Beranda Updates Sah! Vietnam Tuan Rumah Balap F1 Mulai 2020

Sah! Vietnam Tuan Rumah Balap F1 Mulai 2020

HANOI, 8 November 2018 – Tidak perlu waktu lama bagi Vietnam untuk bisa menjadi tuan rumah balap Formula 1, karena Formula 1 resmi mengumumkan negara tersebut akan masuk pada kalender balap pada tahun 2020. Rencana Vietnam menggelar balap F1 telah disetujui dan siap memeriahkan kota Hanoi.

Kepastian ini menyusul kabar bahwa Vietnam telah mendekati kesepakatan dengan F1 untuk gelar F1, pada bulan Oktober lalu. Dengan hadirnya Vietnam, maka akan ada negara lain di Asia Tenggara selain Singapura, setelah Malaysia tidak lagi menggelar F1.

Vietnam menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah baru F1 sejak dikelola oleh Liberty Media. Bukan menggunakan sirkuit permanen, Vietnam akan gelar balapan di sirkuit jalan raya seperti Singapura.

“Grand Prix Vietnam mewakili komitmen kuat Formula 1 ke kawasan Asia di mana balapan sudah mapan digelar di Singapura, China dan Jepang. Itu juga membentuk bagian dari strategi jangka panjang Formula 1 untuk memperluas daya tarik pada olahraga ini dan menjangkau audiens baru di seluruh dunia,” tulis pernyataan Liberty Media.

Mulai tahun 2020, Vietnam telah teken kontrak beberapa tahun untuk hadir sebagai tuan rumah balap mobil paling bergengsi di dunia ini. Gelaran tersebut bahkan akan didukung pendanaannya oleh investor swasta, bukannya oleh pemerintah.

Sirkuit jalan raya akan dibangun di tengah kota Hanoi, dengan panjang trek mencapai 5.565 kilometer. Selain menampilkan lintasan lurus sepanjang 1,5 kilometer, rangkain trek juga akan melintasi area stadion.

Rangkaian tikungan di sirkuir Hanoi akan dirancang menyerupai kontur dan bentuk tikungan dari berbagai sirkuit ternama di dunia, seperti Suzuka, Monako, Nurburgring dan Sepang.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza