Beranda Review Suzuki Ertiga Sport, Cek Fakta Ini Sebelum Membeli

Suzuki Ertiga Sport, Cek Fakta Ini Sebelum Membeli

JAKARTA, Carvaganza.com – Selain All New Ertiga, Suzuki punya pilihan lain Ertiga Suzuki Sport. Varian ini melengkapi ‘trim extra’ jajaran LMPV. Boleh dibilang agak mirip eksekusi Veloz di line up Avanza. Langkah persis seperti pesaing, menjadikannya bak model terpisah – lihat situs resmi mereka. Nah, sebagai varian termahal tentu ada penambahan kelengkapan, yang jelas lebih dari sekadar make up.

Strategi ini tentu sah-sah saja. Lagian banyak juga konsumen yang tak ingin tampil sama. Mereka lebih memilih sesuatu yang berbeda atau tampang yang lebih sporty tanpa repot memodifikasi sendiri.

Penggunaan nama yang berbeda membuat dandanan Suzuki Sport juga beda. Dari luar, jelas terlihat pemakaian bodikit gondrong di sekujur tubuh. Sesuai nama, Suzuki ingin membuat LMPV andalan mereka terlihat lebih sporty. Di depan, add on spoiler memberikan karakter atletis. Namun bukan sebatas itu, DRL mejeng di bingkai foglamp sebagai barang diferensiasi dari kasta bawah. Rasa sporty itu kemudian diperkuat side skirt serta apron dan spoiler bagasi di belakang.

Sayangnya, hanya dandanan saja yang beda. Komponen pencahayaan utama tidak berbeda sama sekali. Headlamp belum mengenakan pencahayaan utama LED sebagaimana kontestan lain. Semua persis trim GX, menganut perangkat proyektor halogen di depan. Begitu pula di bokong, LED guide light hadir mendekorasi sampai ke samping kaca.

Baca juga: Suzuki Jalankan Prosedur Keselamatan Pelanggan Selama COVID-19

Tambahan Kelengkapan Tersembunyi

Selain tampilan luar, masuk interior tidak akan langsung merasa sespesial varian termahal. Tidak terlalu berbeda dengan GX. Nuansa elegan dikuatkan oleh skema warna gelap dari dasbor sampai bangku. Permainan ornamen kayu tersebar di seluruh kabin untuk memberikan sensasi berkelas. Barulah setir kulit berusaha menggugah pengemudi selama berkendara.

Sarana hiburan tersaji lewat head unit touchscreen 8 inci. Terakhir, ada sentuhan kontrol bak mobil premium. Pengaturan suhu dapat diatur secara otomatis sesuai keinginan pengemudi. Selain itu, terdapat smart entry berikut tombol start/stop engine guna memudahkan pengoperasian.

Meski begitu, mendengar equipment list sampai di titik ini jelas persis GX tanpa pembeda. Namun lanjut diulik lebih dalam, barulah terdengar tambahan safety features. Jika GX dan varian bawah baru mendapatkan harness reversing camera, trim Suzuki Sport sudah mendapatkan set komplet untuk ditampilkan pada monitor tengah.

Baca juga: Suzuki Indonesia Berharap Bisa Produksi Sendiri Jimny

Ekstra fitur safety menjadi inti perbedaan dengan model lain. Suzuki Sport menawarkan Vehicle Stability Control (VSC). Mungkin tidak secara langsung dapat Anda rasakan, tapi fitur ini berperan penting terhadap keselamatan. Peranti menjaga sikap mobil sesuai keinginan pengemudi, meminimalisir berbagai risiko selip seperti oversteer atau understeer yang dapat berujung celaka. Sebagai tambahan spesifik Sport, Hill Hold Control bantu menyederhanakan manuver menanjak.

Ya, komponen ini melengkapi fitur standar Ertiga. Di antaranya terdapat sistem pengereman ABS + EBD, menyokong pengendalian di kondisi darurat. Ketika celaka tak terelakkan, hanya dual SRS Airbag melindungi. Tanpa VSC dan HHC, fitur safety ini terlihat sangat moderat di kalangan LMPV.

Baca juga: Segera Meluncur, Toyota Rebadge Suzuki Vitara Brezza

Tanpa Pembeda Performa

Walau ada imbuhan Sport, bukan berarti performa meningkat jadi ‘Hot MPV’. Pemacu daya memanfaatkan unit empat silinder 1.500 cc K15B tanpa dongkrak tenaga. Ekstraksi daya berada di spektrum moderat kisaran 100 PS, tepatnya 104,7 PS dibarengi torsi puncak 138 Nm. Juga serupa trim GL dan GX, ia tawarkan dua opsi girboks: manual 5 percepatan atau otomatis konvensional 4 percepatan.

Saat pertama diluncurkan pada 22 Maret 2019, varian Suzuki Sport dibanderol Rp 241 atau Rp 251,5 juta tergantung transmisi. Lebih dari satu tahun kemudian, penyesuaian harga membuatnya kini berlabel Rp 250 juta untuk manual dan Rp 260,5 juta untuk otomatis. Ada opsi lain bila ngebet tampilan Suzuki Sport. Jika sudah meminang Ertiga model teranyar, komponen aksesori dapat dibeli terpisah.

Baca juga: Teliti Sebelum Beli Suzuki Ertiga Sport, Lebih dari Sekadar Bersolek

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto