Paris Bebas Mobil Diesel pada 2024 dan Bensin pada 2030

Paris
PARIS, 15 Oktober 2017 -- Pihak berwenang Paris, Prancis, mengumumkan rencana melarang semua mobil dengan mesin pembakaran internal dari jalan-jalan kota pada tahun 2030. Rencana ini merupakan bagian dari program menjadikan Paris sebagai kota bebas karbon pada tahun 2050.

Langkah ini merupakan perluasan dari rencana awal Wali Kota Paris Anne Hidalgo untuk melarang mobil bermesin diesel pada tahun 2024. Selanjutnya, mobil yang juga akan dilarang lalu-lalang di Paris adalah mobil bermesin bensin pada tahun 2030.

"Langkah ini merupakan rencana jangka panjang sebagai bagian dari strategi mengurangi gas rumah kaca. Transportasi adalah salah satu produsen gas rumah kaca utama, jadi kami merencanakan keluar dari kendaraan dengan energi fosil pada tahun 2030," kata Christophe Najdovski, pejabat yang bertanggung jawab atas kebijakan transportasi di kantor wali kota Anne Hidalgo.

Hal ini juga terkait rencana pemerintah Prancis, lewat menteri ekologi Nicolas Hulot yang menyatakan bahwa negara tersebut akan melarang penjualan kendaraan bertenaga bensin dan diesel pada tahun 2040.

Selain Paris, Prancis, kota dan negara lain juga memutuskan untuk mengikuti langkah yang sama adalah Inggris, Madrid (Spanyol), Athena (Yunani), Mexico City (Meksiko) dan yang terakhir, Belanda.

Sebelumnya, Paris telah mengambil banyak kebijakan untuk mengurangi polusi udara yang meningkat di kota ini. Salah satunya adalah membatasi kendaraan yang diproduksi sebelum 1997 untuk memasuki pusat kota juga pemberlakukan car free day.

Pemerintah Prancis juga menghapuskan insentif pajak mobil diesel mulai tahun depan. Hal ini dilakukan untuk mendorong warga membeli mobil yang lebih ramah lingkungan. Beberapa pabrikan mobil negara tersebut mengatakan siap mengembangkan beberapa kendaraan tanpa emisi.

RAJU FEBRIAN

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya