Beranda Updates Penjualan Daihatsu Kembali Meningkat, GranMax Masih Terlaris

Penjualan Daihatsu Kembali Meningkat, GranMax Masih Terlaris

JAKARTA, Carvaganza.com – Industri otomotif Nasional salah satu sektor yang terdampak cukup parah oleh kondisi pandemi Covid-19. Titik terendahnya terjadi di kuartal kedua 2020. Bayangkan saja bulan Mei lalu, hanya sekitar 4.000 kendaraan yang terjual secara wholesale. Penjualan ritel juga tak jauh berbeda, bulan Mei hanya terjadi sekitar 17 ribu penjualan kendaraan. Tentu angka ini jauh berbeda dari tahun sebelumnya yang sanggup menembus angka 94 ribu kendaraan.

Total penjualan kendaraan di Indonesia hingga Oktober 2020 sekitar 454 ribu unit. Tahun lalau untuk periode yang sama tercatat lebih dari 849 ribu unit kendaraan sudah terjual secara ritel. Penurunan sebesar 47 persen jelas menjadi pukulan telak bagi GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) yang sebelum datang pandemi sempat mencanangkan angka penjualan melebihi 1 juta unit.

Namun perlahan penjualan kendaraan kembali meningkat pada bulan-bulan berikutnya. Bulan Juni penjualan ritel kendaraan di Indonesia meningkat 75 persen menjadi 30 ribu unit. Lalu di bulan Juli ada peningkatan 20 persen menjadi 36 ribu unit. Lanjut ke bulan Agustus angka penjualan sampai di 38 ribu unit atau meningkat sedikit. September total penjualan kendaraan roda empat tembus 43 ribu unit atau mengalami peningkatan 15 persen. Trend positif terus berlanjut hingga bulan Oktober lalu yang sukses mengalami pertumbuhan 6 persen dengan total angka penjualan 46 ribu unit.

Produsen mobil asal Jepang, Daihatsu turut berkontribusi pada pemulihan pasar otomotif Indonesia. Bulan September saja Daihatsu sukses menjual 7,7 ribu kendaraan. Kemudian di Oktober angka tersebut bertambah menjadi 8,1 ribu kendaraan. Total sepanjang 2020 Daihatsu berhasil menjual lebih dari 81 ribu kendaraan. Menariknya walaupun angka ini mengalami penurunan sebanyak 43 persen di banding periode yang sama tahun lalu, tetapi Daihatsu justru mengalami pertumbuhan market share dari 16,9 persen menjadi 18 persen. Performa penjualan ini masih sukses menjadikan Daihatsu sebagai brand otomotif terlaris kedua di Indonesia di bawah Toyota.

Kontributor utama penjualan Daihatsu ditengah kondisi pandemi masih dipegang GranMax. GranMax sukses terjual sekitar 27 ribu unit di tahun ini. Artinya GranMax menguasai 33,2 persen dari keseluruhan penjualan kendaraan Daihatsu dari Januari-Oktober 2020. GranMax di periode yang sama tahun lalu sebelum pandemi memang terjual lebih banyak, yakni 42 ribu unit. Tetapi saat itu selisih penjualan kendaraan niaga ini tak terpaut terlalu jauh dengan Daihatsu Sigra yang terjual sekitar 41 ribu kendaraan.

Menurut Daihatsu, pertumbuhan GrandMax sebagai kontributor utama penjualan Daihatsu sejalan dengan perkembangan ekonomi Indonesia. Segmen kendaraan komersil Daihatsu di bulan Oktober 2020 mencatatkan penjualan 8.135 unit dengan GranMax Pick up di peringkat pertama.

Pemulihan pasar otomotif ini sejalan pemulihan perekonomian Indonesia. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia tercermin pada Produk Domestik Bruto (PDB) secara Year on Year (YoY). Walaupun mengalami resesi namun terjadi peningkatan positif. Kuratal kedua PDB Indonesia tercata di posisi -5,32 persen namun berhasil bangkit menjadi -3,49 persen pada kuartal ketiga. Menurut lembaga internasional WEO – IMF (World Economy Outlook – International Monetary Fund) pada Oktober 2020, persentase penurunan ekonomi Indonesia sebesar 1,7 persen dikatakan relatif lebih baik dibanding kondisi perekonomian negara lainnya.

Pertumbuhan angka penjualan dan pemulihan perekonomian Indonesia dipandang sebagai motivasi oleh Daihatsu dalam menatap masa depan mereka di Indonesia paska pandemi. Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Divisions Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam temu virtual bersama waratan hari ini (19/11) mengatakan, “Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatat hasil positif. Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat terus membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan.”

Setelah GranMax, Daihatsu Sigra menyumbang penjualan terbanyak kedua dengan angka penjualan 21.700 unit. Di posisi ketiga ada Daihatsu Terios yang terjual sebanyak 11.900 unit sepanjang Januari-Oktober 2020. Daihatsu Ayla (10.500 unit), Xenia (8.000 unit), Luxio (1.700 unit) dan Sirion (800 unit) masing-masing berkontribusi mengangkat pertumbuhan perekonomian Indonesia meski angka penjualannya jauh lebih rendah dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Toyota Gazoo Racing Tampilkan Hilux Bermesin V8 Yang Akan Turun Di Rally Dakar 2021

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...