Logo Stellantis, Lambang Semangat Optimis Peugeot dan Fiat

JAKARTA, Carvaganza -- Logo punya arti dan makna sendiri yang ingin digambarkan. Tidak terkecuali Stellantis. Perusahaan joint venture antara Peugeot S.A. (PSA Groupe) dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Stellantis mengumumkan logo terbarunya ke publik.

Logo tersebut termasuk simpel dengan tulisan Stellantis dan warna dasar biru. Disebutkan logo tersebut menyimbolkan pesan mengenai kekayaan sejarah dari kedua grup besar. Kekuatan logo tersebut juga didasari dengan adanya 14 Brand yang kini berada di bawah Stellantis. Berbagai latar belakang dan keahlian para karyawan di balik berbagai brand tersebut.

Stellantis memilik filosofi dalam, diambil dari bahasa latin “stello” yang memiliki arti “menerangi bersama bintang”. Hal ini menjadi representasi dari semangat optimisme, energi, dan pembaharuan dari penyatuan berbagai brand ke dalam inovasi. Stellantis siap untuk menjadi pemimpin pada era baru mobilitas yang sustainable.

"Logo tersebut melambangkan kekayaan warisan perusahaan pendiri Stellantis dan kekuatan gabungan unik dari portofolio grup baru yang terdiri dari 14 merek otomotif , serta keragaman latar belakang profesional karyawannya. Bersama dengan nama Stellantis - yang akar bahasa Latinnya 'stello' berarti 'mencerahkan dengan bintang' - itu adalah representasi visual dari semangat optimisme, energi, dan pembaruan dari perusahaan yang beragam dan inovatif yang bertekad untuk menjadi salah satu pemimpin baru di era mobilitas berkelanjutan berikutnya," tulis keterangan resminya.

Baca juga: Peugeot dan Fiat Chrysler Bergabung, Bentuk Stellantis


Kolaborasi


Perkenalan logo terbaru tersebut menjadi langkah terkini dalam proses merger yang terjadi antara kedua brand tersebut. Ekspektasi penyelesaian merger ditargetkan rampung pada kuartal pertama 2021 sesuai dengan tata cara kultur dari PSA dan FCA.

Kesepakatan tersebut telah disetujui oleh Uni Eropa dan keduanya sudah mendapatkan restu dari pemegang obligasi PSA pada 28 Oktober 2020. Selain itu, Peugeot S.A telah mendapatkan otorisasi dari bank untuk melakukan merger untuk kedua Fasilitas Kredit Bergulir cadangan sebesar 3 miliar euro.

Perlu diketahui Grup PSA memiliki brand Peugeot, Citroen, DS Automobile, Vauxhall, dan Opel dan FCA merupakan pemilik brand dari Fiat, Chrysler, Alfa Romeo, Lancia, Jeep, Dodge, Maserati, dan RAM. Penyatuan kedua brand tersebut menjadi Stellantis akan menjadikan mereka menjadi sebuah raksasa otomotif baru di dunia.

Dengan nilai grup baru sebesar 38 miliar dolar, merek baru ini menargetkan mampu menembus nomor 4 dunia untuk perusahaan otomotif. Sesuai kesepakatan, sebelum merger PSA harus sudah melepas sebagian saham di Faurecia, sebuah perusahaan yang mengembangkan mobil hidrogen. Kemudian pada September lalu, PSA mengumumkan telah menjual 9,663 juta saham Faurecia atau mewakili 7 persen dari modal saham Feurecia.

Dari transaksi itu, PSA mendapatkan 308 juta euro yang sesuai kesepakatan akan dibagikan kepada pemegang saham Stellantis berikut sisa saham sebanyak 39% di Faurencia, sebagaimana telah diumumkan pada 14 September 2020.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda