Lucunya Daihatsu Copen GR Sport Racikan Toyota Ini!

JAKARTA, Carvaganza.com – Gazoo Racing (GR) didirikan pada 2007 sebagai brand motorsport dan performance Toyota. Divisi ini punya beberapa disipllin balap, mulai dari World Rally Championship, World Endurance Championship dan Cross-Country Rally. Pengalaman balap Gazoo Racing dituangkan untuk mobil produksi masal Toyota.

Ada dua kategori performa, GR Sport untuk tingkat menengah dan GRMN untuk yang lebih ekstrim. Beberapa produk Toyota dengan predikat GR Sport dan GRMN diantaranya mulai dari Yaris GR Sport, Toyota Century GRMN sampai mobil prototipe Super Sport Hypercar bertenaga 1.000 hp.

Menariknya, tak hanya mobil-mobil Toyota saja yang digarap oleh Gazoo Racing. Toyota mulai melirik salah satu anak perusahaannya, Daihatsu. Kei car bermesin 660 cc, Daihatsu Copen disempurnakan ulang oleh insinyur Gazoo Racing. Mobil 2-pintu beratap convertible itu mendapat sentuhan mekanikal dan visual untuk meningkatkan performa berkendaranya.

Lantaran masih masuk dalam kategori kei car, mesinnya tak mengalami perubahan. Tetap digunakan mesin 660 cc yang bertenaga 63 hp. Depot mekanis 3-silinder itu terhubung dengan pilihan transmisi manual 5-speed ataupun transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) dengan paddle-shift 7-speed.



Gazoo Racing fokus menggarap kualitas berkendara mobil ini. Suspensi disetel ulang dengan merevisi spring rate dan peredamannya ditingkatkan dengan menggunakan shock absorber baru. Kemudian struktur rangka Daihatsu Copen GR Sport dibuat lebih rigid dengan penambahan front brace dan center brace didesain ulang. Tak lupa power steering elektris pun mendapat pembaharuan agar memberikan pergerakan kemudi yang lebih linear dengan pergerakan arah kendaraan.

Modifikasi kosmetik juga dilakukan. Termasuk mendesain ulang bemper depan, grille dan bemper belakang. Desain lampu depan dan lampu belakang LED Daihatsu Copen GR Sport juga berbeda dari Copen stander. Begitupun dengan rumah lampu kabutnya. Mobil ini berdiri di atas ban yang membalut velg BBS berwarna hitam. Sementara itu bagian dalamnya mendapat atmosfir sport berkat hadirnya lingkar kemudi dari Momo dan jok Recaro. Beberapa bagian interior juga diimbuhi aksen garis merah.



Lucu tapi keren bukan Daihatsu Copen GR Sport ini? Sayangnya mobil ini tak dipasarkan di Indonesia. Di Jepang kei car bertampang agresif ini sudah dijual sejak 2019 lalu dengan harga mulai sekitar Rp 311,3 juta sampai Rp 318,4 juta. Menariknya lagi, mobil ini tak hanya dijual di diler Daihatsu saja, tapi juga dipajang di beberapa showroom Toyota di Jepang. Bahkan tersedia paket aerodinamika berupa spoiler, side skirt dan trunk spoiler berlabel TRD.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Wow! Honda Tawarkan Diskon Akhir Tahun Sampai 90 Persen



Sumber: Daihatsu

Artikel yang direkomendasikan untuk anda