Laris Manis Jual Smartphone, Oppo Tertarik Bikin Mobil Otonom

BEIJING, Carvaganza – Masifnya perkembangan industri kendaraan listrik dan otonom di dunia berhasil menarik minat lebih banyak pabrikan baru untuk ikut bermain di segmen ini. Sampai-sampai produsen peralatan elektronik ingin ikut meramaikan. Contohnya produsen smartphone, yaitu Oppo, baru-baru ini mengumumkan minatnya untuk masuk ke pasar otomotif elektrik.

Oppo bukan brand elektronik produsen smartphone pertama yang tertarik untuk membuat mobil otonom, karena sebelumnya Huawei dan Xiaomi juga pernah mengumumkan langkahnya masuk ke segmen otomotif juga. Huawei, Xiaomi dan Oppo merupakan produsen smartphone dan elektronik besar asal negara China, yang produknya banyak beredar luas dengan platform Android.

Untuk pasar dunia, mungkin nama Oppo tidak sefamiliar Huawei dan Xiaomi untuk pasar smartphone. Karena memang merek di bawah naungan BBK sebagai manufaktur smartphone terbesar di dunia itu fokus di pasar region Asia Pasifik.

Tony Chen

Laporan dari China mengklaim bahwa para co-founder dan chief executive di Oppo menjadi tokoh yang menggawangi proyek otomotif ini. Dan kabarnya, dalam beberapa pekan terakhir, Oppo telah merekrut sejumlah orang baru dari jaringan rantai pasok otomotif. Ketertarikan Oppo ke pasar otomotif pernah diungkapkan salah satu petingginya dalam sebuah wawancara belum lama ini.

“Bahkan di manufaktur mobil, kami akan fokus pada area di mana Oppo bisa manfaatkan dengan baik. Jika pabrikan mobil tidak bisa membuat mobil yang bagus dan Oppo punya keunggulannya, kami akan mencobanya di masa mendatang,” kata Tony Chen, CEO Oppo dikutip Car News China.

Keseriusan Chen kabarnya diikuti dengan telah diadakannya pertemuan dengan pabrikan baterai di China, yaitu CATL, yang diyakini untuk membentuk tim ahli dalam pengendaraan otonom. Salah satu tokoh di CATL, yaitu Eric Guo, sebelumnya pernah berkarir di perusahaan start-up mobil listrik bernama Xpeng.

Apple Car

Lebih lanjut, Oppo dikabarkan telah merilis sejumlah paten yang terkait dengan teknologi berkendara otonom. Teknologinya termasuk peralatan elektronik untuk car positioning, kamera, dan perangkat pengukur jarak. Proses riset bahkan dikatakan telah mulai dikerjakan oleh Oppo di sebuah fasilitas yang berlokasi di Chengdu.

Langkah Oppo masih sangat dini, dan kemungkinan tidak akan berjalan sendiri menjadi pabrikan mobil otonom. Kemungkinan bisa saja Oppo mengambil langkah seperti Apple, yang cukup mengalami kendala untuk masuk ke segmen otomotif. Sempat dikabarkan akan menggandeng Hyundai untuk membuat mobil listrik otonom masa depan, rumor soal Apple tersebut kemudian dibantah kedua belah pihak. Selain itu, di tahun 2020 Sony juga sempat perkenalkan konsep mobil listriknya.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops, Car News China

Artikel yang direkomendasikan untuk anda