Beranda Updates Prediksi 2019: SUV Makin Banyak Dipilih, MVP Masih Favorit

Prediksi 2019: SUV Makin Banyak Dipilih, MVP Masih Favorit

daihatsu giias 2019

JAKARTA, 31 Desember 2018 – Hanya beberapa hari lagi kita akan mengakhiri tahun 2018 dan membuka lembaran baru di 2019. Banyak pengamat melakukan prediksi kondisi tahun depan. Model mobil seperti apa yang laris? Masihkah mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) mendominasi?

Konsumen mobil di Indonesia sejak dulu sangat MPV oriented. Mobil yang juga disebut dengan mobil keluarga menjadi model paling laris lantaran bisa membawa banyak anggota keluarga. Namun dalam 1-2 tahun terakhir trend ini sedikit bergerser. Presiden Direktur mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan mengatakan tren konsumen kini bergerak ke dua arah yaitu sport utility vehicle (SUV) dan small car seperti city car dan LCGC.

“Pasar MPV dulu sekitar 55 persen yang sekarang turun menjadi 45 persen. Pasar bergerak ke SUV dan small car,” katanya. Lalu apa penyebabnya? Fischer mengatakan ada beberapa hal yang mempengaruhi misalnya pergerakan kultur dari mobil keluarga ke personal. “Family oriented yang rame-rame berpindah ke individual, mobil cukup untuk 1-2 orang saja,” katanya.

“SUV dipilih karena orang ingin terlihat stylish dan gaya. Sementara mobil kecil terkait pada lahan parkir yang terbatas dan jalanan macet sehingga mobil kecil jadi pilihan,” katanya.

Fischer mengatakan mobil88 sendiri tetap fokus pada kue terbesar otomotif yaitu segmen di rentang harga Rp 80 sampai Rp 150 juta. Di sini ada MPV dan SUV,” kata dia.

Sepanjang tahun 2018, Januari hingga awal Desember, mobil88 mampu mencatat penjualan sebanyak 21.000 unit. Untuk tahun 2019, mobil88 menetapkan penjualan tahun depan naik sekitar 15 persen.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza