Lotus Emira GT4 Resmi Diperkenalkan, Siap Ramaikan Kelas Balap GT

  • Emira GT4
  • Emira GT4
  • Emira GT4

NORWICH, Carvaganza – Lotus Emira GT4 secara resmi diperkenalkan pada publik dengan menggunakan spesifikasi khusus balap. Hal tersebut sekaligus pembuktian Lotus dalam melakukan pengembangan performa GT dalam kendaraan produksinya.  

Pabrikan mendesain Lotus Emira GT4 dengan kelir hijau dan hitam di bagian eksteriornya lengkap bersama guratan garis tegas dan dua sisi lubang udara di bagian depan. Selain itu, Lotus Emira GT4 juga dibekali dengan sistem aerodinamika berupa sayap belakang dan meningkatkan downforce pada kendaraan. Selain itu Lotus Emira GT4 ini juga memiliki bobot kendaraan yang lebih ringan dibandingkan versi standarnya yakni 1.260 kg. 

Pada jantung pacunya, Lotus Emira GT4 dibekali dengan mesin V6 berkapasitas 3.5 liter yang merupakan hasil pengembangan Toyota dan mampu memuntahkan tenaga maksimal 400 hp. Di dalamnya interiornya dibuat dengan aura sport yang sangat kental lengkap dengan roll cage, sabuk pengaman enam titik dan alat pemadam api. Konsumen yang ingin memiliki Lotus Emira GT4 harus melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum kendaraan tersebut diproduksi.

Emira GT4

“Emira GT4 all-new adalah langkah menarik berikutnya setelah peluncuran mobil jalan raya Emira yang sangat sukses. Kami telah bekerja keras dengan tim di RML Group untuk memastikan mobil Lotus GT generasi berikutnya ini akan memberikan performa pemenang balapan,” kata Richard Selwin, manajer program balap Lotus.

Baca Juga: Mobil McLaren F1 Pertama Kimi Raikkonen Akan Dilelang, Berapa Harganya?

Lotus juga mengatakan GT4 dirancang sebagai langkah besar pabrikan untuk kembali melaju pada kompetisi balap internasional khususnya enduro dan menjadi kunci transformasi pabrikan ke dunia motorsport. Sebelumnya, Lotus memiliki Evora GT4 yang didesain untuk melahap ajang balap internasional seperti British GT, Dubai 24 hrs, Barcelona 24 hrs, European GT, Sepang 12 hrs dan Pirelli World Challenge. 

Dalam setiap menghadirkan modelnya, Lotus selalu menyiapkan dua spesifikasi kendaraan yang legal di jalan raya dan berorientasi pada kompetisi balap. Selain sebagai syarat homologasi, juga memberikan pengalaman serupa pada konsumen yang ingin merasakan sensasi balap khas Lotus.

Emira GT4

“Setiap mobil pelanggan akan menjadi mesin performa yang homologasi, dibuat dengan tangan dengan komponen dan peralatan motorsport ringan untuk memenuhi peraturan keselamatan terbaru,” tambah Richard.

Rencananya, Lotus akan mulai memproduksi beberapa unit GT4 pada 2022 saat kalender balap enduro dimulai. Belum ada konfirmasi berapa unit yang akan diproduksi, namun pabrikan memastikan akan terus menyediakan Emira GT4 sesuai dengan permintaan pasar global. Wujud Lotus Emira GT4 akan segera diperkenalkan pada ajang pengujian trek di Hethel, Inggris.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: 5 Visi Hyundai Untuk Otomotif Nasional, Gencarkan Elektrifikasi

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya