Beranda Drives TEST DRIVE: Toyota Corolla Cross, Seberapa Mumpuni dan Irit Saat Diajak Bertualang?...

TEST DRIVE: Toyota Corolla Cross, Seberapa Mumpuni dan Irit Saat Diajak Bertualang? (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com – Mobil bermesin listrik mulai populer di Indonesia. Salah satu yang terbaru, Toyota Corolla Cross Hybrid. Saat peluncurannya Agustus lalu, mobil ini menjadi mobil hybrid termurah di Indonesia. Crossover stylish dengan postur yang cukup macho ini memiliki banderol harga menarik. Rp 497,8 juta untuk varian mesin hybrid yang kami test, sedangkan varian mesin bensin Rp 457,8 juta on the road. Makanya konon antrian pembeli mobil ini, harus menunggu mobilnya diantar ke garasi rumah mereka sampai akhir tahun.

Tapi banyak yang harus dibuktikan mobil ini. Makanya kami mencobanya tak tanggung-tanggung ke salah satu destinasi menarik di wilayah Bogor, Gunung Batu. Menawarkan ragam permukaan jalan sehingga kami bisa merasakan langsung kemampuannya.

Adakah masalah yang ditemui sepanjang perjalanan? Seberapa besar kontribusi motor elektris mengurangi konsumsi bahan bakar saat dipakai di daerah pegunungan. Seberapa jauh sensasi berkendara mobil listrik yang artifisial, mengurangi kesenangan mengemudikan mobil bermesin pembakaran ini? Mungkin itu sebagian pertanyaan yang ingin kami jawab.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 500 Juta

Eksterior Dirancang Terlihat Agresif
Tapi sebelum menjawab itu, kita bahas dulu eksteriornya. Desainnya kaku, tegas dan wajahnya agresif. Grille besar seolah ingin mengatakan, di balik kapnya tersembunyi mesin berperforma tinggi yang butuh banyak asupan udara dingin saat melaju kencang. Ini ditambah lagi oleh sepasang mata sipit LED proyektor yang seperti sedang menatap tajam. Lampu kabut membulat di bagian bawah juga menjamin visbilitas solid di beragam kondisi jalan.

Dari samping mobil ini tampil berotot. Tapi ada ornamen chrome sebagai bingkai bagian atas jendela sekaligus garis atap. Pelindung bodi bagian bawah, berupa cladding berwarna gelap dan roof rail, penanda identitasnya sebagai SUV tulen. Belakangnya minimalis. Tak banyak ornamen dan lekukan. Tapi proporsinya terlihat seksi karena pinggulnya yang besar.

Baca juga: Ini Dia Varian dan Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross

Interior Mewah Ala Sedan
Interiornya berbeda. Mengemban nama legendaris Corolla, interior mobil ini semewah versi sedannnya. Desain dan layout dashboard dibuat mendekati, meski tak sama persis. Kabinnya minimalis tak banyak tombol berserakan.

Sistem multimedia layar sentuh 9-inci dapat terhubung dengan smartphone secara Miracast. Bahkan head unitnya disiapkan mendukung mobilitas perkotaan. Ada pengingat tanggal hari ini. Cocok buat di Jakarta yang punya aturan Ganjil-Genap. Fitur NFC bisa membaca sisa saldo e-Money untuk bayar tol ataupun parkir. Pengaturan audio bisa secara mudah dioperasikan oleh Ibu jari saja. Bahkan adapula fitur perintah suara. Head unitnya ini sekaligus berfungsi sebagai display untuk kamera parkir.

Panel indikator AC sudah digital dengan mode auto dan dua zona. Di bawahnya, tersedia konsol penyimpanan dengan penerangan iluminasi. Sedangkan di atap ada moonroof yang bisa dibuka. Fitur pelengkap perjalanan yang menyenangkan, terutama pada SUV petualang.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Indonesia dan Thailand

Mobil ini memiliki dimensi yang cukup ringkas untuk ukuran SUV. Namun dirancang untuk mengangkut 5-penumpang, jadi ruang kabin yang ditawarkan memadai. Begitupun kursi baris keduanya. Sudah dibekali sandaran tangan, tersedia tiga sandaran kepala pula. Seluruh jok dibalut kulit untuk memberi rasa nyaman. Pun demikian dengan lingkar kemudinya.

Bagasinya menyediakan ruang penyimpanan yang luas. Membuka dan menutup pintu bagasi pun mudah. Semudah memencet tombol dan pintu bagasi terangkat sendiri. Bahkan ada fitur kick sensor. Pokoknya Anda tak akan kecewa mendengar harga mobil ini Rp 497,8 juta. (Bersambung…)

RIZKI SATRIA | FOTO: EDI WEENTE

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Generasi Baru Mazda2 akan Pinjam Basis Yaris Hybrid

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Bila ingat beberapa tahun lalu, Mazda dan Toyota menjalin kemitraan yang salah satunya diwujudkan lewat rebranding Mazda2. Saat itu, Mazda2 digunakan...

Kisah Nyata Di Balik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh...

Nissan Terra Dapat Facelift, Adopsi Nama SUV Klasik

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Setelah cukup lama beredar, Nissan Terra akhirnya resmi mengalami penyegaran alias facelift tahun ini. Untuk versi improvement ini, Nissan mengadopsi nama...

MODIFIKASI: Mitsubishi Bravo, Yang Masih Sedarah Dengan Suzuki Every Dan Wuling

NEW YORK, carvaganza -  Ada yang pernah dengar Mitsubish Bravo? Mungkin tak pernah karena nama itu tak familiar dan memang nama mobil tersebut tak...

Tertarik Balapan Lain, Audi akan Tinggalkan Formula E

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi memberikan kejutan di akhir tahun 2020 ini, dengan mengumumkan akan menyudahi partisipasinya di Formula E. Strategi baru Audi di motorsport...