Beranda Updates Ngebut di Jalan Tol Bakal Ditilang, Operator Siapkan CCTV

Ngebut di Jalan Tol Bakal Ditilang, Operator Siapkan CCTV

Ilustrasi (Foto: mitsubishi.co.id)
daihatsu giias 2019

JAKARTA, 14 Mei 2019 – Para pemudik Lebaran 2019 yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya berhati-hati di jalan tol Trans Jawa. Pasalnya, selain berbahaya Korlantas Polri bersama Dinas Perhubungan akan memantau selama 24 jam. Bahkan polisi juga siap menerapkan tilang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah telah memberlakukan sistem tilang. “Kami akan bekerja sama dengan operator jalan tol meminta mobil melaju dengan kecepatan kurang dari 100 kilometer per jam,” kata Budi di Surabaya, Minggu (12/5/2019) kemarin.

Pemberian sanksi tilang menjadi wewenang Korlantas Polri. Sedangkan Kementerian Perhubungan bakal memastikan mekanisme pemantauan laju kendaraan berjalan optimal.

Pantauan terhadap laju kendaraan dilakukan melalui kamera-kamera perekam yang sudah terpasang di beberapa titik jalan tol. Pemasangan kamera perekam alias CCTV ini telah dilakukan sebelumnya oleh PT Jasa Marga selaku operator.

Sedikitnya 75 CCTV telah akan dipasang di sepanjang jalan tol Semarang-Batang guna memantau arus lalu lintas jelang Mudik Lebaran 2019. Kemenhub menyatakan pengemudi yang melaju dengan kecepatan di atas 100 km/jam akan ditilang.

Kapolda Jateng Rycko Amelza, mengatakan, keberadaan CCTV bisa membantu tugas polisi saat melakukan pengamanan arus mudik yang diprediksi akan mulai terjadi pada 26 Mei 2019. Pihaknya mengupayakan pada 24 Mei semua CCTV sudah terpasang dan bisa dilakukan simulasi.

“Secara fisik, untuk tol dari Semarang-Batang, sudah 70 persen terbangun dan hingga kini terus dalam proses penyempurnaan. Untuk layanan masyarakat sendiri, Insya Allah, pada 24 Mei mendatang, semuanya sudah bisa dibuka. Sehingga, diharapkan dapat memberikan kenyamanan dalam arus mudik maupun arus balik,” kata Rycko, seperti yang dikutip dari suaramerdeka.com, Minggu (12/5).

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza