126 Unit untuk Indonesia, Segini Biaya SPK dan Lama Inden Toyota GR Yaris

JAKARTA, Carvaganza – Toyota GR Yaris, hot hatchback yang sedang panas-panasnya menjadi mobil performa tinggi baru di dunia dipastikan akan resmi datang ke Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan bahwa GR Yaris sudah bisa dipesan mulai 25 Maret 2021. Tentunya ini menjadi kabar bahagia untuk para pecinta kecepatan di Tanah Air.

Diakui PT TAM, mereka sudah tidak bisa menutupi lagi soal GR Yaris dan akhirnya mengumumkan akan meluncur di Indonesia secara resmi. Terlebih karena dealer-dealer resmi telah mendesak karena permintaan dari para konsumen juga. Rencananya, peluncuran GR Yaris akan Toyota lakukan pada semester kedua tahun ini.

Sebagai syarat homologasi menjadi basis mobil reli di WRC, Toyota memproduksi setidaknya 25.000 unit GR Yaris untuk pasar global. Dan di Indonesia sendiri, Toyota mengumumkan bahwa mendapat alokasi sebanyak 126 unit. Kabarnya, sampai saat ini Toyota sudah mencatat setidaknya lebih dari 200 orang menyatakan berminat meminang GR Yaris ke garasinya.

Toyota Yaris GR

Anton Jimmi Suwandy sebagai Marketing Director PT TAM bahkan sekaligus mengungkap besaran biaya yang bisa dikeluarkan konsumen untuk bisa memesan GR Yaris. “Sebenarnya ini SPK aturan di dealer, melihat harga mobil segitu, mereka meminta booking fee sekitar Rp 100 juta,” kata Anton saat lakukan konferensi virtual denga media, hari Selasa (23/3/2021) kemarin.

“126 (unit) sampai tahun depan. Saya nggak tahu persis angka berapa, belum ada kabar lagi produksi tambahan saat ini. Dan hanya 1 varian, warna apa saja asal merah atau putih.”

Dari pernyataan di atas, bisa disimpulkan bahwa PT TAM hanya akan mendatangkan GR Yaris ke Indonesia dengan dua opsi warna, yaitu merah dan putih. Sementara soal produksi unit, secara global memang Toyota hanya akan memproduksi 25.000 unit saja, hanya demi memenuhi homologasi WRC.

Namun untuk para konsumen yang memesan, Anton tidak bisa menyebut pasti berapa lama proses indennya, dari pemesanan sampai unit datang. Hal itu disebutnya berkaitan dengan belum dilakukannya uji tipe. Dan setelah proses uji tipe selesai dilakukan, baru Toyota bisa beri konfirmasi. Sejauh ini, diperkirakan harga untuk GR Yaris akan berkisar antara Rp 750 juta – Rp 850 juta (on the road).

Toyota GR Yaris Daigo Saito

Toyota melahirkan GR Yaris pada awal tahun 2020 lalu, tidak lama setelah generasi terbaru Yaris diperkenalkan saat Tokyo Motor Show 2019. GR Yaris punya spesifikasi unik, bermesin tiga silinder 1,6 liter turbo yang bisa menghasilkan tenaga 259 hp dan torsi 350 Nm. Hanya transmisi manual 6-percepatan yang disediakan untuk GR Yaris, sebagai satu-satunya opsi.

Selain mesin, Toyota Gazoo Racing sebagai divisi motorsport yang kembangkan langsung mobil ini, memberi peningkatan pada sisi chassis dan aerodinamika GR Yaris. Bahkan bos besar Toyota, Akio Toyoda ikut terlibat dan memberi masukan bagaimana GR Yaris ingin disajikan sebagai mobil yang akan puaskan penggunanya.

Awalnya GR Yaris dikembangkan untuk menjadi basis mobil reli Toyota di WRC untuk musim2021. Namun karena pandemi global, proses pengembangan terhenti dan GR Yaris batal berlaga di WRC sama sekali. Apalagi meningat tahun depan WRC sudah beralih lagi ke regulasi mobil hybrid, Toyota pastinya akan mengembangkan mobil lain untuk diandalkan berlaga di WRC 2021.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda