Beranda Review REVIEW: Mercedes-Benz GLS, S-Classnya SUV

REVIEW: Mercedes-Benz GLS, S-Classnya SUV

JAKARTA, Carvaganza.com – Mewah dan besar. Itulah kesan pertama ketika melihat tampilan The New Mercedes-Benz GLS. Memang SUV ini dibangun lebih panjang dan lebar dari model sebelumnya. S-Classnya SUV – istilahnya Mercedes-Benz – adalah salah satu mobil terbesar yang dijual di Tanah Air. Tak percaya? Jarak antar roda alias wheelbasenya saja lebih panjang daripada Honda Brio RS!

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia resmi merilis generasi ketiga SUV Flagship anyar mereka ini pekan lalu. The New Mercedes-Benz GLS versi 450 4Matic AMG Line, hadir sebagai SUV setara S-Class bermesin mild hybrid. Kini tersedia di diler resmi Mercedes dengan harga ritel Rp 2,325 miliar (Off The Road).

Berada di puncak hirarki SUV, Mercedes-Benz menyandingkan mobil ini dengan Range Rover dan Tesla Model X. Meski secara head-to-head pas dengan BMW X7. Mercy GLS juga bisa menjadi pilihan mereka yang ingin SUV mewah dan upgrade dari Bentley Bentayga, Land Rover Discovery, Audi Q7, atau Volvo XC90.

Dengan tubuhnya yang besar, bagian interior menjadi luas. Kabin mampu menampung 7 penumpang dewasa dengan nyaman. Tak pelak sejak diperkenalkan pertama kali pada 2006, ia laris manis. Disebutkan model ini – GL dan GLS — sudah terjual lebih dari setengah juta unit.

“Kami sangat bangga mempersembahkan The New GLS yang menggabungkan kemewahan modern dengan karakter off-roader,” ujar President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun dalam keterangan resmi. “Karakteristik kuat dari desain off-road berpadu dengan keanggunan sebuah sedan klasik mewah. Interiornya merupakan perpaduan antara modern, estetika mewah, kepraktisan sebuah kendaraan SUV, dan teknologi tinggi digital seperti MBUX. Menurut kami, The New GLS menawarkan yang terbaik dari segala aspek.”

Baca juga: Mercedes E-Class Coupe dan Cabriolet Facelift Meluncurkan Bulan Ini

Eksterior Jantan

Poin pertama GLS jelas dari tubuhnya yang besar. Hal ini memberikan Mercedes-Benz keleluasaan bermain-main dengan desain ekterior. Tengok saja catatannya, panjang 5.213 mm, lebar 2.157 m dan tinggi 1.823 mm. Angka ini 77 mm lebih tinggi dan 22 mm lebih lebar dari generasi sebelumnya.

Sama seperti Mercedes-Benz generasi terkini, guratan GLS sedikit membulat. Membuatnya melenggok kian elegan tanpa mengurangi sisi jantannya. Pun desain ini membawa perbaikan. Meski membulat, ekspresi tangguh tetap ditampilkan pada fasad depan. Grille oktagonal bersudut lembut berdiri tegap di depan. Nuansa macho kemudian diekspresikan oleh dua tonjolan power dome di area kap mesin. Sepatu 21 inci menyudahi kuda-kuda kokoh sang SUV gambot ini.

Lahir sebagai flagship tentu permainan fitur dibuat canggih. Lampunya mengadopsi sistem Multibeam LED disokong Adaptive Highbeam Assist Plus, berisi 112 LED per headlamp. Total 84 LED dapat terkontrol secara terpisah. Disebutkan bisa untuk menerangi sejauh 650 meter tanpa menyilaukan pengendara lain. Tak ketinggalan tiga segmen DRL sebagai alis dan dua bar vertikal memaniskan binar mata di siang hari.

Baca juga: Mercedes-Benz Indonesia dan DCVMI Donasikan APD untuk RSUD Cibinong

Interior Mewah

Pembesaran tubuh membuat GLS mencatatkan peregangan jarak antarsumbu sejauh 60 mm ketimbang pendahulu. Hal ini tentunya berdampak pada perluasan ruang kabin terutama di baris kedua. Disebutkan kursi baris kedua dapat disesuaikan secara elektrik ke depan dan ke belakang sejauh 10 cm. Ruang kaki juga menjadi lebih luas dengan penambahan 87 mm ketika kursi berada pada posisi paling belakang.

Fitur Easy Entry menyuguhkan kemudahan akses menuju baris terakhir tanpa perlu mengerahkan banyak tenaga. Tinggal tekan tombol karena sudah diatur secara elektrik. Semua penumpang pastinya merasa lapang, apalagi ditambah panoramic sliding roof membuat kabin terasa roomy.

Baris tiga kursi yang dapat disesuaikan maksimal secara elektrik memastikan ruang dan kenyamanan yang optimal bagi penumpang. Terlebih lagi, kursi di baris ketiga juga dapat diturunkan secara elektrik. GLS mampu menampung volume kompartemen penyimpanan barang hingga 2.400 liter, ketika kursi di baris keua dapat dilipat rata.

Baca juga: SPYSHOT: Mercedes-Benz S-Class W223, Begini Perubahannya

Fitur

Urusan fitur, Mercedes sematkan sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience), termasuk konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Urusan hiburan tak perlu khawatir. Mercedes memasnag Burmester surround sound system dengan 13 speaker dan sebuah amplifier tambahan dirancang dengan khusus untuk interior The New GLS dan memberikan performa akustik yang menakjubkan.

Lalu bagi pengemudi, disediakan beberapa safety features aktif. Active Lane Keeping Assist mencegah mobil berpindah jalur dengan peringatan, getaran di setir, sampai intervensi sistem rem. Ada pula fungsi manuver belok pada Active Brake Assist, menghindari risiko tabrakan saat berbelok.

Kenyamanan ditunjang suspensi udara Airmatic sebagai standar. Lebih canggih, peranti ini ditambah ADS Plus sebagai fungsi peredaman adaptif. Yakin bak berkendara di atas awan. Di samping itu, suspensi udara menjaga ketinggian sama terlepas dari beban bawaan.

Baca juga: SPYSHOT: Mercedes-Benz S-Class Terbaru Pakai Touchscreen Tesla

Performa

GLS dibekali mesin bensin enam silinder 3.000 cc yang menjadi bekal pemacu SUV tiga baris ini. Output mencapai 372 PS dengan torsi puncak 500 Nm. Tenaga besar ini mendapat tenaga tambahan dari sistem mild hybrid EQ Boost. Integrated Starter Generator menyiapkan ekstra dorongan sebesar 22,3 PS dengan puntiran 250 Nm secara sementara. Daya disalurkan oleh girboks otomatis 9G-Tronic ke sistem penggerak empat roda 4Matic.

Transfer case dengan multi-plate clutch yang dikendalikan secara elektronik juga dipasang sebagai standar model ini. Hal ini memungkinkan transfer torsi selama mengemudi dari 0 persen hingga 100 persen (torsi sesuai permintaan) antar sumbu roda.

Semua pembelian The New GLS hadir dengan Paket Layanan Terpadu atauIntegrated Service Package. ISP merupakan layanan perawatan dan perbaikan secara gratis untuk 3 tahun pertama tanpa batasan jarak tempuh, sejak tanggal pendaftaran pertama. Paket layanan komprehensif ini hadir untuk setiap mobil penumpang Mercedes-Benz baru sebagai standar.

Baca juga OTO: Mercedes-Benz GLS 450 4Matic AMG Line Resmi Dipasarkan, Dibanderol Rp 2,325 Miliar

Spesifikasi Mercedes-Benz New GLS

GLS 450 4MATIC AMG Line
Engine  
Jumlah silinder/konfigurasi 6/in-line
Kapasitas mesin (cc) 2999
Daya tenaga (kW/hp) 270/367
Rotasi per menit 5500-6100
Tambahan daya tenaga dengan EQ Boost (kW/hp) 16/22
Torsi (Nm) 500
Rotasi per menit 1600-4500
Tambahan torsi dengan EQ Boost (Nm) 250
Performance  
Konsumsi bahan bakar kombinasi (1/100 km) 9.2-8.9
Emisi CO(g/km) 210-203
Fuel Petrol
Standar Emisi Euro 6
Akselerasi 0-100 km/h (s) 6.2
Kecepatan tertinggi (km/h) 246
Dimension  
Panjang (mm) 5,213
Lebar (mm) 2.157
Tinggi (mm) 1.823
Berat (kg) 2,440
Kapasitas tangka (liter) 90
Harga, off-the-road (Rp.) 2,325,000,000

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto