Beranda Updates Toyota Avanza Rayakan Usia 15 Tahun, Tahun Depan Ganti Model?

    Toyota Avanza Rayakan Usia 15 Tahun, Tahun Depan Ganti Model?

    Arie Prasetya/Carvaganza

    JAKARTA, 12 Desember 2018 – Pada Rabu, 11 Desember 2018, Toyota Avanza sudah menyentuh usia ke-15 tahun sejak pertama kalinya diluncurkan. Sudah jutaan unit Avanza beredar di Indonesia sejak pertama kali meluncur di tahun 2003.

    Tepatnya 1,7 juta Avanza telah beredar dan diproduksi di Indonesia, seperti diungkap oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Dengan sudah jutaan unit Avanza hadir di Indonesia, maka tidak heran jika mobil ini mendapat julukan sebagai “Mobil Sejuta Umat”.

    Selama bertahun-tahun juga, Avanza telah sukses menjadi mobil dengan penjualan terlaris di Indonesia meski banyak berdatangan pesaing dari banyak pabrikan lain.

    “Sebanyak 1,7 unit dalam 15 tahun, tidak bisa dibilang sedikit. Dengan Penyampaian ini saya rasa memang Avanza itu mobil yang sesuai untuk masyarakat Indonesia. Jadi kami berterimakasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan produk Toyota Avanza sehingga bisa mencapai angka 15 tahun,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM dalam acara End Year Gathering di Jakarta, Selasa (11/12) kemarin.

    Avanza lahir atas kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu yang menghadirkan Xenia, untuk menyediakan pilihan mobil keluarga dengan harga terjangkau, bersamaan dengan Toyota Kijang yang akan beranjak ke kelas lebih tinggi. Kelahiran Avanza terjadi pada GAIKINDO Auto Expo 2003 di bulan Juli, sebelum mulai dipasarkan pada Desember 2003.

    Sebanyak 100 ribu unit Avanza langsung diminati masyarakat Indonesia pada tahun pertama kehadirannya. Awalnya Avanza hanya tersedia dalam varian mesin empat silinder 1.300cc VVT-i, sebelum akhirnya hadir mesin 1.500cc DOHC VVT-i saat Toyota melakukan penyegaran pada tahun 2006.

    Ubahan besar untuk Avanza kemudian hadir melalui penyegaran yang diklaim sebagai generasi kedua, pada tahun 2011, tepatnya pada bulan November. Pada model ini, Toyota sekaligus meluncurkan varian Avanza Veloz sebagai trim tertinggi atau termewah.

    Toyota Avanza Generasi Pertama

    Avanza 2011 menampilkan ubahan tampilan pada desain fascia depan yang mengadopsi lampu utama dengan garis tajam. Tidak seperti Xenia sang kembarannya, Avanza tidak sama sekali pernah hadir dengan opsi mesin 1.000cc.

    Berselang empat tahun, Avanza kembali berubah tampilan pada tahun 2015 dan hadir dengan nama Grand New Avanza. Lampu utama pada model ini berubah menjadi memanjang yang telah menyesuaikan bahasa desain Toyota Keen Look.

    Tidak hanya tampilan desain, pada Avanza versi 2015 pun mendapat penyegaran pada mesin yang telah dilengkapi teknologi Dual VVT-I, baik pada varian 1.300cc (1NR-VE) maupun 1.500cc (2NR-VE). Desain interior tidak ketinggalan menjadi lebih mewah, yang juga dilengkapi sejumlah fitur dan teknologi baru.

    Toyota Avanza Generasi Kedua

    Setelah melewati usia ke-15 tahun, usia yang terbilang matang untuk ukuran Indonesia, beredar kabar bahwa Avanza akan berganti generasi pada tahun 2019. Sejumlah rendering dan unggahan foto spyshot bahkan beredar yang diklaim sebagai sosok calon Avanza terbaru.

    Apakah benar generasi terbaru Avanza akan segera dilansir Toyota bersama sepupunya Daihatsu Xenia?

    Saat ditanya soal kebenaran Avanza terbaru di kesempatan yang sama, Henry justru meminta masyarakat untuk menunggu. “Kalau sudah kada kepastian saya Informasikan ya, sabar, sabar dulu,” ujarnya.

    WAHYU HARIANTONO

    Video Terbaru Youtube Carvaganza



    Last Updates

    TTI Selangkah Lagi Juara Balap Nasional 3 Tahun Berturut-turut

    JAKARTA, 13 November 2019 – Toyota Team Indonesia (TTI) memperbesar peluang untuk kembali meraih gelar juara di tahun 2019. Hal...

    BMW M4 Competition Dibanderol Rp 2,3 Miliar, Apa Istimewanya?

    JAKARTA, 13 November 2019 – Bersamaan dengan pembukaan M Town, Exhibition Space khusus untuk BMW M di Eurokars Gallery Plaza...

    8 Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Biasa

    JAKARTA, 13 November 2019 – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya melansir model terbarunya, Mitsubishi Xpander Cross....

    BMW Buka Outlet M Town di Eurokars Gallery Plaza Indonesia

    JAKARTA, 13 November 2019 – Penggemar motorsport dan brand BMW M yang memiliki spesialisasi dalam kendaraan sports car kini punya...

    Mitsubishi Xpander Cross Tak Mau Disebut SUV, Kenapa?

    JAKARTA, 13 November 2019 – Mitsubishi Cross menjadi model yang paling banyak diperbincangkan publik otomotif Tanah Air. PT Mitsubishi Motors...