7 Mobil dan 3 Motor Koleksi Juara Dunia Formula 1 Sebastian Vettel. Ada Mobil Balap F1

Fiat 500 Vettel

JAKARTA, CARVAGANZA – Prestasi Sebastian Vettel di kancah balap Formula 1 memang sudah tak segemilang dulu. Bahkan musim balap 2020 Ia hanya berhasil naik podium satu kali dan cuma mengumpulkan 33 poin sepanjang musim. Raihan ini menempatkan dirinya di posisi ke 13 klasemen akhir pembalap di bawah Esteban Ocon, pembalap yang mencuri kursi Rio Haryanto di Manor Racing pada 2016.

Pun demikian pamor Seb, panggilan akrab Vettel, tak kunjung redup. Tahun ini ia memang terpaksa angkat kaki dari tim Formula 1 Ferrari. Tapi tim yang merekrutnya sekarang juga bukan tim sembarangan, Racing Point Mercedes yang berubah nama menjadi Aston Matin. Berbekal mesin Mercedes-Benz dan gelar juara Sakhir Grand Prix tahun lalu adalah jaminannya.

Karir panjang juara dunia Formula 1 empat kali (2010-2013) itu memberinya harta yang bergelimang. Membalap untuk tim F1 Red Bull dan Ferrari jelas memberinya penghasilan yang cukup untuk mengoleksi sejumlah supercar mewah. Namun sebagai penggiat dunia balap dan penggemar mobil sejati, koleksi Vettel tak asal mahal. Beberapa koleksinya adalah mobil unik. Seb juga memiliki sejumlah sepeda motor klasik yang tak jarang ia gunakan sehari-hari.

1. Ferrari F40

Ferrari F40 Vettel

Selera Vettel di terhadap mobil harus diacungi jempol. Tahun 2014 usai menandatangani kontrak bersama tim Formula 1 Ferrari, Seb membeli Ferrari F40. Supercar yang diproduksi tahun 1987 sampai 1992 itu dibekali mesin V8 turbocharged yang bertenaga 478 hp. Tak hanya kencang, kuda jingkrak yang satu ini juga cukup langka. Apalagi mobil yang dibeli Vettel adalah bekas peninggalan penyanyi tenor Italia, Luciano Pavarotti yang meninggal pada 2007.

2. Ferrari California T

Ferrari California T Vettel

Vettel tampaknya memang benar-benar menyukai mobil-mobil Ferrari bermesin turbo. Buktinya ketika California T keluar, ia membeli satu. Mobil ini memiliki mesin twin-turbocharged 3,9 liter V8 yang memproduksi 560 hp tenaga. Vettel kerap kali tertangkap kamera penggemeranya saat berkendara di dalam mobil ini. Terlihat sekali wajah sumringah Vettel setiap mengemudikan mobil ini.

3. Infiniti FX Vettel Edition

Infiniti FX Vettel Edition

Berprofesi sebagai pembalap Formula 1 jelas punya banyak keuntungan. Pada 2013 tim Formula 1 Red Bull disponsori oleh Infiniti menjadikan nama tim Vettel ketika itu berubah menjadi Infiniti Red Bull Racing. Pada tahun yang sama, Infiniti mengeluarkan FX Vettel Edition.

Jangan salah. Walau bentuknya terlihat seperti SUV (Sport Utility Vehicle) mewah pada umumnya, tetapi predikat Vettel Edition pasti mengindikasikan sesuatu yang berbeda. Benar saja. Di balik kap mesinnya tersimpan mesin 5 liter V8 yang menghasilkan tenaga hingga 420 hp. Tenaga buas itu disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 7-speed dengan paddle-shift.

Walhasil tak salah kalau Infiniti FX Vettel Edition sanggup memiliki performa akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,2 detik saja. Kecepatan maksimumnya tembus 250 km/jam. Melengkapi performanya yang superior, eksteriornya pun mendapat aksen carbon fiber di beberapa bagian seperti spoiler belakang, bemper depan dan belakang. Mobil ini juga datang dengan sistem penggerak ATTESA AWD yang dipinjam dari Nissan. Mobil ini hanya ada 150 unit saja di dunia dan dijual dengan harga Rp 2 miliar. Vettel tentu punya salah satunya

4. Renault Megane RS RB8

Renault Megane RS RB8 Vettel

Memenangi gelar juara dunia pemabalap Formula 1 untuk ketiga kalinya, Renault sebagai penyuplay mesin untuk tim Red Bull memberi Vettel hadiah satu unit Renault Megane RS RB8. Beda dari Infiniti FX, Renault Megane yang diberikan kepada Vettel tak dilengkapi mesin khusus.

Walau begitu Renault Megane RS RB8 untuk Vettel punya sejumlah perbedaan. Misalnya, warna cat yang sama persis dengan yang digunakan sebagai livery balap tim Formula 1 Red Bull Renault ketika itu.

Renault Megane RS RB8 Vettel

Renault Megane RS dibekali mesin 2,0 liter turbocharged yang bertenaga 265 hp. Tenaganya ini disalurkan ke roda yang memakai velg berukuran 19 inci lewat slip limited differential. Mobil yang dilengkapi dengan fitur RS Monitor ini diproduksi terbatas hanya 120 unit saja di seluruh dunia dengan banderol sekitar Rp 490 jutaan.

5. Fiat 500

Fiat 500 Vettel

Kecintaan Vettel pada mobil tak selamanya ia tunjukkan secara berlebihan. Buktinya Vettel juga memiliki satu unit Fiat 500. Bedanya mobil mungil miliknya itu adalah mobil klasik buatan antara tahun 1957 sampai 1960. City car asal Italia miliknya itu masih dalam kondisi yang sangat baik.

Dengan penuh kerendahan hati sesekali Vettel menujukkan kepada dunia mobil mungil dengan mesin bertenaga 15 hp miliknya itu. Kecepatan maksimum 80 km/jam tak membuatnya malu berkendara dengan kaca terbuka di dalamnya.

6. Mercedes-AMG SL65 Black Series

Mercedes-AMG SL65 Black Series Vettel

Mobil sport buatan Jerman yang punya performa tinggi ini Ia dapatkan sebagai hadiah dari sponsornya paska memenangi Abu Dhabi Grand Prix bersama Red Bull Racing F1 Team tahun 2009. Versi Black Series ini lebih radikal lagi dari SL65 AMG reguler. Karena dibalik kap mesinnya tersimpan mesin 6 liter V12 yang bertenaga 670 hp.

Mobil ini mampu melesat dari posisi dia sampai 100 km/jam dalam 3,8 detik dan terus melaju hingga 200 km/jam dalam 11 detik dan bahkan hingga 300 km/jam dalam 36 detik saja. Kecepatan maksimumnya dibatasi hingga 320 km/jam. Di bagian belakangnya ada sayap dapat mengembang saat mobil menyentuh kecepatan 120 km/jam.

7. FW14B Williams F1

Williams F1 FW14B

Tak semua pembalap Formula 1 memiliki mobil balap Formula 1. Apalagi mobil balap Formula 1 milik Sebastian Vettel ini ia beli dengan kocek pribadinya sendiri bukan pemberian atau hadiah dari sponsor. Tak ada yang menyebut memang berapa uang yang dikeluarkan Vettel untuk menebus salah satu mahakarya terbaik Formula 1 ini.

Williams F1 FW14B

FW14B adalah mobil balap tim Formula 1 Williams. Mobil yang dibeli Vettel adalah mobil yang dipakai sendiri oleh Nigel Mansell saat menjuarai Formula 1 tahun 1992 bersama Williams F1. Mobil ini punya reputasi sebagai pembuka jalan Formula 1 menuju era modern. Mobil ini dibekali dengan active suspension yang revolusioner dan teknologi kelistrikan mutahir yang belum pernah dipakai pada Formula 1 sebelumnya. FW14B Williams F1 menjadi monumen pembuktian kecintaan Vettel terhadap balap Formula 1.

8. KTM Duke 390

KTM Duke 390 Vettel

Sebastian Vettel juga seorang pencinta sepeda motor. Bayangkan, seorang tersohor berpenghasilan jutaan dolar seperti Vettel masih suka berkelana di atas sepeda motornya. Ia punya banyak koleksi sepeda motor di garasi rumahnya. Tapi salah satu yang senang ia kendarai adalah KTM Duke 390.

Meski bukan termasuk dalam jajaran sepeda motor berperforma tinggi layaknya motor superbike, KTM Duke 390 menawarkan kesimbangan yang sempurna antara tenaga dan kelincahan. Ia sedikit lebih bertenaga dibanding KTM Duke 250 namun tak seekstrim KTM Duke 690.

KTM Duke 390 Vettel

Dulu ketika bekerja di Red Bull Racing, ia sering berangkat ke kantor naik sepeda motor ini. KTM Duker 390 dibekali mesin 373 cc 1-silinder 4-Tak yang memproduksi tenaga 43 hp dengan kecepatan maksimum 180 km/jam. Bobotnya hanya 150 kg sehingga Vettel gemar membawa sepeda motor ini kemana-mana saat ingin berkelit di lalu-lintas kota yang ramai.

9. Kawasaki H2 750

Kawasaki H2 750 Vettel

Kawasaki H2 750 bukan sepeda motor biasa. Inilah sepeda motor yang melambungkan nama Kawasaki ketika dunia sepeda motor masih didominasi pabrikan asal Inggris.

Bayangkan saja, mesinnya 748 cc 2-Tak 3-silinder yang bertenaga 74 hp. Sepeda motor dengan transmisi 5-speed ini memiliki kecepatan maksimum 193 km/jam dan mampu menuntaskan jarak 0-402 m dalam 12 detik saja.

10. Suzuki GT 750

Suzuki GT750 Vettel

Pemabalap asal Jerman yang lancar berbahasa Italia itu juga sering terlihat datang ke lintasan balap Ferrari di Maranello menggunakan Suzuki GT 750. Sepeda motor ini sebetulnya tak begitu beda dari Kawasaki H2 750 yang kita bicarakan sebelumnya. Motor ini diproduksi antara tahun 1972 sampai 1977. Mesin yang digunakan 2-Tak 3-silinder berpendingin cairan yang bertenaga 64 hp dengan kecepatan maksimum 185 km/jam.

Suzuki GT 750 Vettel

Melihat foto di atas, motor milik Vettel menggunakan rem cakram di kedua roda. Artinya Suzuki GT 750 Vettel buatan antara 1973 sampai 1975. Sepeda motor ini sekarang menjadi kendaraan klasik yang langka karena regulasi melarang sepeda motor 2-tak. RIZKI SATRIA

Baca juga: 3 Mobil Mewah Koleksi Favorit Johnny Depp, Jack Sparrow Sang Perompak

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature