner baru akan meluncur di Indonesia pada akhir tahun 2020.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...