Sukses Lewat AK-47, Kalashnikov Kini Beralih Bikin Mobil Listrik Mungil

Kalashnikov EV

MOSKOW, Carvaganza – Pasar kendaraan elektrifikasi ternyata tidak hanya menggoda pabrikan otomotif dunia bahkan hingga perusahaan produsen senjata pun ikut meliriknya. Adalah Kalashnikov perusahaan asal Rusia yang dikenal memproduksi sejumlah peralatan militer senjata dikabarkan tengah menyiapkan sebuah kendaraan listrik bernama Kalashnikov Izh UV-4 EV. Sesuai dengan namanya kendaraan listrik ini menggunakan konfigurasi empat pintu dan tentu saja bertenaga listrik.

Kemunculan Kalashnikov Izh UV-4 EV sebenarnya dimulai pada 2018 dalam bentuk prototipe dan kemudian baru-baru ini pabrikan membuat paten atas gambar dan desain dari kendaraan tersebut. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa Kalashnikov akan memproduksi kendaraan tersebut dan kabarnya ditawarkan dalam bentuk dua pintu dan berpenggerak empat roda. 

Sejarah Kalashnikov dengan mobil listrik bermula pada 2018 silam ketika pabrikan tersebut menghadirkan Konsep CV-1 Listrik bergaya retro. Bersamaan dengan itu, salah satu punggawa perusahaan menyatakan bahwa kendaraan tersebut juga dapat bersaing dengan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla. Hanya berselang beberapa bulan kemudian pabrikan meluncurkan prototipe listrik Izh UV-4 dan menggunakan eksterior yang didesain seperti taksi pada sebuah pameran di Moskow 2019 lalu. 

Kalashnikov EV

Dari gambar terbaru yang didaftarkan di kantor paten Rusia menunjukkan bahwa UV-4 tidak banyak mengalami perubahan sejak 2019 hingga sekarang. Desainnya tetap unik dan terlihat mirip dengan Renault Twizy yang berukuran besar serta menggunakan roda terbuka dan pintu bergaya militer.

Baca Juga: Ambisius Punya Teknologi Fully Autonomous, Pengembangan Apple Car Dipercepat

Di atas kerta kendaraan ini memiliki tapak kecil berukuran panjang 3,4 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 1,7 m. Sementara itu fitur-fitur standar seperti AC, pemanas, kluster instrumen digital, layar infotainment, dan suspensi yang dapat disesuaikan akan digunakan pada Izh UV-4 EV. 

Sedangkan untuk urusan performa, Izh UV4 EV akan menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 67 hp dan kecepatan maksimal mencapai 80 km/jam. Selain itu bobot kendaraan listrik buatan Rusia ini memiliki bobot yang cukup ringan hanya sekitar 650 kg. Spesifikasi lain mengenai hal teknis belum diumumkan secara resmi oleh Kalashnikov, namun kabarnya dengan bekal baterai penuh Izh UV-4 EV mampu menjelajah hingga 150 km.

Kalashnikov EV

Selain Izh UV-4 EV ternyata pabrikan juga menyediakan model serupa yang mirip namun dengan bodi dan jarak sumbu roda yang lebih pendek serta menggunakan penggerak tiga roda. Tidak seperti Izh UV-4 EV yang dapat menampung empat orang penumpang, model yang satu ini didesain hanya untuk dua penumpang dan sedikit ruang penyimpanan di belakangnya. Sedangkan interiornya menampilkan sajian yang juga terlihat pada UV-4 namun model yang satu ini dilengkapi dengan sunroof. 

Setelah kabar tentang desain kendaraan yang dipatenkan, Kalashnikov belum mengkonfirmasi kapan kedua model tersebut akan diluncurkan ke hadapan publik. Namun dikutip dari Carscoops pabrikan akan meluncurkannya dalam waktu dekat atau beberapa bulan lagi, jadi kita tunggu saja mobil listrik produksi gudang senjata. (ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Hyundai Seven Concept Pamer Kecanggihan, Punya Sunroof Digital Sampai Kulkas Di Dalam Kabin

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya