Beranda Updates Presiden Jokowi Puji Pencapaian Ekspor 1 Juta Toyota Indonesia

Presiden Jokowi Puji Pencapaian Ekspor 1 Juta Toyota Indonesia

JAKARTA, 5 September 2018 – Tahun 2018 menjadi milestone baru bagi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang telah mencapai 1 juta unit ekspor kendaraan Toyota dari Indonesia. Milestone ini bertepatan juga dengan 30 tahun berlangsungnya kegiatan ekspor Toyota dari Indonesia.

Pencapaian ini dirayakan dengan acara “Realisasi 1 Juta Unit Eskpor CBU” oleh TMMIN, di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta Utara, hari Rabu (5/9/2018). Seremoni ini sekaligus menunjukkan komitmen Toyota memajukan industri otomotif dalam negeri yang semakin dipercaya oleh pasar internasional.

Secara kumulatif, volume ekspor Toyota telah mencapai angka lebih dari 1 juta unit sejak ekspor perdana. Seremoni ini turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang disertai beberapa direksi Toyota Motor.

“Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa Negara di sektor otomotif. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia sehingga capaian ini bisa terwujud dengan baik,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT TMMIN.

Ekspor kendaraan Toyota dari Indonesia telah berlangsung sejak tahun 1987, diawali oleh Kijang generasi ketiga (KIjang Super) ke Brunei Darussalam. Sampai saat ini, sudah lebih dari 70 negara menjadi destinasi ekspor Toyota dengan jumlah ekspor saat ini sekitar 200.000 unit per tahun.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kegiatan ekspor menjadi hal penting dalam upaya meningkatkan perekonomian Negara, terutama di industri otomotif. Ia memuji pencapaian yang dilakukan Toyota Indonesia.

“Saya ingin menggarisbawahi dan berkali-kali saya sampaikan bahwa dua hal yang penting untuk memperbaiki ekonomi kita, yang pertama ekspor, yang kedua investasi. Nah ini dua-duanya kena PT Toyota Motor ini, dua-duanya kan ada investasi ada ekspornya, dua-duanya kena. Ini akan saya terus kejar,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Saat ini ada 9 model Toyota yang diekspor utuh dari Indonesia yaitu Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya dan Townace/Townlite. Saat ini negara di kawasan Gulf Cooperation Council (GCC) atau Timur Tengah menjadi tujuan ekspor terbesar.

WAHYU HARIANTONO

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

TEST DRIVE: Rolls-Royce Cullinan 2019, Merasakan Sensasi “Tank Mewah”

PADA tulisan sebelumnya Carvaganza sudah cerita tentang sejarah dan tampilan eksterior Rolls-Royce Cullinan. Saya kebetulan mendapat kesempatan menjajal SUV pertama...

DFSK Glory 560 Segera Diluncurkan, Melawan Honda HR-V?

JAKARTA, 25 Maret 2019 - Beberapa waktu lalu bocor sosok Glory 560 dari DFSK di Indonesia. Tak lama setelahnya, beberapa hari kemarin muncul jelas...

Menikmati Fitur T-Link di Toyota New Veloz, Keliling Jakarta Jadi Fun

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Beragam fitur disematkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Toyota New Avanza dan New Veloz....

REVIEW: Rolls-Royce Cullinan 2019, Warisan para Sheik dan Maharaja

SEPULUH tahun lalu, kita akan sulit untuk percaya jika Rolls-Royce akan membuat kendaraan jenis SUV. Tapi, tuntutan konsumen membuat pabrikan...

Mobil Ferrari Paling Ekstrem akan Meluncur Hari Ini

MARANELLO, 25 Maret 2019 – Tidak lama setelah meluncurkan F8 Tributo, Ferrari kembali akan memperkenalkan mobil terbarunya hari ini. Mobil...