Beranda Updates Suplai Avanza Turun, Penjualan Toyota Februari 2018 Justru Naik 8,9%

Suplai Avanza Turun, Penjualan Toyota Februari 2018 Justru Naik 8,9%

(Foto: Carvaganza)

JAKARTA, 12 Maret 2018 – Di tengah gempuran model-model baru dan stagnannya angka penjualan di pasar otomotif sepanjang Februari lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mempertahankan posisi menjadi market leader. Pada Februari lalu, Toyota mencatat penjualan 27.665 unit atau naik 8,9% dibandingkan bulan sebelumnya 25.405 unit.

“Munculnya produk-produk baru memberikan pilihan yang kian beragam untuk konsumen sekaligus membuat pasar makin kompetitif. Ini memberikan angin segar bagi perkembangan pasar otomotif nasional dan akan semakin mendorong pelaku industri otomotif nasional menawarkan yang terbaik kepada konsumen, termasuk Toyota,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam keterangan persnya hari ini, Senin (12/3).

Secara nasional, total penjualan wholesale (WS) pada Februari lalu mengalami penurunan cukup signifikan, yaitu sekitar 9%, dari 95,865 pada Januari menjadi 86,546 unit. Model andalan Toyota, Avanza, juga mengalami penurunan dari sebelumnya 7.543 unit menjadi 6.773 unit. Karena digerus pendatang baru seperti Mitsubishi Xpander? Henry Tanoto membantahnya.

Henry mengatakan hal itu bagian dari strategi. “Penurunan suplai wholesale untuk Avanza dilakukan bagian dari strategi TAM menjaga keseimbangan suplai dan demand diantara masing-masing produk yang ada agar setiap pelanggan memperoleh total ownership benefit yang sama di semua segmen dan produk,” kata Henry.

Ia mengatakan hampir semua brand mengurangi suplai untuk pasar wholesale di hampir semua segmen, termasuk segmen low MPV yang merupakan ceruk pasar terbesar. Demikian juga dengan Toyota yang mengurangi suplai Avanza sehingga data penjualannya sedikit mengalami penurunan.

Henry mengatakan optimistis angka penjualan Avanza akan kembali normal. “Daya serap pasar untuk Avanza stabil, dan kami optimis pada Maret ini penjualan akan naik seiring dengan peningkatan suplai ke dealer atau wholesale,” kata Henry.

Penjualan Rush

Salah satu model Toyota yang mencatat kenaikan cukup signifikan adalah Toyota New Rush. Sejak resmi di pasarkan awal 2018, penjualan medium SUV ini sudah mencapai 6.991 unit, yang berasal dari penjualan Januari 3.416 unit dan naik menjadi 3.575 unit pada Februari lalu. Total penjualan Januari-Februai 2018 sudah mencapai 6.991 unit.

Toyota mengatakan tingginya minat pelanggan terhadap New Rush membuat indent menjadi besar. Ini yang menjadikan TAM memberikan alokasi lebih besar kepada Rush dibandingkan produk lain di pabrikan yang sama, namun tetap tidak mengganggu pelayanan terhadap produk Toyota lainnya.

“Fokus kami saat ini ialah menghadirkan total ownership experience kepada para pengguna Toyota, salah satunya dengan menjaga pelayanan dan ketersediaan produk. Untuk Rush, kami berusaha agar Rush dapat cepat ter-delivery kepada customer sehingga mereka tidak perlu menunggu lama. Ini yang menjadikan kami memberikan alokasi lebih besar kepada Rush dibandingkan produk lain di pabrikan yang sama, namun tetap menjaga agar tidak mengganggu pelayanan terhadap produk Toyota lainnya,” tutur Henry Tanoto.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Meredes-Benz S-Class Terbaru Bisa Cari Parkir Sendiri Dan Jemput Pemiliknya Di Bandara

JAKARTA, Carvaganza.com – Teknologi mobil semakin canggih saja. Sekarang ini banyak produsen mobil yang sedang asyik mengembangkan teknologi otonom. Pengendara tinggal duduk santai di...

Dalam 8 Bulan, Suzuki XL7 Kuasai 12 Persen Segmen Medium SUV

JAKARTA, Carvaganza -- SUV Suzuki XL7 memang baru diluncurkan Februari 2020 lalu. Namun selama 8 bulan ia terus berkontribusi positif, baik dalam penjualan nasional...

BMW Astra Used Car Siapkan Dana 100 Milyar Untuk Beli BMW Bekas

JAKARTA, carvaganza – Dunia otomotif memang sedang terpukul karena pandemi COVID-19. Penjualan mobil baru terpuruk. Tapi bukan berarti kita harus berdiam diri. Justru hal...

Kisah Civic Bermerek Triumph dan Discovery Bermerek Honda

JAKARTA, carvaganza - Honda dan British Leyland (BL) adalah dua nama pabrikan otomotif yang satu pabrikan kampiun asal Jepang, satunya asal Inggris dan pernah...

Renault Ungkap Konsep SUV Mungil, Diprediksi Siap Masuk Indonesia

PARIS, Carvaganza.com – Renault sepertinya semakin menikmati diri bermain di segmen kendaraan kompak, dan berwujud SUV. Setelah Kwid, kini akan hadir model SUV berdimensi...