Beranda Updates Siap-Siap! BMW M8 Meluncur di Indonesia Tahun Ini

Siap-Siap! BMW M8 Meluncur di Indonesia Tahun Ini

JAKARTA, Carvaganza.com – BMW Indonesia baru saja meluncurkan edisi terbatas dari BMW M5 pekan lalu, lewat M5 Edition 35 Jahre. Menyusul peluncuran M5 tersebut, BMW ternyata masih menyiapkan model Seri M lainnya untuk meluncur tahun ini juga di Indonesia.

Tanpa basa-basi, model yang dimaksud adalah BMW M8, grand tourer coupe terkencang BMW saat ini di antara seluruh lini Seri M. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

Oleh Jodie, dikatakan bahwa model BMW M berbasis Seri 8 terbaru itu akan meluncur di Indonesia secepatnya pada semester kedua tahun ini.

“M8 pasti akan hadir di Indonesia, timing-nya pasti tahun ini di 2020. Tapi kita lihat situasinya sekarang saat ini, kita tunggu saja,” kata Jodie singkat, di sela peluncuran M5 via online, hari Jumat (3/4/2020) lalu. “Yang pasti di second half.”

Kasta Tertinggi

Di line up BMW M sekarang, M8 menjadi model yang secara tidak langsung menggantikan posisi M6 sebagai ‘kasta’ tertinggi dari Seri M. baik M6 dan M8 juga sama-sama dihadirkan dengan pilihan versi Coupe dan Gran Coupe.

Meluncurnya M8 di Tanah Air akan melengkapi rangkaian varian model Seri 8 Coupe, yang sudah meluncur sejak Mei 2019 lalu. Ada tiga versi body berbeda untuk M8 yaitu Coupe, Covertible dan Gran Coupe. Kemungkinan besar yang akan meluncur nanti adalah versi Coupe.

Kini kita tinggal menunggu peluncuran resminya di Tanah Air.

Spesifikasi

Bicara soal spesifikasi, M8 dibekali dapur pacu sama seperti M5, yaitu mesin V8 4.4 liter twin-turbo bertenaga 591 hp dan torsi 750 Nm. Begitu juga dengan transmisinya, otomatis 8-speed M Steptronic, dengan sistem penggerak all-wheel drive M xDrive, yang juga dipakai oleh X5 M dan X6 M.

Selain M8, BMW juga akan akhirnya menjual M5 edisi reguler, yang cukup lama dinantikan. Model ini akan hadir lebih awal, yaitu pada bulan Juni atau Juli mendatang.

“M5 hanya terbatas datang, tapi hanya M5 C (Competition) saja, M5 basic juga datang di bulan Juni atau Juli. Sangat terbatas saja,” ungkap Sivakumar Khrisnan, General Manager BMW Eurokars yang juga hadir pada peluncuran M5.

Kental Darah Motorsport

Jika melihat rekam jejak kehadiran model pertama BMW yang memakai nama M8 ini, maka dunia motorsport akan langsung terlintas di benak. Karena, M8 memang lahir lebih dulu di lintasan balap, sebelum beredar di jalan raya.

Setelah versi reguler Seri 8 meluncur, BMW kemudian menggunakan basisnya untuk melahirkan M8 GTE sebagai pengganti M6 GTLM pada tahun 2018. M8 GTE sudah hadir bahkan sebelum versi produksi M8 meluncur, tidak seperti tradisi pabrikan otomotif selama ini.

M8 GTE digunakan sebagai ‘laboratorium’ pengembangan M8, yang langsung dilakukan di lintasan balap. BMW menandalkannya untuk ikut balap World Endurance Championship (WEC) termasuk Le Mans, juga IMSA di Amerika.

Versi produksi M8 baru akhirnya meluncur pada tahun 2019, yang langsung hadir dalam versi M8 Competition. Selain balap endurance, eksistensi motorsport M8 juga telah resmi ditunjuk sebagai safety car terbaru di MotoGP tahun lalu, menggantikan M5.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto