Pasar Meningkat, MINI Rakit New Countryman di Indonesia 

JAKARTA, 6 September 2018 – Menyusul peluncuran pertamanya pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu, kini batch pertama New MINI Countryman rakitan lokal telah selesai dan akan segera didistribusikan ke dealer dan para konsumen. Ini adalah MINI rakitan lokal pertama sejak kehadiran resminya di Indonesia pada tahun 2011.

Perayaan rampungnya batch pertama produksi lokal New Countryman berlangsung hari ini, Kamis (6/9/2018), di fasilitas BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. Pada batch pertama ini, telah dirakit 48 unit Countryman.

Ini menjadi produk MINI pertama yang dirakit langsung di Indonesia. Hal ini menyusul terus bertumbuhnya permintaan pasar Indonesia untuk model MINI terbesar dan terlengkap fiturnya ini. Dua varian Countryman dirakit di Sunter yakni MINI Cooper Countryman dan Cooper S Countryman Sports.

“Indonesia merupakan pasar yang penting untuk strategi ini dan MINI memiliki potensi besar baik dalam jangka waktu menengah maupun jangka panjang. Inilah salah satu alasan MINI Indonesia memutuskan untuk merakit New MINI Countryman secara lokal,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

“Pertumbuhan ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penggemar MINI baru di Indonesia yang mendorong keputusan MINI untuk hadirkan New MINI Countryman lokal,” kata dia menambahkan.

Fasilitas BMW Group Production 2 Gaya Motor sebelumnya juga sudah digunakan untuk perakitan lokal sejumlah model andalan BMW mulai dari Seri 3, 5, 7, X1, X3, sampai X5. Untuk Countryman lokal, BMW Group Indonesia menambah investasi strategis yang dilakukan bersama PT Gaya Motor dan PT Tjahja Sakti Motor.

“Kegiatan ini tunjukkan kemampuan PT Gaya Motor dalam merakit kendaraan, menjamin pengendalian kualitas, dan memastikan manajemen sumber daya yang efektif dalam kegiatan produksi New MINI Countryman. Ini tentunya merupakan sejarah baru untuk PT Gaya Motor maupun industri otomotif di Indonesia secara keseluruhan,” jelas Presiden Direktur PT Gaya Motor, Ary Mariano.

Dengan telah dirakit lokal, Countryman menawarkan harga yang lebih terjangkau dari sebelumnya yang diimpor, masing-masing Rp 599 juta untuk New Cooper Countryman dan Rp 769 juta untuk New Cooper S Countryman Sports. Harga tersebut dalam kondisi off the road.

WAHYU HARIANTONO