Beranda New Cars Mobil Konsep Mercedes-Benz Ini Mirip dari Film Avatar
CES 2020

Mobil Konsep Mercedes-Benz Ini Mirip dari Film Avatar

LAS VEGAS, Carvaganza.com – Sebuah mobil konsep ditampilkan oleh Mercedes-Benz pada Consumer Electronics Show (CES) 2020, yang terinspirasi dari film Avatar. Dengan nama Mercedes-Benz Vision AVTR, mobil ini berpenampilan mirip dengan karakter film tersebut.

Seperti di film, Vision AVTR berkonsep pada perhatian koneksi antara manusia, mesin dan alam, seperti yang diterapkan bangsa Na’vi di Pandora dalam film Avatar. Mengambil konsep dari film keluaran 2009 lalu itu, Mercedes ingin menunjukkan bagaimana mobil di masa depan nanti.

Munculnya konsep ini hampir bersamaan menyusul kabar akan dibuatnya sekuel dari film Avatar. Bukan kebetulan, karena memang konsep ini dirancang atas kolaborasi Daimler dengan franchise film Avatar, yang pernah didaulat sebagai film terlaris sepanjang masa (sebelum disusul Avengers: Endgame).

Bentuk eksterior konsep ini layaknya sedan coupe, memiliki sebanyak 33 panel body (flap) multifungsi yang dapat bergerak seirama layaknya gerakan makhluk Pandora. Selain estetika, flap ini juga berfungsi menciptakan aerodinamika yang efisien.

Konsol Penggerak

Tidak seperti mobil-mobil di pasar saat ini, Vision AVTR tidak punya instrumen pengendali tradisional seperti setir dan pedal. Untuk mengendalikan mobil, pengemudi hanya perlu menggerakkan konsol di tengah, yang akan membaca beragam biometrik, termasuk denyut nadi.

Bagian lain dari interior dirancang mengalir mengikuti kenyamanan penumpang, sekaligus memberi kesan terbuka. Ada juga aksen pencahayaan yang menjadi khas Vision AVTR, serta rangkaian ornamen yang terbentuk oleh pahatan.

Tidak hanya canggih, interior Vision AVTR juga menggunakan material ramah lingkungan bernama kulit Dinamica sebagai trim pelapis, yang dibuat dari campuran daur ulang kain bekas, bendera, serta botol plastik PET. Sedangkan untuk lantainya menggunakan paduan kayu Karuun, dibuat dari rotan yang melimpah salah satunya dari Indonesia.

Tenaga Listrik

Tentunya Vision AVTR yang futuristik ini bertenaga listrik, menggunakan baterai revolusioner 110 kWh dengan sel organic berbasis grapheme yang 100% bisa didaur ulang dan bebas logam mahal dan beracun. Baterai bahkan bisa diisi ulang dalam 15 menit, untuk mendapatkan jarak tempuh 700 km.

Sumber tenaga tadi digunakan untuk mengoperasikan empat motor listrik independen, yang jika digabungkan menghasilkan tenaga 470 hp.

Dengan konsep dan teknologi yang luar biasa ini, mungkinkah Vision AVTR akan ikut muncul dalam sekuel film Avatar yang dijadwalkan tayang pada tahun 2021?

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Honda Ajak Jurnalis Test Drive Performa New Civic Hatchback RS

JAKARTA, Carvaganza.com – New Honda Civic Hatchback RS menjadi model yang mengawali kehadiran rangkaian model baru Honda tahun ini di Indonesia. Civic Hatchback versi...

5 Kendaraan Komersial Baru Siap Meluncur di GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com -- Pameran otomotif khusus kendaraan komersial GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 akan berlangsung pada 5-8 Maret 2020. Event yang...

Beli Peugeot Allure Plus, Ada Bunga 0% di Astra Auto Fest 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot memanfaatkan ajang Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19-23 Februari 2020 untuk mempromosikan duo SUV barunya. Tak ketinggalan promo...

Toyota Alphard dan Vellfire 2020 Kini Pakai Radar, Harga Naik Berapa?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sebagai MPV Premium, Toyota Alphard dan Vellfire, sebenarnya sudah dilengkapi berbagai fitur yang mumpuni. Kini di awal 2020, keduanya mendapat upgrade...

Ini Spesifikasi dan Perbedaan 3 Varian Suzuki XL7

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki akhirnya ikut bermain di segmen sport utility vehicle (SUV). Kehadiran mereka ditandai dengan peluncuran Suzuki XL7. Tak hanya tampilan, XL7...