Beranda Updates Peugeot dan Fiat Chrysler Bergabung, Bentuk Stellantis

Peugeot dan Fiat Chrysler Bergabung, Bentuk Stellantis

PARIS, Carvaganza.com – Satu lagi kekuatan baru otomotif terbentuk. Pabrikan raksasa dunia, Peugeot S.A. (Groupe PSA) dan Fiat Chrysler Automobiles N.V. (FCA) resmi membentuk aliansi baru di industri otomotif. Kolaborasi keduanya diberi nama Stellantis.

Dlam keterangannya disebutkan, Stellantis berasal dari kata latin Stello. Stello memiliki arti terang seperti bintang. Ini merupakan inspirasi dari kerja sama yang terjalin dari kedua pemegang berbagai brand otomotif yang sangat bersejarah. Sehingga penetapan atas kesepakatan itu menandai era baru dari mobilitas dengan berbagai value dari kedua grup semakin matang.

Stellantis menjadi kombinasi dan kolaborasi PSA dan FCA pada industri otomotif global. Keahlian kedua perusahaan tersebut digabungkan untuk menciptakan skala bisnis otomotif yang jauh lebih luas dalam menjangkau pasar global.

Nama Stellantis digunakan pada tingkatan grup sebagai sebuah Corporate Brand. Proses berikutnya adalah peluncuran logo dari Stellantis. Aliansi lengkap antara Peugeot dan Fiat Chrysler ini akan rampung pada kuarter pertama di 2021. Sesuai dengan rencana dari kedua grup dan regulasi yang berlaku.

Perluas Pasar

Groupe PSA sendiri adalah gabungan dari beberapa perusahaan yang membawahi brand seperti Citroen, Peugeot, Peugeot Motorcycles, DS, Opel, Vauxall, Faurecia. Mereka juga memiliki usaha logistik dan lembaga keuangan terkemuka di Eropa. Pabrikan yang bermarkas di Tuell-Malmaison, Prancis itu, memiliki revenue 74 miliar Euro pada 2018 lalu.

Sementara FCA (Fiat Chrysler Automobile) berdiri pada 12 Oktober 2014. Terdiri dari gabungan Fiat SpA dan Chrysler Group yang diselamatkan dari kebangkrutan. Diperkirakan mereka memiliki revenue 108 miliar Euro pada 2019 lalu. Banyak merek yang ada di bawah mereka seperti Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, Fiat, Lancia, Maserati, Jeep, dan Ram.

Aliansi

Kehadiran Stellantis menambah daftar pabrikan otomotif dunia yang saling bergabung. Sebelumnya ada aliansi yang sudah hadir. Dua pabrikan Jepang, Toyota-Daihatsu, merupakan yang pertama melakukannya. Keduanya sepakat membentuk aliansi sejak 9 November 1976, sejalan dengan keputusan pemerintah Jepang tentang kebijakan kapital.

Volkswagen-Porsche. Berawal dari utang, VW akhirnya membeli sebagian saham Porsche. Kini mereka tumbuh menjadi group otomotif dunia. Total ada 11 merek mobil di bawah naungan nama Volkswagen Group. Mereka adalah Audi, Lamborghini, Bentley, Bugatti, Ducati, Porsche, MAN, Scania, SEAT, Skoda dan Vollkswagen Commercial.

Brand asal India Tata Motors mengejutkan dunia ketika membeli secara tunai US$ 2,3 miliar membeli Jaguar dan Land Rover yang dimiliki Ford. Kini Tata-Jaguar-Land Rover menjadi aliansi yang cukup disegani.

Terakhir terbentuklah aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Lagi-lagi dua jenama asal Jepang saling menggabungkan kekuatan. Meski sempat diawali kontroversi namun kolaborasi keduanya termasuk yang terbesar di dunia. Keduanya kemudian juga bergabung dengan Renault.

RAJU FEBRIAN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...

100 Mobil Meriahkan Ultah Ke-2 Jakarta All New Corolla (JANC) Senayan

JAKARTA, Carvaganza – Perayaan ulang tahun merupakan hal yang ditunggu komunitas mobil. Seperti pecinta Toyota Corolla Generasi ke-8 (1996 – 2001) yang tergabung dalam...