Langsung Sold Out, Toyota Pastikan Tidak Tambah Produksi Kijang Innova Edisi 50 Tahun

JAKARTA, Carvaganza – Di pembukaan IIMS Hybrid 2021, Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary sempat tampil menjadi pusat perhatian di booth Toyota. Tapi baru beberapa hari, wujudnya tak lagi terlihat. Toyota hanya menjual dalam jumlah terbatas. Varian 2.0 V A/T Luxury laku 30 unit, kemudian trim Innova Venturer 2.4 A/T terjual 20 unit. Bila Anda mengidamkan mobil ini, silakang gigit jari karena Toyota tidak akan menambah produksinya.

"Untuk Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th  Anniversary ternyata responsnya sangat luar biasa. Melebihi dari dugaan kami. Jadi setelah satu jam diinformasikan ke publik mobil itu langsung sold out. Ini merupakan model limited edition, jadi tidak mungkin kami bikin lagi," ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam konferensi pers secara daring, hari Kamis (15/4/2021).

Nah untuk pengiriman unit ke tangan konsumen, Anton mengaku siap melakukannya dalam waktu dekat. Itu pula bergantung pada masing-masing wilayah pembeli. Menurutnya, konsumen Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary berasal dari ragam daerah. Karena sang medium MPV merupakan kendaraan legendaris di penjuru Tanah Air.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary

“Pengiriman unit kami targetkan pada bulan ini. Atau paling lambat pada bulan depan (Mei 2021) tapi bergantung wilayahnya. Kalau yang dekat, kami rasa bisa dilakukan bulan ini. Dan pastinya pelanggan telah menyelesaikan kewajiban seperti pembayaran dan lain sebagainya. Lalu kami rasa (pembelinya) bervariasi dari berbagai wilayah. Sekilas yang kami lihat ada yang dari Jakarta, Bandung, Jawa Timur, Sumatera, sampai Kalimantan. Kijang ini produk yang sangat nasional serta digemari oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia,” dia mengimbuhi.

Spesifikasi

Meskipun menjadi edisi spesial, spesifikasi mesin sama dengan varian reguler. Di balik bonet V Luxury bersemayam mesin bensin berkode 1TR-FE 2,0 liter berteknologi Dual VVT-i. Tenaga dihasilkan 136 hp plus torsi maksimal tersuguh 183 Nm. Tenaga disalur ke girboks otomatis 6-percepatan dengan mode Shiftmatic dan mengadopsi konvensional torque converter. Toyota Astra Motor tak menyediakan opsi transmisi manual.

Lantas di trim Venturer diesel 2,4 liter, tertancap jantung pacu berkode 2 GD FTV 4 silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Ia mampu menghasilkan tenaga 147 hp pada 3.400 rpm yang disertai torsi maksimal 367 Nm sejak putaran 1.200 rpm - 2.600 rpm. Lalu distribusi energi kinetik sama, menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Shiftmatic.

Fitur keamanan & keselamatan di kedua varian terbatas ini juga sama. Tertanam sistem pengereman ABS, EBD, ESP, serta sejumlah airbag di beberapa titik (Front D+P, D-Knee, Side, CSA). Lalu pengingat sabuk pengaman depan juga membantu MPV 7-seater ini mencapai peringkat keselamatan optimal. Mereka berdua senantiasa mendapatkan Vehicle Stability Control, Hill Start Assist Control plus Emergency Brake Signal sebagai kelengkapan standar. Jadi, lebih mantap lagi tatkala menapaki bermacam kondisi jalanan.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary

Visual Tubuh

Eksterior Kijang Innova 50th Toyota Anniversary mendapatkan sentuhan emas di garis pinggang bodi. Dalam stiker itu terdapat susunan kiprah Kijang di Indonesia. Secara umum terbagi ke dalam enam perjalanan: era awal industri, mobilisasi pertama, tahapan ekspor, mobil keluarga Indonesia, masa Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV) dan era ‘Reborn’ seperti model sekarang ini.

Dibanding model varian regular, ia menggunakan velg alloy dark grey 16-inci sebagai pijakan tubuh. Lalu rancangan kisi-kisi trapesium dengan chrome gelap. Sementara bumper depan berikut halogen fog lamp masih sama dari Kijang Innova standar, seperti varian V. Lanjut tesemat chrome list ornament, new side turn signal lamp design with black ornament. Sebagai kado ultah, tak lengkap rasanya bisa tidak dibubuhi emblem edisi terbatas 50 tahun di buritan.

Innova 50th Anniversary

Racikan kabin jelas lebih baik dari reguler. Edisi terbatas ini menggunakan head unit layar sentuh 9-inci. Sudah mengadopsi teknologi miracast dan smartphone connection. Bahkan dilengkapi fitur NFC untuk melihat saldo e-money. Interior juga menggunakan new noble brown seat color agar menguatkan kesan premium. Pendingin kabin juga mengadopsi sistem digital plus panel bermotif kayu di atas lingkar kemudi, serta dasbor.

Bedanya lagi, untuk mendendangkan lagu, terpasang speaker lansiran JBL Audio System. Perangkat ini sudah kondang dalam urusan sebagai pemanja telinga. Sehingga menjadi wajar, tatkala terpasang di edisi ulang tahun. Lalu sistem penyaluran frekuensi mengadopsi sistem 2-way untuk penerimaan suara lebih baik.
ANJAR LEKSANA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda