Potensi Rem Blong, Puluhan Ribu Hyundai Kona Electric Kena Recall

SEOUL, Carvaganza.com – Hyundai Kona Electric saat ini menjadi mobil listrik dengan penjualan terlaris dari line up Hyundai Motors. Statistic tersebut berlaku untuk pasar global, bagi pabrikan asal Korea Selatan itu. Namun, bukan tanpa ganjalan bagi Hyundai dengan eksistensi Kona. Telah dilaporkan bahwa Kona Electric harus mengalami recall.

Crossover listrik tersebut mengalami recall di negara asalnya, karena dilaporkan adanya masalah pada sistem pengereman elektroniknya. Menurut lansiran Reuters, setidaknya sebanyak 50.864 unit Kona Electric harus mendapatkan perbaikan karena masalah ini. Kabar ini merupakan kampanye recall kesekian kalinya untuk grup Hyundai-Kia dalam beberapa waktu terakhir.

Terkait masalah ini, sistem pengereman Kona Electric berpotensi gagal bekerja karena kesalahan pada software, seperti disampaikan Kementerian Transportasi Korea Selatan. Namun sejauh ini belum ada kejadian atau kecelakaan yang disebabkan oleh malfungsi tersebut.

Dari angka 50.864 unit tersebut, 40.000 unitnya adalah Kona Electric sedangkan sisanya adalah Hyundai Nexo. Unit Kona Electric yang termasuk dalam recall ini adalah yang diproduksi dalam periode antara Mei 2019 sampai November 2020. Sementara untuk Nexo adalah pada varian hydrogen fuel cell. Nexo yang dimaksud merupakan model produksi Januari 2018 sampai November 2020.

Sejauh ini, Kona Electric yang dimaksud adalah unit yang beredar atau dipasarkan di Korea Selatan. Belum diketahui apakah akan berpengaruh kepada Kona Electric yang dipasarkan di negara lain, termasuk Indonesia. Seperti disebut sebelumnya, Kona Electric adalah salah satu mobil listrik terlaris, khususnya untuk pasar Eropa.

Ini bahkan bukan pertama kalinya Hyundai melakukan recall untuk Kona Electric. Sebelumnya pernah terjadi recall untuk 74.000 unit Kona Electric di seluruh dunia, atas risiko kebakaran yang terjadi pada belasan unit di Korea, Kanada dan Eropa. Recall satu ini telah berlangsung selama dua tahun belakangan.

Di Indonesia sendiri, Hyundai belum lama lalu meluncurkan Kona Electric bersama dengan Ioniq Electric untuk pasar retail. Peluncuran Kona Electric berlangsung pada awal November 2020 lalu, yang sekaligus menjadikannya salah satu mobil listrik murni paling terjangkau di Indonesia. Harga yang ditawarkan PT Hyundai Motors Indonesia untuk Kona Electric adalah Rp 674,8 juta dalam kondisi on the road (DKI Jakarta).

Spesifikasi teknis Kona Electric memiliki baterai dengan kapasitas 39,2 kWh, untuk memberikan daya ke motor listrik jenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Powertrain ini sanggup memberikan daya 134 hp, bersama torsi sebesar 395 Nm. Selain itu, range mengemudinya diklaim bisa menempuh sampai 345 kilometer, menurut skema penghitungan NEDC (New European Driving Cycle).

Sumber: Reuters, Paultan

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda