Mercedes-Benz S-Class Terbaru Hadir di Indonesia, Tingkatkan Kemewahan dan Teknologi

JAKARTA, Carvaganza – Lambang dan status kemewahan terbaik dari Mercedes-Benz, yaitu S-Class, resmi telah hadir dengan generasi terbarunya di Indonesia. Meluncur di Jakarta, hari Selasa (4/5/2021), S-Class terbaru hadir dalam varian S450 4Matic Luxury, yang dirancang dengan bahasa desain dan rangkaian teknologi canggih baru.

Rival utama dari BMW 7-Series dan Audi A8 ini diklaim siap melanjutkan kepemimpinan di segmen luxury sedan di pasar Indonesia. Kombinasi kemewahan modern yang belum pernah ada dari Sonderklasse terbaru ini untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Salah satu highlight yang ditawarkan adalah generasi terbaru dari MBUX (Mercedes-Benz User Experience) pada sistem infotainment.

“The New S-Class menegaskan komitmen Mercedes-Benz untuk memproduksi kendaraan terbaik di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa kemewahan yang diinginkan bertemu dengan tingkat keselamatan dan kenyamanan tertinggi. Kami yakin bahwa the new S-Class akan kembali menjadi pemimpin yang tak tertandingi di kelasnya,” kata Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Mercedes S-Class

Eksterior S450 4Matic Luxury telah megnadopsi gaya desain baru Mercedes-Benz, yaitu Predator Face, namun dengan interpretasi gaya yang lebih dewasa dan minimalis. Lampu depan dengan teknologi Digital Light dengan resolusi 2,6 juta piksel, yang kompak mengapit grille membesar. Di dalam grille, tersemat sejumlah radar dan sensor untuk mendukung fitur semi-autonomous yang dimiliki S-Class W233.

Untuk pertama kalinya di lini model Mercedes-Benz, pintu S-Class memiliki handle yang bisa tenggelam ke dalam dan muncul saat kunci dibuka, yang punya tujuan tingkatkan efisiensi aerodinamika. Sementara saat melihat ke belakang, berubah drastis karena bentuk lampu belakang yang ramping dan tajam. Sebelumnya, lampu belakang S-Class punya dimensi besar dan tiga garis spektrum LED bar.

Ruang kabin S-Class terbaru hadir dengan balutan Nappa leather, dengan arsitektur yang dirancang sedemikian rupa demi sensasi lebih lega  dan nyaman. Desainnya berevolusi menjadi layaknya ruang nyaman seperti rumah dan bahkan tempat bekerja. Desain setir baru menunjukkan lonjakan teknologi yang diadopsi oleh sedan kelas termewah yang dilansir oleh Mercedes-Benz.

Mercedes S-Class

Paling menarik perhatian adalah hadirnya layar raksasa di tengah dashboard, sebagai pusat dari MBUX. Ini menjadi pertama kalinya MBUX generasi kedua hadir dalam produk Mercedes, dengan personalisasi dan pengoperasian lebih intuitif. Secara total, terdapat lima buah layar untuk MBUX dalam interior S-Class. Selain di dashboard dan instrument cluster, tiga layar hadir di balik masing-masing sandaran kursi depan dan di armrest belakang sebagai tablet yang fleksibel.

Fitur voice assistant Liguatronic yang bisa diaktifkan dengan mengatakan “Hey Mercedes” ditingkatkan, dengan bisa menerima percakapan dan perintah lebih banyak. Bahkan penumpang di kursi belakang juga bisa menggunakan fitur ini, yang sebelumnya hanya bisa diakses dari baris depan.

Selain itu, menu andalan yang disajikan oleh S-Class terbaru adalah rangkaian sistem dan teknologi keselamatan. Terintegrasi dengan MBUX, S-Class menyediakan proteksi seperti airbag belakang dan Pre-Safe Impulse yang dapat mempersiapkan penumpang ketika terjadi tabrakan samping dan mengurangi risiko cedera. Sejumlah environment sensor hadir mendukung kinerja driver assists dan fitur autonomous. Sayang, untuk pasar Indonesia belum dihadirkan fitur rear-wheel steering untuk S-Class terbaru.

Mercedes S-Class

Varian Mercedes-Benz S450 4Matic Luxury dipasarkan dengan harga off the road Rp 3,099 miliar, yang menggendong varian mesin enam silinder 3,0 liter turbo. Didukung dengan sistem mild-hybrid EQ Boost 48-Volt, output yang dihasilkan sebesar 367 hp dan 500 Nm, disalurkan oleh gearbox 9G-Tronic ke semua roda. Saat ini, S-Class terbaru diimpor langsung dari Jerman, sementara rakitan lokalnya belum tersedia.
WAHYU HARIANTONO

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda