Produk Diterima Pasar, Penjualan Peugeot 2020 Meningkat 64 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Industri otomotif mendapat ujian cukup berat sepanjang 2020 lalu. Pandemi COVID-19 menghantam seluruh sektor termasuk pasar otomotif yang merosot tajam. Namun beberapa pabrikan tetap memetik kabar baik. Seperti Astra Peugeot yang justru mencatat peningkatan penjualan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam keterangannya, Astra Peugeot menyebutkan penjualan sepanjang tahun 2020 lalu sebanyak 212 unit. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dimana Astra Peugeot tercatat meraih penjualan sebanyak 129 unit. Kenaikan penjualan terjadi sebesar 64 persen jika dibandingkan total penjualan tahun sebelumnya. "Peningkatan penjualan ini terwujud atas respon positif konsumen di Indonesia terhadap brand Peugeot, line-up produk baru yang diluncurkan di awal tahun 2020, serta dukungan value chain Astra," papar Rokky Irvayandi, Chief Executive of Astra Peugeot dalam keterangannya.

Peningkatan penjualan sebanyak 64 persen ini jelas memberikan sinyal positif meski pada tahun 2020 lalu pandemi Covid-19 mendera. Kehadiran Duo SUV Peugeot, 3008 dan 5008 Allure Plus memberi jawaban kebutuhan konsumen. Tercatat sebanyak 107 unit Peugeot 3008 dan 105 unit Peugeot 5008 mampu terjual sepanjang tahun 2020. “Strategi dan keunggulan produk line up Astra Peugeot serta dukungan semua pihak memberikan dampak positif. Dengan dukungan berbagai partner perbankan serta program menarik Astra Peugeot memberikan hasil positif ke publik,” tukas Fredy Jeo, Head of Sales Astra Peugeot.

Momentum kehadiran duo SUV Allure Plus, benar-benar membangkitkan spirit Astra Peugeot. Tepatnya di tanggal 11 Februari 2020, Astra Peugeot selaku pemegang merek Peugeot di Indonesia meluncurkan varian baru dari duo 3008 dan 5008 Allure Plus. Selain itu, untuk layanan aftersales, Astra Peugeot memberikan kenyamanan untuk konsumen Tanah Air. Program 5 tahun untuk Warranty dan Free Service memberikan layanan aftersales Astra Peugeot semakin menarik bagi para calon konsumen. "Pelayanan kepada konsumen merupakan prioritas Astra Peugeot," kata Fredy Joe.

Peugeot dealer

Peugeot 3008 Allure Plus

Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus jadi andalan Peugeot di Indonesia. Keduanya berkesan elegan dengan bodi utuh satu warna termasuk atap. Sedangkan kabin lebih cerah berkat warna cerah pada plafon. SUV Peugeot termurah 3008, dibanderol Rp 690 juta. Desain pelek Los Angeles 18-inci pun serupa.

Mobil ini memiliki panjang 4.510 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.662 mm dan wheelbase 2.730 mm diboyong dari Malaysia. Semua lampu sudah LED, berbagai sensor, fungsi otomatis dan tak lupa lampu belakang bergaya "Claw Effect" 3D, ciri khas Peugeot modern. Bagian atap terpasang kaca panoramic yang besar dan dapat dibuka. Nah, bagian itu juga dipasang roof rail untuk keperluan menambah daya angkut barang.

Desain interior sama modernnya lewat konsep i-Cockpit. Sebuah monitor layar sentuh bertengger di tengah, berisi koneksi Bluetooth, Apple CarPlay, voice recognition, Arkamys 3D Sound Staging dan yang baru navigasi GPS. Tampilan peta dapat terpampang di head-up cluster display 12-inci. Fitur keselamatan 3008 Allure Plus bisa diandalkan. Ditambahkan Active Lane Keeping Assist dan Blind Spot Information System, tapi kehilangan electric child safety locks. Kalau anak sudah besar atau lebih banyak mengemudi sendiri, jelas tidak diperlukan.

Peugeot SUV

Peugeot 5008 Allure Plus

Untuk 5008 Allure Plus, lebih terlihat berbeda penampakannya dari luar. Selain atap sewarna bodi, pelek sengaja dibedakan. Pakai desain Detroit 18-inci dengan gaya palang lima bilah ganda. Muka boleh persis seperti 3008 Allure Plus. Tapi setengah badan ke belakang adalah kelebihan utama 5008. Wheelbase 2.840 mm lebih panjang 110 mm dari 3008 Allure Plus.

Harga dibanderol Rp 745 juta. Fitur kenyamanan di kabin cenderung sama dengan 3008 Allure Plus. Tapi kelebihan sebagai SUV 7-seater sedikit dikorbankan dari hilangnya fitur pelipatan kursi rata lantai sampai baris kedua. Walau ruang tergolong sempit, cocok untuk penumpang anak-anak saja. Begitu pula fitur keselamatan ditawarkan, sama persis dengan tambahan di Peugeot 3008 Allure Plus.

Dari sisi performa mesin tetap andalkan unit 4-silinder 1,6-liter turbo bertekanan tinggi, menghasilkan tenaga 167 PS dan torsi 240 Nm. Fitur Advanced Grip Control memberi kemampuan off-road walau berpenggerak roda depan (FWD). Terdiri dari 5 mode yang fungsinya disesuaikan kondisi permukaan jalan. RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda