Beranda Modification Modifikasi Audi TT RS Roadster, Beda Gaya

Modifikasi Audi TT RS Roadster, Beda Gaya

MUENCHEN, Carvaganza.com – Banyak orang berpikir sport car asli adalah sedan dengan atap tertutup. Siapa bilang? Rumah modifikasi Jerman Urban Motors Audi TT Roadster bisa berganti gaya. Di tangan modifikastor asal Eschweiler dekat Aschen itu semuanya tampil beda. Bahkan performa ikut diotak-atik menjadi lebih gila.

Versi standar Audi TT RS Roadster sudah berpenampilan cantik. Didapatkan lewat garis desain modern. Racikan baru dibuat Urban Motors. Fisik mobil beratap terbuka ini disulap menjadi lebih garang dengan konsep racing. Untuk mewujudkannya, bodykit keluaran pabrik dari departemen Audi Sport dipasang.

Komponen itu disebut Aerokit 1, terdiri dari splitter depan berpadu apik bersama grille honeycomb masif, empat flic (sirip) kecil di ujung samping bumper depan, sayap belakang yang menempel di ujung fender, rear diffuser dengan double muffler dan spoiler besar berpenyanggah.

Semua komponen dibuat dari serat karbon, dan dibubuhi kelir hitam glossy dan sedikit detail merah. Warna kontras cat dark red eksklusif Audi yang dikhususkan untuk model TT. Dilihat lebih dekat, tudung mesin turut diganti. Terbuat dari material sama body-kit, beraksen kisi-kisi horizontal di tengah, sebagai jalur masuk udara. Sehingga suhu mesin terjaga, dan makin cepat dingin.

Baca juga: Modifikasi Subaru WRX STI, Street Style

Mesin

Itu baru urusan tampilan. Mesin lima silinder 2,5 liter buatan Ingolstadt juga mendapat upgrade. Spesifikasinya sudah berubah, berkat penyematan SLS Tuning Stage 3 yang meningkatkan tenaga. Jika sebelumnya mampu memproduksi daya puncak 400 hp dan torsi 480 Nm, kini melejit jadi 510 hp dan 650 Nm. Konfigurasi sistem mekanis turut di-upgrade. Urban Motors membenamkan downpipe 90 mm dengan modul katalisator HJS dan filter intake K&N. Komputerisasinya diprogram lagi guna mendapatkan energi sebesar itu.

Sistem peredaman coilover KW V3 mengganti bawaan pabrik. Selain menyajikan pengalaman berkendara kian dinamis, tujuannya untuk membuat mobil lebih ceper. Perangkat ini juga disetting lagi kompresi dan rebound damper.

Baca juga: Modifikasi Lexus LC500, Transformasi Total Jerald Yutadco

Pengereman

Sementara penghela laju diperkuat, menggunakan komponen yang dipinjam dari saudara besarnya, Audi S7. Alasannya untuk mengimbangi perangkat kaki-kaki. Cakram keramik karbon terpampang jelas di semua ban, yang dijepit kaliper bertabur merah terang.

Agar performa dapur bisa disalurkan baik, Urban Motors memilih ban Michelin Pilot Sport 4 S berdimensi 20 inci dengan ukuran 255/30. Ini membungkus pelek gelap OZ Leggera HLT lebar 9 inci. Bobotnya lebih ringan dari bawaan pabrik, sehingga mengurangi beban unsprung, sehingga cengkraman selalu tersaji saat melewati jalan bergelombang. Termasuk pula mempermudah sistem penggerak memutarnya, lantaran massa rotasi terpangkas. Desain bingkai bundar berupa multi spoke tirus memperlihatkan jeroan di belakang.

Dan hasilnya, walaaahhh….

Sumber: Automobilsport

Baca Juga: Audi TT RS Roadster Gaya Urban, Semua Sektor Kena Garap Demi Performa

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto