Beranda Updates Toyota Hilux Facelift Sudah Bisa Dipesan di Malaysia, Ini Detailnya

Toyota Hilux Facelift Sudah Bisa Dipesan di Malaysia, Ini Detailnya

Foto: www.paultan.org

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com – Pasar mobil pickup di tanah air cukup menggembirakan. Makanya pabrikan terus merilis model ini untuk memenuhi kebutuhan pasar nasional. Ada kabar terbaru yang menggembirakan dari model ini, meski datangnya bukan dari dalam negeri.

UMW Toyota selaku APM  Toyota di Malaysia,  dipastikan memasarkan model facelift dari pikap legendaris Toyota Hilux. Pintu pemesanananya sudah dibuka, tapi belum meluncur secara resmi. Mengintip barang Jiran tak ada salahnya, karena biasanya pasar lokal di sini punya kemiripan dengan di sana. Seperti Indonesia dengan Thailand.

Baru-baru ini, UMW Toyota sudah mengungkap detail kendaraan itu. Selengkap apa sih Hilux Facelift di sana? Kita kupas buat pembaca semua.

Revisi dan Pengembangan

Sudah diketahui bahwa jajaran Hilux mendapatkan rombakan eksterior. Ubahan paling kentara terletak di wajah, grille direvisi sehingga tampil lebih gahar lewat bingkai tebal dan berpostur tegap. Yep, boleh dibilang jadi mirip gaya Tacoma lalu diapit mata memicing agresif.

Baca juga: Bocoran Toyota Hilux Versi Facelift, Tampang Lebih Gagah

Penyempurnaan teknologi tak ketinggalan terlaksana. Bi-LED bertugas sebagai penerangan utama berikut tersisip lampu siang (DRL). Pendar LED turut mengisi foglamp  serta terpasang di buritan membentuk grafis angka 3. Semua mendapat sepatu anyar 17 dan 18 inci. Sementara itu model termahal, varian Rogue, bakal disudahi bonnet moulding bak bullbar.

Head unit touchscreen anyar ikut mengucap salam. Kini tersemat fungsi konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, beserta Vehicle Telematics System (VTS). VTS memungkinkan pemilik memantau lokasi mobil secara real-time melalui aplikasi smartphone.

Baca juga: Toyota Hilux GR-S, Pakai Mesin Diesel dengan Torsi 650 Nm

Nah, terkait soal mekanikal, pengembangan utama disodorkan kepada unit terkuat. Di Malaysia sendiri eksis Hilux dengan mesin besar: 1GD-FTV 2,8 liter turbo diesel. Dicatatkan sekarang sanggup mengail tenaga hingga 202 hp (204 PS) pada 3.400 rpm disokong torsi buas 500 Nm sejak 1.600 hingga 2.800 rpm. Meningkat 25 hp (27 PS) dan 50 Nm dari pendahulu. Semua berkat turbocharger heavy-duty baru, two-stage oil pump yang dapat mengatur kekuatan tekanan oli, dan optimalisasi sistem pendingin resirkulasi gas buang.

Revisi dituangkan ke sistem kemudi. Kecuali Single Cab, power steering disematkan teknologi Variable Flow Control (VFC) guna menyuguhkan bobot kemudi pas sesuai kecepatan. Disebutkan pula pompa tidak terlalu memberatkan mesin sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penyempurnaan lain termasuk automatic limited-slip differential, memastikan traksi terbaik ketika terjadi selip. Traction Control bakal mengatur rem dan output mesin sesuai kebutuhan, bekerja di mode High Range dan 2WD hingga kecepatan 50 km/jam.

Baca juga: Review, Harga dan Spesifikasi Toyota Hilux

Opsi mesin standar merupakan engine diesel 2GD-FTV 2,4 liter persis pendahulu. Jika tanpa peningkatan setidaknya tetap mampu mengekstrak tenaga 148 hp (150 PS) dibarengi torsi 400 Nm. Sistem 4×4 turut menjadi standar seluruh varian dengan opsi girboks manual atau otomatis enam percepatan tergantung trim.

Toyota Safety Sense

Toyota Safety Sense jarang terdengar di keluarga komersial seperti Hilux. Kendati begitu, seperangkat alat keselamatan aktif ikut meramaikan fitur safety Hilux di Negeri Jiran. Pertama ada Pre-Collision System (PCS), berfungsi mendeteksi dan memitigasi risiko menabrak dengan peringatan atau pengereman otomatis. Lalu, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) sigap menjaga jarak saat cruise control dinyalakan. Terakhir, Lane Departure Alert (LDA) with Yaw Assist akan mengingatkan ketika tiba-tiba keluar jalur berikut inisiatif melakukan koreksi arah.

Varian

Ada lima opsi bisa dipilih konsumen dan empat diantaranya bertubuh double cabin. Semua dibikin gagah, menganut komposisi penggerak 4×4. Posisi terendah diisi oleh Hilux Single Cab 2.4 bertransmisi manual. Baru setelah itu ada Tipe 2.4 E AT, 2.4 G MT, dan 2.4 V AT. Belum selesai sampai disitu karena line-up ditutup oleh kontestan terkuat dan termahal 2.8 Rogue AT. Banderolnya? Estimasi ada di rentang RM 93.880 – 148.880 atau sekitar Rp 325 – 516 jutaan.

Baca juga: Toyota Hilux Black Bison Edition, Si Penantang Ford Ranger

Warna juga variatif. Jiwa konservatif bisa memilih Solid White (khusus single cab), Silver Metallic, Medium Silver Metallic, Super White II, dan Attitude Black Mica. Namun, di samping itu ada pula seleksi kelir unik seperti Crimson Spark Red Metallic, Phantom Brown Metallic, atau Bronze Mica Metallic.

Aksesori Opsional

Jika ada fitur absen di salah satu trim, Toyota Malaysia menyediakan daftar menu tambahan. Terbagi atas tiga bagian: Tech-up, Style-up, Ease-up. Tech-up berisi daftar kelengkapan ekstra meliputi head unit DVD-AVX, Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitor, Digital Video Recorder, hingga Vehicle Telematics System. Lalu, Style-up bisa meningkatkan gaya lewat tiang gawang Sports Bar.

Lain cerita di Ease-up, bertujuan menambahkan sisi fungsionalitas dan kemudahan pemakaian. Sebut saja bed liner, Toyota Premium Security & Solar Film, pompa angin portable, Tailgate Assist, Side Step Welcome Light, atau Deck Light. Semua tersedia untuk dipilih jika belum ada.

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...