Beranda New Cars Peduli Lingkungan, VW Golf Kini Punya Varian Berbahan Bakar Gas

Peduli Lingkungan, VW Golf Kini Punya Varian Berbahan Bakar Gas

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Sudah setahun lebih Volkswagen (VW) Golf Mk.VIII beredar, sebagai salah satu hatchback paling terkenal di pasar otomotif. Bersamaan dengan generasi baru ini, VW hadirkan pula varian baru yang lebih perhatikan kelestarian lingkungan. Golf TGI resmi bergabung sebagai varian yang memanfaatkan bahan bakar energi gas.

Bukan, Anda atau penulis ini tidak mengalami disleksia, namanya memang Golf TGI. Memang sepintas mengira nama varain adalah versi typo dari GTI. Namun TGI dan GTI punya filosofi yang berbeda untuk Golf. Kalau GTI identic denhan performa tinggi, TGI justru sebaliknya, mengunggulkan hemat energi.

Basis mesin peminum CNG (Compressed Natural Gas) sejatinya tidak banyak berbeda dari mobil biasa. Bukan hal mustahil juga bila sebuah kendaraan berbahan bakar bensin dikonversi ke bahan bakar gas. Golf TGI sendiri memanfaatkan mesin 1,5 liter turbo yang sanggup melontarkan tenaga 128 hp dengan torsi 200 Nm. Secara output berada di tengah antara Golf 1.5 TSI dan base model 1.0 TSI.

Oke, urusan output dipastikan bukan sebuah monster. Tapi kalau adu irit dan ramah lingkungan, Golf TGI boleh diandalkan. Bukan sekadar modifikasi pada sistem penyaluran bahan bakar, unit 1,5 liter TGI beroperasi dengan siklus Miller. Proses pembakaran ini diklaim menghasilkan emisi karbon lebih rendah. Efisiensi pun tetap terjaga lantaran memiliki rasio kompresi setinggi 12,5:1.

Dari data Volkswagen disebutkan ia menduduki kelas efisiensi A+. Tercatat emisi CO2 sebesar 98 – 95 g/km dalam perhitungan NEDC (New European Driving Cycle). Sementara itu, ia menenggak 3,6-3,5 kg CNG per 100 km (kombinasi). Sebagai perbandingan, Golf 1,0 liter eTSI mild hybrid – yang hanya membuncahkan 108 hp – mengeluarkan emisi karbon 102-98 g/km dengan konsumsi BBM kombinasi 4,5 – 4,3 l/100km.

Jelas lebih cuan dan ramah lingkungan meski tidak sebaik varian PHEV. Ambil contoh di Jerman sebagai bahan perbandingan. Melansir Fuelo, rerata harga CNG adalah 1 Euro sementara bensin oktan 95 sekitar 1,27 Euro. Terlihat jelas perbedaannya. Setelah dihitung, unit TGI hanya menghabiskan 3,6 Euro per 100 km sementara model 1,0 liter eTSI perlu sekitar 5 Euro untuk jarak yang sama. Terbukti bisa lebih irit dan ramah lingkungan tanpa mengompromikan tenaga.

Kembali ke VW Golf TGI, ia dibekali tangki CNG sebesar 115 liter atau 17,3 kg. Bersamaan dengan itu, dibenamkan pula tangki BBM 9 liter sebagai cadangan bila bahan bakar gas habis. Kendati begitu, tidak ada perbedaan signifikan dari luar. Ia tetap membawa lenggokan sebuah hatchback VW di generasi ke-8 dengan penyesuaian desain yang tidak begitu kentara ketimbang generasi sebelum.

Jajaran Golf Ramah Lingkungan

Seperti disebutkan di awal, Golf tersedia dalam banyak rasa terutama pada jajaran ramah lingkungan. Pemisahannya sendiri terbagi atas tiga tingkatan mild hybrid dan dua PHEV. Line up mild hybrid menganut teknologi 48V, diawali Golf 1.0 eTSI dengan output 108 h. Di atasnya ada 1.5 eTSI, sanggup melontarkan tenaga 147 hp. Belum selesai sampai disitu, pabrikan akan mengenalkan satu varian bertenaga 129 hp di 2020 ini. Semua model tadi tersedia dalam trim Life (praktis), Style (eksklusif), dan R-Line (sporty).

Untuk model PHEV sendiri terbagi atas dua strata. Pintu masuknya dijaga Golf eHybrid, memiliki output sistem 201 hp dengan daya jelajah kombinasi sampai 870 km. Kursi puncak diduduki oleh GTE, versi ekuivalen dari sang ikon GTI. Siap hadirkan tenaga sampai 241 hp berikut tetap efisien lantaran punya daya tempuh kombinasi 745 km. Sebagaimana sebuah PHEV, baterai dapat diisi dari sumber eksternal. Pun velositas dapat tercipta oleh motor listrik, mesin TSI, atau kombinasi keduanya.

Sumber: Volkswagen, Fuelo.net

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...