Mobil Sean Gelael Yang Ringsek di Meikarta Adalah Spek WRC

JAKARTA, Carvaganza – Kecelakaan dalam ajang balapan dan motorsport itu hal biasa. Pembalap sehebat apapun, pernah kecelakaan. Sekelas Michael Schumacher, Lewis Hamilton, pereli dunia Carlos Sainz, juara dunia Kimi Raikkonen bahkan juara dunia WRC Sebastian Loeb pernah mengalami nasib naas. Dan fatal.

Makanya dunia balapan, terutama pembalap, menyadari pentingnya safety. Kendaraan yang dipakai harus benar-benar mumpuni. Mereka menyadari Motorsport Can Be Dangerous.

Pembalap single seater GP2 asal Indonesia Sean Gelael dan tim sadar hal itu. Makanya ketika Sabtu kemarin (27/11) Ia kecelakaan pada Kejurnas Sprint Rally di Meikarta, Sean selamat tanpa cedera. Begitu pun dengan ‘navigatornya’ Bambang Soesatyo, Ketua IMI dan Ketua MPR RI, yang juga selamat tanpa cidera apa-apa. Bahkan Bambang malah ikutan drifting lagi.

Mobil reli Sean Gelael

Dari video yang beredar viral, mobil reli Citroen C3 R5 itu melaju dalam kecepatan tinggi di lintasan tanah, lalu terbang sebentar. Ketika mendarat menghantam gundukan tanah yang ada di tengah lintasan, mantul ke atas lantas langsung mendarat dengan posisi menancap tanah lalu terguling 3 kali. Citroen ringsek abis.

Mobil reli itu adalah satu dari dua mobil yang dipesan langsung Sean Gelael dari Prancis. Datang ke Indonesia pada awal bulan November 2019 dan pada 22 – 23 Novembernya dipacu di Kejurnas Reli Medan, Sumatra Utara. Di ajang reli WRC dikenal dengan sebutan Citroen C3 Rally2. Mobil dibuat oleh Citroen World Rally Team dengan basis mobil jalan raya Citroen C3 namun dibangun atas dasar regulasi R5.

Menurut ayah Sean Gelael, Ricardo Gelael yang juga dikenal sebagai pereli veteran dan pengusaha, pemilihan mobil ini atas rekomendasi Carlos Sainz yang merupakan teman dekatnya. Sainz sendiri adalah juara dunia reli WRC tahun 1990 dan 1992. Anak Carlos Sainz juga menjadi pembalap yakni Carlos Sainz Jr. , yang pernah balapan dengan Sean Gelael di kejuaraan GP 2 atau sekarang dikenal Formula 2 (F2). Ajang balapan yang satu tingkat berada di bawah Formula 1 dan memang dijadikan feeder ke balapan single seater terkencang di dunia itu.

mobil reli Sean Gelael

Mobil Citroen yang digeber Sean memang betul-betul spek reli dan diproduksi Citroen langsung untuk ajang ini. Semuanya sudah homologasi FIA. Konon harganya dua tahun lalu mencapai kisaran 280 ribu euro per unit. Pada tahun 2019, mobil ini menyabet gelar juara di tiga putaran WRC di Prancis dan Spanyol serta memenangi sejumlah kejuaraan lainnya.

C3 R5 ini dilengkapi mesin 4 silinder turbocharge 1.6 liter Citroen Racing. Menghasilkan tenaga 285 hp pada 5000 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 4000 rpm. Dikombinasikan dengan transmisi Sadev 5-speed sequential gearbox - Manual control yang mengalirkan tenaga ke keempat rodanya.

Pada bagian struktur chassis telah diperkuat ulang plus roll-cage multi point. Sedangkan bodinya terbuat dari baja dan serat komposit. Untuk pengereman mendapat teknologi khusus dari Citroen untuk ajang reli WRC. Bagian depan mengadopsi Ventilated disks, 355mm (tarmac) and 300mm (gravel), Alcon 4-pistons calipers. Sedangkan belakang Ventilated disks, 355mm (tarmac) and 300mm (gravel) - Alcon 4-pistons calipers. (ALVANDO NOYA/EK)

Baca juga:  Mobil Reli Sean Gelael Atas Rekomendasi Carlos Sainz Langsung

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya