Beranda Updates Lebih Sedikit, GIIAS 2019 Minim Mobil Konsep

Lebih Sedikit, GIIAS 2019 Minim Mobil Konsep

TANGERANG, 28 Juli 2019 – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 kembali digelar tahun ini sebagai pameran otomotif tahunan terbesar di Indonesia, menjadi panggung para pabrikan pamerkan kendaraan terbaiknya. Salah satu daya tarik GIIAS setiap tahunnya adalah kehadiran mobil konsep.

Mobil-mobil konsep dihadirkan umumnya untuk menunjukkan visi dan inovasi teknologi yang akan dikembangkan dan diterapkan masing-masing pabrikan, untuk calon produk-produk barunya di masa depan.

Dengan mobil konsep, biasanya menjadi salah satu cara pabrikan adu gengsi dan keunggulan di setiap pameran akbar. Namun berbeda di tahun ini, tampak jumlah mobil konsep yang hadir di GIIAS 2019 berkurang drastis, hanya 3 unit model yang dipamerkan.

Padahal, tahun lalu jumlah mobil konsep yang hadir di GIIAS bisa lebih dari dua kali lipat jumlah tahun ini. Praktis hanya Toyota, Daihatsu dan Lexus yang memamerkan mobil konsepnya tahun ini.

Apa saja mobil konsep yang hadir di GIIAS 2019? Ini dia daftarnya.

Toyota F-CR

Menjadi singkatan dari Fine-Comfort Ride, Toyota F-CR hadir di booth Toyota Astra Motor selama GIIAS 2019 yang menunjukkan visi sebagai premium saloon dengan teknologi autonomous. Di balik bentuk body yang agak boxy, F-CR dirancang menawarkan kelegaan dan kemewahan di dalam kabinnya.

Dengan teknologi penggerak bertenaga fuel-cell (sel bahan bakar), F-CR tetap mengedepankan faktor keramahan lingkungan sebagai mobil futuristik. Memanjakan penumpang, konsep ini mampu melaju swakemudi untuk menempuh perjalanan sejauh 700 kilometer.

Jadi selain tidak perlu bahan bakar fosil, F-CR juga tidak perlu pengemudi yang diprediksi menjadi mobil yang akan meramaikan jalan raya di tahun 2025-2030 mendatang.

Daihatsu Hy-Fun

Konsep berbentuk MPV ini pertama kali dipamerkan di dunia saat GIIAS 2019 ini, yang kemungkinan besar menjadi visi dari calon penerus Daihatsu Xenia. Hy-Fun dirancang dengan mengendepankan dua aspek, yaitu 6-Seater MPV Hybrid Concept Car dan Advanced Features with Connected Technology.

Eksterior Hy-Fun memiliki desain aerodinamis, sehingga terlihat agresif dan sporty. Dibalut dengan warna silver metalik yang cerah, serta grille yang dapat menyala berwarna biru muda, memberikan kesan canggih dari MPV ini.

Teknologi canggih yang dibawa Hy-Fun antara lain Side Door Closing Motion, baik pada sisi pintu baris pertama, maupun kedua, sehingga memberikan akses masuk ke kabin yang lebih luas. Lalu ada juga Face Recognition disematkan untuk membuka atau pun mengunci pintu mobil ini, sehingga lebih aman.

Konsep dengan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) ini juga masih punya fitur voice command dan New Smart Assist di dalamnya.

Lexus LF-1 Limitless

Lexus Indonesia termasuk yang paling rajin rutin pamerkan mobil konsep setiap GIIAS digelar, yang tahun ini menjadi giliran Lexus LF-1 Limitless untuk tampil. Konsep ini digambarkan sebagai basis dari crossover masa depan Lexus, yang terinspirasi dari sebuah katana atau pedang senjata seorang samurai.

Mobil berwarna emas champagne ini bentuknya disebut terinspirasi dari dari craftsmanship proses pembuatan tempaan pedang samurai, Molten Katana. Eksteriornya didesain  dengan Lexus signature spindle grille yang menerapkan3-D movement.

Kokpitnya dirancang agar pengemudi berkonsentrasi dengan titik maksimal dengan menggantikan semua tombol analog dengan motion sensors atau sensor gerak. Teknologi masa depan lainnya dari LF-1 Limitless adalah pilihan powertrain bertenaga fuel cell, hybrid, plug-in hybrid, bensin dan listrik.

Berkurangnya jumlah mobil konsep di GIIAS 2019 cukup berseberangan dengan tema yang diangkat oleh GAIKINDO untuk gelaran tahun ini, yaitu ‘Future in Motion’. Padahal mobil konsep menjadi wujud visi masa depan para pabrikan dalam merancang atau menggambarkan perkembangan tenologi mobilitas di masa depan.

Jadi apakah GIIAS 2019 pantas disebut sebagai ajang pamer teknologi otomotif, atau justru sekadar tempat para pabrikan menarik keuntungan sebanyak mungkin dengan berjualan mobil-mobil barunya?

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza