Beranda Updates Presiden Jokowi Puji Pencapaian Ekspor 1 Juta Toyota Indonesia

Presiden Jokowi Puji Pencapaian Ekspor 1 Juta Toyota Indonesia

JAKARTA, 5 September 2018 – Tahun 2018 menjadi milestone baru bagi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang telah mencapai 1 juta unit ekspor kendaraan Toyota dari Indonesia. Milestone ini bertepatan juga dengan 30 tahun berlangsungnya kegiatan ekspor Toyota dari Indonesia.

Pencapaian ini dirayakan dengan acara “Realisasi 1 Juta Unit Eskpor CBU” oleh TMMIN, di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta Utara, hari Rabu (5/9/2018). Seremoni ini sekaligus menunjukkan komitmen Toyota memajukan industri otomotif dalam negeri yang semakin dipercaya oleh pasar internasional.

Secara kumulatif, volume ekspor Toyota telah mencapai angka lebih dari 1 juta unit sejak ekspor perdana. Seremoni ini turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang disertai beberapa direksi Toyota Motor.

“Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa Negara di sektor otomotif. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia sehingga capaian ini bisa terwujud dengan baik,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT TMMIN.

Ekspor kendaraan Toyota dari Indonesia telah berlangsung sejak tahun 1987, diawali oleh Kijang generasi ketiga (KIjang Super) ke Brunei Darussalam. Sampai saat ini, sudah lebih dari 70 negara menjadi destinasi ekspor Toyota dengan jumlah ekspor saat ini sekitar 200.000 unit per tahun.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kegiatan ekspor menjadi hal penting dalam upaya meningkatkan perekonomian Negara, terutama di industri otomotif. Ia memuji pencapaian yang dilakukan Toyota Indonesia.

“Saya ingin menggarisbawahi dan berkali-kali saya sampaikan bahwa dua hal yang penting untuk memperbaiki ekonomi kita, yang pertama ekspor, yang kedua investasi. Nah ini dua-duanya kena PT Toyota Motor ini, dua-duanya kan ada investasi ada ekspornya, dua-duanya kena. Ini akan saya terus kejar,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Saat ini ada 9 model Toyota yang diekspor utuh dari Indonesia yaitu Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya dan Townace/Townlite. Saat ini negara di kawasan Gulf Cooperation Council (GCC) atau Timur Tengah menjadi tujuan ekspor terbesar.

WAHYU HARIANTONO



Last Updates

IMX2019 Siap Bawa Modifikasi Indonesia ke Tingkat Dunia

JAKARTA, 26 mei 2019 – Pameran khusus modifikasi Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 akan kembali digelar National Modificator & Aftermarket...

Ini 7 Layanan Auto2000 Selama Mudik Lebaran

JAKARTA, 26 Mei 2019 – Tak terasa Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal 10 hari lagi. Mudik Lebaran menjadi agenda...

Toyota Kijang, Mobil Bekas Paling Diburu Jelang Lebaran

JAKARTA, 25 Mei 2019 – Bulan suci Ramadhan dan jelang lebaran mendongkrak jual beli mobil bekas. Selain pencarian, supply mobil...

Peugeot Unjuk Gigi di Turnamen Tenis Roland Garros

PARIS, 25 Mei 2019 – Turnamen tenis Prancis Terbuka atau juga dikenal dengan Roland Garros kembali digelar selama 2 pekan...

Masalah Global, Ekspor Toyota Melorot 6% di 4 Bulan Pertama 2019

JAKARTA, 24 Mei 2019 – Ekspor kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU) bermerek Toyota pada bulan Januari hingga April 2019 mengalami...