Beranda Updates Red Bull RB16 Meluncur, Langsung Shakedown di Silverstone

Red Bull RB16 Meluncur, Langsung Shakedown di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza.com – Menyusul Ferrari, tim Red Bull Racing juga meluncurkan mobil F1 terbarunya untuk musim 2020, yaitu RB16. Peluncuran langsung disertai sesi shakedown oleh tim di sirkuit Silverstone, Inggris.

RB16 menjadi generasi kedua mobil Red Bull bermesin Honda, yang akan dipacu oleh duet Max Verstappen dan Alexander Albon tahun ini. Menariknya, Red Bull tidak lagi merilis mobil dengan tampilan kamuflase lebih dulu, seperti tradisi beberapa tahun terakhir.

Shakedown RB16 dilakukan oleh Verstappen di balik kemudi, menjadi pembalap pertama yang merasakan mobil baru sebelum sesi tes. Diluncurkan hari Rabu (12/2/2020) kemarin, RB16 dirilis baik di sirkuit maupun melalui set foto detail.

Tampilan keseluruhan RB16 tidak berbeda daripada RB15 bila dilihat dari desain livery khas Red Bull, tetap menggunakan efek warna matte. Branding untuk Red Bull dan Aston Martin tampak paling dominan menghiasi body mobil.

Desain

Namun jika melihat lebih seksama, ada sejumlah komponen yang mendapat sentuhan atau ubahan menarik dari sebelumnya. Di bagian depan, ujung nose cone tampak punya lubang udara lebih banyak dan bertingkat, diikuti sayap kecil tambahan di monokok dan saluran S-duct baru.

Kemudian di bagian samping, bentuk sidepod berubah dengan posisi intake lebih tinggi dan ramping. Sedikit ke bawah, area bargeboard juga menunjukkan desain yang lebih kompleks, dengan diadopsinya sejumlah sayap boomerang yang juga telah digunakan Ferrari SF1000.

Bagian dasar (floor) mobil memiliki rangkaian lubang dan sayap yang berbeda, menjadi detail baru RB16 untuk optimalkan downforce dari aliran udara sisi bawah. Bagian belakang dari engine cover tampak lebih ramping tahun ini, menjadi cara Red Bull maksimalkan aliran udara untuk diffuser dan sayap belakang.


Bentuk sayap depan dan belakang kemungkinan besar akan berubah seiring dimulainya sesi tes dan berjalannya musim. Performa power unit buatan Honda juga diharapkan bisa meningkat tahun ini, menyusul hasil positif tahun lalu yang menghasilkan tiga kemenangan untuk Verstappen.

Setelah Verstappen mendapat kesempatan pertama, Albon akan menguji RB16 pertama kali saat sesi tes pra musim di Barcelona, Spanyol, pekan depan. Red Bull kembali menjadi penantang kuat di baris depan bersama Mercedes dan Ferrari, dalam perebutan kemenangna dan gelar juara dunia.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...

Supercar BAC Mono Bakal Dijual TDA Luxury Toys, Harga Hampir Rp 3 Miliar

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 boleh jadi masih mewabah di Tanah Air. Namun industri otomotif terus bergerak. Seperti halnya TDA Luxury Toys yang akan...

Eksklusif dengan Atap Terbuka, MINI Cabrio Sidewalk Edition Meluncur

JAKARTA, Carvaganza.com – Tidak bosannya MINI Indonesia merilis rangkaian model edisi terbatas sepanjang tahun ini. Di penghujung bulan September 2020, MINI kembali merilis model...