Ternyata Segini Gaji Pembalap Formula 1, Lewis Hamilton

JAKARTA, Carvaganza – Lewis Hamilton dikenal di dunia balap sebagai juara dunia Formula 1 terbaik saat ini. Pembalap Mercedes-AMG Petronas ini berhasil meraih tujuh gelar juara dunia pembalap sebelum menyentuh usia 40 tahun.

Menggapai prestasi gemilang di usia belia, bukan rahasia lagi kalau Hamilton bisa mengumpulkan pundi-pundi yang sangat besar sepanjang kariernya. Mulai dari gaji yang besar hingga bayaran dari para sponsor.

Lewis Hamilton

Namun prestasi dan semua yang bisa ia dapatkan saat ini tak ia raih dengan mudah. Semua bermula ketika Ia menginjakkan kakinya di lintasan balap Formula 1 tahun 2007. Tahun pertama di Formula 1 ia langsung diberi mobil yang sama dengan juara dunia, Fernando Alonso di tim McLaren.

Percaya tidak percaya, di tahun pertamanya membalap menggunakan mobil Formula1 Lewis Hamilton langsung mengejutkan penggemar F1. Sebagai rookie, Hamilton sukses berdiri di podium di balapan pertamanya. Setelah mengemas 4 kemenangan, 5 pole position, 2 fastest lap dan mengumpulkan 109 poin, Lewis Hamilton tak hanya sukses mempecundangi rekan setimnya yang lebih senior. Tetapi Lewis malahan bersaing memperebutkan gelar juara dunia pembalap melawan Kimi Raikkonen yang membalap untuk Ferrari.

Lewis Hamilton

Memang pada akhirnya Lewis gagal tapi Ia hanya kalah 1 poin saja dari juara dunia pembalap asal Finlandia itu. Posisi runner up klasemen pembalap sebagai rookie tetaplah prestasi yang membuatnya layak disebut ‘bayi ajaib’ ketika itu.

Terbukti, tahun berikutnya ia berhasil menjuarai balap jet darat Formula 1 tahun 2008 mengalahkan Felipe Massa lewat pertarungan sengit di balapan terkahir di Grand Prix Brazil. Bak membalas dendam musim sebelumnya, kali ini ia memuncaki klasemen dengan hanya berselisih 1 poin saja dari pembalap Ferrari itu. Gelar itupun ia berhasil raih di tikungan terakhir usai mendahului Timo Glock untuk merebut posisi kelima.

Usai pecah telor, sayangnya prestasi Hamilton di tim McLaren justru memburuk. Sejak musim 2009 hingga 2012 ia gagal bertarung memperebutkan gelar juara dunia yang dikuasai tim Red Bull Racing bersama pembalap Sebastian Vettel. Makanya ia memutuskan untuk pindah ke tim Mercedes-AMG petronas tahun 2013.

Lewis Hamilton

Mulai saat itulah ia kembali sukses. Lewis berhasil meraih 6 gelar juara dunia pembalap tambahan di Mercedes-AMG. Gelar ketujuh yang ia raih tahun lalu menjadikannya berdiri sama tinggi dengan pembalap terbaik Formula 1, Michale Schumacer yang juga mengumpulkan 7 gelar juara dunia pembalap.

Diperkirakan pada tahun lalu Mercedes-AMG membayar Lewis Hamilton GBP 40 juta pertahun atau sekitar Rp 800 miliar. Besar kemungkinan nilai kontraknya membengkak jauh lebih besar untuk kontraknya tahun ini. Belum lagia tambahan dari sponsor besar seperti L’Oreal, Monster Energy Drinks, Puma Shoes, Bose Electronics hingga game simulasi balap Gran Turismo.

Perusahaan-perusahaan raksasa internasional itu rela membayar uang yang tak sedikit demi logonya terpasang di mobil Hamilton. Hamilton juga tampil dalam beberapa tayang komersial di televisi untuk bayaran yang tak sedikit. Diperkirakan pemasukan Hamilton dari sponsor saja mencapai Rp 300 miliar per tahunnya. Kalau ditotal, menurut Forbes jumlah kekayaan Lewis Hamilton saat ini mencapai lebih dari Rp 4 triliun.

Bayaran yang cukup besar bukan? Gimana, Anda mau jadi pembalap seperti Lewis Hamilton? RIZKI SATRIA

Sumber: Forbes

Artikel yang direkomendasikan untuk anda