Beranda Updates Mobil Listrik VW ID.R Incar Rekor Lap Mobil F1

Mobil Listrik VW ID.R Incar Rekor Lap Mobil F1

WOLFSBURG, Caravaganza.com – Volkswagen (VW) masih lapar ingin memecahkan rekor baru dengan ID.R, mobil balap bertenaga listrik. Kali ini, rekor lap sirkuti Sonoma di California menadi incara Volkswagen, yang saat ini dipegang oleh mobil F1.

Rekor lap tercepat di Sonoma Raceway saat ini dipegang oleh mobil F1 milik Mercedes, dari mobil W07 Hybrid edisi tahun 2016. Jika berhasil, rekor di Sonoma akan menambah koleksi untuk ID.R setelah Pikes Peak, Nurbugring, dan Goodwood.

VW saat ini tengah mempersiapkan diri untuk upaya pemecahan rekornya yang kesekian kali, salah satunya mengembangkan ID.R versi terbaru. Kabarnya, VW akan memecahkan rekor dengan mengandalkan generasi kedua dari ID.R, seperti dilansir Autocar.

ID.R terbaru kemungkinan baru akan dibawa ke Sonoma pada paruh kedua tahun ini, menunggu selesainya tahap pengembangan dan pengujian. Serangkaian pengujian dijadwalkan untuk ID.R Mk.II, termasuk kembali tampil di Goodwood Festival of Speed 2020 di Inggris.

“Kami merebut rekor keseluruhan dengan mesin saat ini, tapi kami mencatat waktunya pada hari Sabtu dan Duke of Richmond bilang ke kami ‘akan bagus kalau kalian kembali lagi dan melakukannya di percobaan hari Minggu,” kata Sven Smeets, bos dari Volkswagen Motorsport.

Rekor Sonoma saat ini dipegang oleh Mercedes W07 Hybrid, saat pada sebuah acara digeber oleh Esteban Gutierrez. Berlangsung saat Sonoma Speed Festival 2019, Gutierre mencetak rekor tidak resmi di sirkuit sepanjang 3,838 kilometer itu dengan lap time 1 menit 15,430 detik.

Generasi ID.R saat ini dipersenjatai powertrain motor listrik dengan total tenaga 671 hp, menggerakkan seluruh rodanya. Dikembangkan pertama kali untuk ikuti Pikes Peak Hillclimb, eksterior IR.R menampilkan aerodinamika agresif dengan sayap besar di bagian belakang.

“California adalah tempat yang tepat untuk melakukannya dengan mobil listrik. Kami ingin mencatat rekor dan mobil F1 Mercedes adalah target kuat untuk dikalahkan. Dating ke Sonoma dengan target mengalahkan sebuah rekor dari mobil F1 menunjukkan bahwa kami ada di puncak teknologi,” tambah Smeets.

Rekor Pikes Peak menjadi kesuksesan perdana ID.R pada tahun 2018, sebelum kemudian disusul oleh rekor di Nurburgring dan Goodwood pada tahun 2019 lalu. Ketiga rekor tersebut diraih VW dengan mempercayakan kemampuan pembalap Romain Dumas di balik kemudinya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Belum Resmi Dijual, Mercedes Maybach GLS600 Sudah Sampai Ke Tangan Ludacris

Sudah bukan rahasia lagi, Ludacris sangat gemar mengoleksi mobil. Garasi rumah selebriti pemegang paspor Gabon dan Amerika Serikat itu dihuni mobil-mobil mewah seperti Lamborghini,...

Xpander Rally Team Siap Terjun di Kejuaraan Sprint Rally di Meikarta

JAKARTA, Carvaganza -- Xpander Rally Team (XRT) menyambut optimis pelaksanaan Meikarta Sprint Rally Drifting & Slalom Series 2020 yang akan diadakan di Meikarta, Cikarang,...

Hennessey VelociRaptor V8 Bronco, Predator Purba Bertenaga 758 HP

Kalau di Indonesia sekarang lagi ramai membicarakan Suzuki Jimny generasi terbaru. Kuota terbatas membuat mobil ini diburu para kolektor dan penggemar mobil bergaya offroad....

Gara-Gara Kaca Belakang, Ribuan Ferrari 812 Superfast Kena Recall

MARANELLO, Carvaganza.com – Ferrari 812 Superfast merupakan model Ferrari dengan mesin V12 terganas di line up saat ini. Unutk bisa menikmati performa maksimalnya, mobil...

5 Mobil Jerman Jadul Yang Layak Dikoleksi Kalau Punya Duit

Mobil Jerman. Istilah itu identik dengan kemewahan, nyaman, bertenaga, mahal dan kalau sudah tua dibilang ringkih. Tidak semua benar. Terutama poin terakhir. Mobil tua,...