REVIEW: Audi Q3, Makin Besar dan Lengkap

JAKARTA, Carvaganza.com -- Generasi kedua SUV kompak premium Audi Q3 resmi mengaspal di Tanah Air. Resmi diperkenalkan pada 28 April 2020 lalu. Tubuhnya kini melar, menjanjikan ruang kabin lebih lapang, tak ketinggalan adaptasi teknologi terkini dari Audi. PT Garuda Mataram Motor sebagai pemegang merek Audi Indonesia membanderol Audi Q3 1.4 TFSI seharga Rp 777 juta (off-the-road).

Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor mengatakan produk generasi kedua compact SUV unggulan Audi ini melengkapi jajaran produk-produk terbaik pabrikan asal Ingolstadt Jerman yang dipasarkan di Tanah Air.

“Kehadiran produk baru ini juga menjadi wujud optimisme kami terhadap industri otomotif Tanah Air sekaligus menjadi penjawab kebutuhan masyarakat akan mobilitas yang pintar di tengah kondisi social distancing yang terjadi saat ini,” ujar Andrew Nasuri.

Generasi kedua Audi Q3 ini tak sekadar menampilkan sosok yang baru. Kabin juga dibuat lebih lapang serta memiliki kepraktisan yang lebih baik. Seperti halnya produk-produk terbaik Audi lainnya, design dashboard dan berbagai fitur modern yang ada di line-up tertinggi Audi. Banyak fitur tersemat seperti layar dan sistem pengoperasian digital, fitur infotainment terkini sudah disematkan pada Audi Q3 generasi kedua ini.

Kita coba bahas satu persatu:


Tampilan Eksterior


Tampilan segar sudah pasti tersaji. Ini merupakan penerus dari Q3 yang pernah kita kenal. Di fasad depan, grille oktagonal single frame khas audi mendominasi paras. Kemudian ia diapit dua lampu LED cantik berisi fitur adaptive headlight range control. Daytime Running Lights (DRL) terpisah digariskan di sisi terbawah rumah headlamp dan mencuat ke samping. Permainan cahaya menawan tak ketinggalan di buritan dengan mengadopsi LED dynamic turn signal.

Di samping, profil berotot kian jelas terasa terutama lewat garis bahu tegas. Tidak monoton, garis bahu melonjak tegas di depan dan belakang untuk menekankan area sepatbor atletis. Di bawahnya, kontur permukaan dibuat lebih halus sehingga lekuk tubuh terdefinisi elegan oleh pergeseran bayangan dan cahaya. Menyudahi kuda-kuda sporty sebuah SUV, Q3 ini mengenakan sepatu 18 inci Y-Spoke polished.

Penggunaan fender berwarna hitam yang kontras membuat menegaskan kemampuannya di segala medan. Di bagian buritan, terdapat spoiler yang mengapit kaca belakang. Secara umum, tim desain Audi sukses mengakomodasi kehadiran sebuah SUV yang tampan.

Baca juga: Audi Indonesia Segera Luncurkan Sedan New A6 Quattro


Kenyamanan Kabin


Tubuh Audi Q3 bertambah besar. Ukuran luar dicatatkan 4.484 x 1.849 x 1.585 mm (PxLxT). Dalam dimensi ini, sumbu roda memanjang 77 mm dari generasi pendahulu menjadi 2.680 mm, menjanjikan kabin ekstra lepang. Tak hanya itu, kepraktisan kabin diklaim lebih baik. Bangku belakang dapat bergeser sejauh 150 mm. Komposisi pembagian 40:20:40 menyuguhkan fleksibilitas pengangkutan barang dan penumpang.

Seperti juga bagian eksterioe, garis-garis tegas dan elemen-elemen tiga dimensi menjadi bagian dari interior All New Audi Q3. Kecanggihan kabin dipancarkan oleh dua monitor utama berukuran besar. Q3 sudah menganut panel instrumen digital 12.3 inci, disebut juga Audi Virtual Cockpit Plus, dengan tiga mode tampilan.

Sistem infotainment 10,1 inci disuntik otak MMI Navigation Plus. Peranti navigasi dapat pula ditampilkan pada panel instrumen. Kontrolnya variatif, salah satunya dapat terlaksana melalui perintah suara yang dapat dioperasikan oleh pengemudi melalui tombol multifungsi pada lingkar kemudi.

Baca juga: Modifikasi Audi TT RS Roadster, Beda Gaya


Mesin dan Harga


Kemampuan performanya ditunjang jantung pacu Q3 mengandalkan unit empat silinder 1,4 liter Turbocharger. Meski tanpa embel-embel Quattro, ekstraksi daya tenaga yang dihasilkan mencapai 150 hp pada 5.000 – 6.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 1.500 – 3.500 rpm. Tenaga ini sendiri didistribusikan oleh girboks DCT Otomatis S tronic 6 percepatan.

Untuk performa, Audi mengklaim Q3 mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam hanya dapat ditempuh dalam 9,2 detik. Kecepatan puncak mencapai angka 204 km/jam. Adapun konsumsi bahan bakar kombinasi yang dihasilkan mencapai 5,9 – 5,7 liter/100 km atau sekitar 16,9 – 17,5 km/liter.

Audi Indonesia menawarkan tujuh pilihan warna untuk menyesuaikan keinginan. Meliputi Pulse Orange, Ibis White, Chronos Grey, Floret Silver, Tango Red, Cosmos Blue dan Mythos Black. Seperti disebut di awal, Q3 mengawal jaringan penjualan online di salah satu marketplace ternama Indonesia. Terdapat promo menarik seperti Free Service 5 tahun, Free Voucher Rp 10 juta untuk 2 pembeli pertama, dan Free Coating kepada 5 pembeli pertama.

Baca juga: Audi A3 Sedan 2021, Makin Bongsor dan Canggih


Spesifikasi Lengkap All New Audi Q3 1.4 TFSI


Technical:
Mesin: 1,395 cc, 4-cylinder inline petrol engine with direct fuel injection, exhaust-gas turbocharging
Tenaga: 150 hp @5000 – 6000 rpm
Torsi: 250 Nm @1500 – 3500 rpm
Kemampuan 0-100 km/jam: 9.2 detik
Kecepatan maksimum: 204 km/jam
Drive train: Front wheel drive
Transmisi: 6-speed S-tronic
Dimensi (pxlxt): 4484 x 1849 x 1585 mm

Entertainment, Technic & Communication
MMI Navigation plus with MMI touch® Audi virtual cockpit Plus
Audi sound system Speech dialog system
USB type A interface for charging external devices Hill descent control

Warranty & Maintenance:
3-years Free Service
3-years Warranty

Baca Juga: Generasi Kedua Audi Q3 Resmi Masuk Indonesia, Mengawal Jaringan Penjualan Online

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda