Beranda Updates Pasang Target Optimistis, Toyota Yakin New Hilux Laris

Pasang Target Optimistis, Toyota Yakin New Hilux Laris

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota Hilux akhirnya mendapatkan penyegaran di Indonesia. Generasi kedelapan yang hadir di Tanah Air pada 2015 dibuat makin atraktif. Sekaligus dibenahi spesifikasinya agar lebih mumpuni. Ini menjadi langkah berani dari pabrikan Jepang. Mengingat kondisi belakangan tak kondusif akibat pandemi.

Optimisme Toyota sendiri didasari tren kendaraan komersial yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Diharapkan kedatangan produk anyar dapat terus menggenjotnya. Kemudian mematok target tinggi.

Dikatakan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), retail sales segmen komersial dari 2017 ke 2019 naik signifikan. “Range-nya 22 sampai 24 persen. Tepatnya untuk tahun lalu di 23,8 persen. Sementara kontribusi tahun ini signifikan, hampir 25 persen atau 24,8 persen,” jelasnya saat jumpa virtual media.

Pikap andalan Toyota pun mulai menunjukkan capaian positif. Berdasarkan varian, single cabin, baik berpenggerak 4×2 maupun 4×4 tumbuh dari 1,1% pada 2018 menjadi 1,3% sepanjang 2020. Komposisi paling besar berasal dari double cabin yang dapat menyasar sektor fleet maupun personal.

Pada 2018 kontribusinya 1,7%, naik jadi 2% di tahun berikutnya. Kemudian signifikan menyentuh 2,5% pada 2020. Pabrikan pun melihat Hilux merupakan produk penting. Makanya perlu adanya pembaruan, untuk memenuhi permintaan konsumen.

Tak hanya itu, produsen yang mempunyai banyak lini hybrid turut memasang target cukup tinggi. 600 unit. Dalam catatannya, sepanjang semester pertama ini atau sampai Juli, Hilux terjual sebanyak 2.400 unit. Berarti tiap bulannya terjual sekitar 400-an unit. “Harapan kami minor change bisa meningkatkan, seiring recovery market dan ekonomi,” ungkapnya.

Keyakinan ini dilatari pengembangan Hilux yang mampu menyasar beragam kalangan, baik high maupun low. Sebelumnya diakui Jimmi, pikap lebih terfokus pada pasar medium-high. Adapun banderol Hilux untuk single cabin di rentang Rp 241,7-349,35 juta; dan double cabin dipatok mulai Rp 429,75 – 492,8 juta.

Sebagai gambaran, varian tertinggi dapat dimanfaatkan tingkat manajemen. Level menengah ada tipe G, banyak digunakan tim operasi seperti engineer atau researcher. Kemudian single cabin yang menjadi pilihan paling termurah dapat dijadikan pengangkut peralatan atau untuk level operator.

“Perlu dicatat, salah satu pembeli terbesar datang dari pemerintah. Kemudian industri yang bergerak di pertambangan, manufaktur, perkebunan, konstruksi dan trading. jika dibagi, rasio penjualan serta komposisinya adalah 60% untuk double cabin dan 40% single cabin. Sementara dari sisi penjualan, double cabin 70% pasar fleet dan 30% retail. Untuk single cabin, 55% fleet dan 45% retail,” imbuh Anton Jimmi.

Ubahan Spesifikasi

Bertampang tangguh, Hilux justru mendapat revisi suspensi agar lebih nyaman. Ini berdasarkan permintaan dari konsumen, yang mengeluhkan setingan peredaman terlalu keras pada model terdahulu. Walau memang secara fungsi bakal mendukung.

Penyempurnaan meliputi bagian depan dan belakang. Susunan leaf spring dirancang ulang sehingga tetap nyaman melintasi jalan rusak sekalipun. Sekaligus memastikan mobil tidak limbung saat bermanuver di tikungan tajam atau berpindah jalur.

Ubahan kedua berada di setelan kemudi. Memanfaatkan Variable Flow Control pada double cabin tipe G dan V. Imbuhan itu membuat setir lebih ringan diputar, tapi tetap presisi mengarahkan ban. Uniknya, ini diklaim berpengaruh pada efisiensi konsumsi bahan bakar hingga 5%.

Ingin menyasar semua kalangan, soal perangkat keselamatan turut disebar proporsional. Vehicle Stability Control kini dipasangkan pada tipe G, tak lagi cuma varian atas. Handling pun terjaga dan terhindar dari oversteer maupun understeer. Perlindungan ekstra berupa kantung udara ganda Bersama kneebag dibenamkan. Sementara tipe termahal lebih lengkap hingga 7 airbag.

MUHAMMAD HAFID

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...