Beranda New Cars Ragam Kelebihan SUV Premium Favorit Porsche Cayenne Coupe

Ragam Kelebihan SUV Premium Favorit Porsche Cayenne Coupe

JAKARTA, Carvaganza.com – Nama Porsche Cayenne sebagai SUV di segmen premium begitu mengedepan. Sejak pertama kali dirilis tahun 2002, melejit menjadi pemimpin pasar SUV/crossover luxury di dunia. Menjadi mobil bermesin V8 pertama yang dibuat Porsche sejak 1995 ketika Porsche 928 didiskontinyu.

Dibekali oleh ragam inovasi teknologi modern, Porsche Cayenne telah menjadi pilihan lapisan elit konsumen yang ingin memiliki SUV premium dengan feeling sports car yang kental. Meskipun berbodi jangkung dan postur gagah layaknya SUV, Stuttgart tak pernah menghilangkan DNA sebagai sportscar. Makanya, di kalangan car enthusiast, Cayenne menjadi pilihan favorit di segmennya.

Pada Juli lalu, Porsche Center Jakarta sebagai APM di Indonesia meluncurkan Cayenne Coupe ke pasar nasional. Terdapat tiga pilihan yang dirilis kepada konsumen, Cayenne Coupe, Cayenne S Coupe dan Cayenne Turbo Coupe. Namun, jangan menerka kata ‘Coupe’ di sini identik dengan mobil dua pintu. SUV Jerman ini tetap empat pintu.

Baca juga: Porsche Panamera Dapat Facelift, Utamakan Upgrade Performa

Lantas apa yang membedakan versi Cayenne Coupe dengan yang reguler? Tampilan bodi secara keseluruhan mirip dengan Cayenne biasa. Tapi kalau kita lebih jeli lagi, versi Coupe memiliki garis atap yang lebih melandai. Ia memiliki garis rumah kaca di pilar C lebih steep. Desain atap tersebut membuat Cayenne Coupe terlihat bertambah sporty.

Pintu belakang juga didesain ulang sampai ke quarter panel (panel bodi samping belakang) yang membuat bahu mobil terlihat lebar. Membuat bodi jangkungnya terlihat semakin gagah sehingga kesan SUV sejati semakin kental.

Paket opsional
Downforce mobil juga semakin tinggi sehingga kendaraan menjadi lebih stabil. Berkat dua spoiler, termasuk satu adaptive rear spoiler baru yang bisa terangkat 5,3 inci jika kecepatan mobil berada di atas 90 km/jam.  Elemen-elemen itu merupakan bagian dari Porsche Active Aerodynamics (PAA). Selain memiliki fungsi mumpuni, juga membuat mobil terlihat lebih keren.

Kalau Anda ingin memilikinya, bisa memilih paket opsional Lightweight Sport. Paket ini terdiri dari tiga tipe yakni pertama menghiasi atap dengan serat karbon, begitu juga interior. Peleknya berukuran 22 inci berdesain GT. Paket opsional kedua adalah Lightweight Sport Black, berupa tepian fender, sideskirt, sidebar pintu, fascia depan, intake dan bilah udara berbalut hitam mengilap. Untuk pelek 22 inci GT bersifat opsional. Terakhir Lightweight Sport Carbon. Makin liar karena serat karbon dipakai pada airblade dan spion samping. Sementara intake dan spion samping bagian bawahnya gelap mengilap. Untuk karet bundar, Porsche mempercayakan Pirelli P Zero 315/35.

Namun, paket Sport Chrono sudah menjadi standar ketika membeli dengan velg 20 inci. Untuk memastikan sistem pengereman mumpuni, mengandalkan Porsche Surface Coated Brake (PSCB). Merupakan kombinasi cakram besi cetak dengan pelapis keramik (tungsten carbide) yang memastikan cengkraman mumpuni. Pada interior, dilengkapi kaca panorama di atap seluas 2,16 meter persegi.

Baca juga: TEST DRIVE Porsche Macan 2.0L, Performa Solidnya Bikin Asyik (Bagian 1)

Baca juga: TEST DRIVE Porsche Macan 2.0L, Performa Solidnya Bikin Asyik (Bagian 2)

Mesin
Porsche memberikan mesin V6 3,0 liter turbo untuk Cayenne Coupe, yang bertenaga 355 hp dan torsi 450 Nm. Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam pada Cayenne Coupe adalah 6,2 detik, dan sanggup lebih singkat menjadi 5,9 detik jika dilengkapi Chrono Package. Top speed tercatat 243 km/jam.

Sementara untuk Cayenne S Coupe menggendong mesin V6 2,9 liter twin-turbo, dengan hasilan tenaga lebih powerful 438 hp (440 PS) pada 5.700 – 6.600 rpm dan torsi maksimal 550 Nm. Cayenne S Coupe, bisa melesat 0-100 km/jam dalam 4,9 detik.

Baca juga: Lewat 992 Carrera S, Porsche Kenang Kedatangan 911 Pertama di Australia

Untuk varian Cayenne Turbo Coupe mengadopsi mesin V8 twin-turbo 4.0 liter. Menghasilkan tenaga 548 hp (550 PS) yang bisa dicapai pada putaran mesin 5.750 – 6.000 dan torsi 770 Nm pada 2.000 – 4.500 rpm. Dengan Sport Chrono Package bisa sprint dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,9 detik dan top speed 286 km/jam. Transmisi otomatis 8 percepatan ketiga varian menyalurkan tenaga ke roda dengan sistem penggerak AWD.

Dalam hal konsumsi bahan bakar, Cayenne Coupe mencatatkan konsumsi kombinasi 9,3 – 9,4liter per 100 km dan emisi CO 2 gabungan 215 – 212 gram/km. Untuk Cayenne S Coupe menorehkan konsumsi BBM kombinasi 9,4 – 9,2 l / 100 km dengan emisi CO 2 gabungan 216 – 212 gram/km. Sedangkan Cayenne Turbo Coupé 11,4 – 11,3 l / 100 km dan emisi CO 2 gabungan 261 – 258 gram/km

Baca juga: VIDEO Porsche 911 Turbo S Digeber 1:47,8 di Hockenheim, Sekencang Apa?

Fitur
Dalam hal fitur,  kelengkapan antara ketiga varian sebetulnya hampir mirip. Misalnya dilengkapi dynamic cruise control, speed-sensing power door locks dan communication management system. Multimedia seperti hiburan, navigasi dan pengaturan kendaraan bisa diakses melalui layar sentuh 12,3 inci. Apple CarPlay bahkan semakin optimal bisa dioperasikan pada infotainment mobil.

Dilengkapi juga dengan high-end sound system, smartphone integration, aplikasi untuk remote vehicle access, jok berpemanas dan masih banyak lagi.

Dalam hal fitur keselamatan, Cayenne Coupe dilengkapi airbag untuk penumpang dan pengemudi, airbag samping, kepala dan lutut. Pabrikan juga menyematkan fitur driver-assistance canggih. Yakni Standard Forward Collision Warning with Automated Emergency Braking, Lane-Departure Warning with Lane-Keeping Assist dan Adaptive Cruise Control. Terpasang pula Vehicle Stability System Porsche Stability Management (PSM) with ABS, ASR, ABD, MSR, Trailer Stability Management dan expanded PSM SPORT mode.

Spesifikasi Porsche Cayenne Coupe
Layout kendaraan  SUV, mesin depan, 4 pintu, 4 penumpang, AWD
Mesin  V6 & V8 2.9L – 4L/ 355 hp – 548 hp/ 450 Nm –  770 Nm
Transmisi   A/T 8-speed Tiptronic S
0 – 100 km/jam 5,9 – 3,9 detik
PxLxT    4931 x 1983 x 1676 mm
Wheelbase   2895 mm
Empty weight    2.025 kg
Ground clearance    210 mm
Konsumsi BBM    9,2 – 11,3 L/100 km
Rekomendasi BBM    RON 98

 EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...