Beranda Updates Mantan Bos FCA dan Ferrari, Sergio Marchionne Meninggal Dunia

Mantan Bos FCA dan Ferrari, Sergio Marchionne Meninggal Dunia

TURIN, 26 Juli 2018 – Keluarga besar Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dirundung duka mendalam, atas kepergian Sergio Marchionne yang meninggal dunia pada hari Rabu (25/7/2018) lalu. Kabar duka ini menyusul mundurnya Marchionne dari jabatan CEO FCA, beberapa hari lalu.

Marchionne wafat pada usia 66 tahun, akibat mengalami kompliasi yang dialaminya setelah menjalani operasi bahu di Zurich, Swiss. Kondisi kesehatannya yang memburuk kemudian memaksanya untuk mundur dari jabatannya, termasuk sebagai Presiden dan CEO Ferrari.

“Sayangnya, apa yang kami takutkan telah terjadi. Sergio Marchionne, pria dan teman, telah pergi,” tulis pernyataan resmi Chairman FCA, John Elkann.

Komplikasi dari operasi bahu membuat kondisi kesehatan Marchionne memburuk, yang dilaporkan oleh FCA membuatnya tidak bisa untuk kembali bekerja seperti sebelumnya. Sebelumnya, Marchionne telah merencanakan pensiun pada tahun depan, namun kondisi kesehatan ternyata membuatnya harus pensiun lebih awal.

Pria kelahiran 1952 itu telah menjadi sosok yang berjasa menyelamatkan Fiat Group dari kebangkrutan, saat menjalin aliansi dengan Chrysler. Sejak itu, harga saham Fiat terus meningkat berkali-kali lipat.

Marchionne diangkat menjadi anggota independen dari Board of Director Fiat pada 2003, yang pada setahun kemudian ditunjuk menjadi CEO. Jabatan sebagai CEO Chrysler dipegangnya mulai tahun 2009, sebelum akhirnya menyatukan Fiat dan Chrysler pada tahun 2014.

Terakhir kali Marchionne tampil di hadapan public adalah saat meresmikan Jeep Wrangler terbaru sebagai armada polisi militer Italia. Sementara saat ini posisinya digantikan oleh Mike Manley dari Jeep.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza