Beranda Updates Peugeot Pastikan Model GTi akan Tetap Hidup

Peugeot Pastikan Model GTi akan Tetap Hidup

PARIS, Carvaganza.com – Peugeot sudah cukup lama tidak memiliki varian GTi dalam jajaran produknya saat ini. Moniker tersebut dipastikan tidak dimatikan oleh Peugeot, dengan menjanjikan akan hadir model terbarunya, diikuti satu nama sub-merek baru.

Nama GTi mulai terkenal lewat model Peugeot Seri 2, yaitu 205 GTi yang lahir pada tahun 1984. Terakhir, model GTi diwakili oleh 208 GTi yang telah diskontinyu sejak tahun 2019.

Melalui generasi terbaru 208, pabrikan berlogo singa itu menjanjikan akan kembali tawarkan varian GTi, namun belum dipastikan kapan. Varian GTi akan memiliki diferensiasi jelas dengan sub-merek baru Peugeot, yaitu PSE (Peugeot Sport Engineered).

Tidak seperti PSE yang akan memanfaatkan teknologi elektrifikasi untuk mendongkrak performa, GTi yang tetap mengutamakan mesin pembakaran murni. GTi disebut memiliki posisi yang penting untuk merek Peugeot, namun tidak menutup kemungkinan akan mendapat elektrifikasi (hybrid dan full electric) juga.

CEO Peugeot, Jean-Philip Imparato menjelaskan, “Di Inggris, GTi sangat masuk akal. Kami sedang mengerjakan apa yang bisa menjadi GTi di masa depan. Kalau satu mobil memakai itu (logo GTi), tentu adalah 208, bahkan jika itu listrik. Selebihnya, akan jadi PSE.”

Untuk PSE, Imparato memastikan bukan akan menjadi pengganti posisi GTi. Menurutnya, PSE adalah sub-merek khusus teknologi elektrifikasi, memberi sensasi baru untuk konsumen. Karena mesin konvensional dan elektrifikasi tidak bisa memberikan hal yang sama.

“Satu-satunya mobil yang dapat mengklaim GTi – bahkan jika elektrik – adalah 208, kalau kami putuskan untuk punya lini mobil seperti itu,” tambah Imparato.

Perluasan Segmen Elektrifikasi

PSE belum lama ini diperkenalkan lewat konsep model 508 PSE, yang menjadi varian performa tinggi dengan dukungan powertrain plug-in hybrid. Ibaratnya, GTi dan PSE seperti divisi M dan i pada BMW, juga AMG dan EQ pada Mercedes-Benz.

Versi prodiksi 508 PSE dipastikan akan meluncur saat Paris Motor Show 2020 mendatang, sebagai wujud transformasi mobil listrik dari Peugeot. Mobil ini rencananya hanya diproduksi terbatas, sekitar antara 1.000 sampai 2.000 unit saja.

Jika sukses, PSE akan dibawa Peugeot juga untuk diperluas penerapannya pada model lainnya, sebagai varian sporty. Model pertama yang Imparato sebut sangat mungkin untuk menyusul mendapat label PSE adalah 3008.

Sementara 208 GTi, baru akan diperkenalkan lewat versi konsep juga di Paris. Tentunya 208 GTi akan menjadi hot hatch terbaru dari Peugeot, versi kencang dari Volkswagen Polo, Ford Fiesta, serta Toyota Yaris. Mobil ini akan dibangun berbagi platform dengan Vauxhall Corsa VXR, yang bertenaga listrik penuh.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...

Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

SEOUL, Carvaganza.com – Resmi sudah Hyundai i30 N versi baru diluncurkan sebagai hot hatchback performa tinggi, untuk melawan para rival dari Jepang dan Eropa....