Ketahui Penyebab Indikator ABS Menyala, Jangan Dibiarkan!

Tips ABS

JAKARTA, Carvaganza – Di pasar otomotif saat ini, teknologi ABS (anti-lock braking system) sudah menjadi hal yang mainstream tersedia di kendaraan keluaran terbaru. Fungsi dasarnya adalah mencegah roda terkunci saat pengemudi melakukan pengereman darurat atau keras, agar kendaraan tetap bisa dikendalikan. Perannya yang terbilang vital menuntut agar komponen pengereman selalu dalam kondisi prima dan mendapat perawatan.

Petunjuk mengenai ABS ada di depan pengemudi. Pada panel meter terdapat  lampu indikator mengenai kondisi ABS. Simbolnya biasanya berupa tulisan ABS di dalam lingkaran yang diapit dua lengkungan di sisi kiri dan kanannya. Simbol peringatan ini berwarna kuning agar mudah dilihat dan dikenali saat menyala.

Jangan panik apabila lampu peringatan ABS ini menyala atau berkedip saat mobil berjalan. Ini bukan berarti rem mobil bermasalah, melainkan ada gangguan pada fitur ABS yang membutuhkan pengecekan profesional lebih lanjut.

Tips ABS Auto2000

Pengemudi masih bisa mengemudikan kendaraan hingga ke tempat tujuan karena fungsi rem tetap dapat berfungsi. Namun ada kemungkinan kendaraan saat ini berjalan tanpa fungsi ABS.

Baca Juga: Tips Merawat Transmisi New D-CVT Daihatsu Rocky

Cara pertama untuk melakukan pemeriksaan ringan tentang kondisi ABS adalah jalankan mobil dalam kecepatan rendah. Injak rem dan rasakan apakah ada perbedaan. Penggambarannya apakah injakan pedal rem terlalu dalam dari biasanya atau pengereman kurang menggigit. Jika ini yang dirasakan, segera hentikan mobil dan periksa rem karena ada kemungkinan kerusakan pada sistem pengereman mobil.

Lantas mengapa indikator ABS menyala? Indikator ABS menyala untuk memberikan peringatan pada pengemudi bahwa harus ada perhatian pada sistem ABS. Biasanya terkait sensor-sensor ABS yang ada pada roda mobil baik depan maupun belakang. Sebabnya kemungkinan besar adalah kotoran sehingga membuat sensor tidak berfungsi dengan baik dan menjadi seolah tidak berfungsi. 

Masalah lain adalah sistem kelistrikan mobil yang terhubung dengan sistem ABS rusak. Penyebabnya bisa gigitan tikus atau kerusakan lain seperti kendala pada komputer pengontrol ABS. Kemungkinan lain akibat jarang dilakukan servis berkala.

ABS Warning light

Pemilik kendaraan disarankan untuk tidak melakukan perbaikan sendiri bila ada masalah dengan ABS. Bagi pemilik kendaraan Toyota, bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan lengkap. Ini agar sumber masalah segera ditemukan dan dilakukan perbaikan. Bagi pemilik kendaraan, cegah masalah ABS dengan servis berkala setiap 6 bulan sekali di bengkel Auto2000 atau gunakan layanan Toyota Home Service untuk kemudahan perawatan kendaraan.

“Fitur ABS memiliki peran yang sangat penting sebagai fitur keamanan berkendara. Segera cek ke bengkel Auto2000 jika lampu indikator ABS menyala agar segera dapat dicarikan solusinya dan fitur safety ini berfungsi normal kembali. Urusan Toyota lebih mudah, teknisi Auto2000 akan melakukan perawatan ABS sebagai bagian dari servis berkala,” ucap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangannya.

Sambut HUT Auto2000 DIgiroom

Auto2000 memberikan promo khusus untuk menyambut ulang tahun Digiroom yang ke-2. Terdapat promo “Beli Kebutuhan Toyota Hadiahnya Bikin Greget” bagi satu konsumen dengan nilai transaksi tertinggi untuk pembelian aksesori, kupon servis, paket servis atau gabungan selama periode promo. Hadianya ada Canon EOS M100 dan 10 pelanggan dengan transaksi tertinggi berikutnya berhak mendapatkan uang elektronik sebesar Rp 100 ribu.

Kedua ada promo “Booking Servis Tinggal Klik, Hadiahnya Bikin Asik”. Kemudahan ini diberikan saat servis berkala di Auto2000 atau dengan order THS-Auto2000 Home Servis via Auto2000 Digiroom. Berhadiah 50 tas laptop ekslusif Digiroom dan 100 tote bag digiroom

Ada juga Promo “Auto Sehat Serba Hemat” yang memberikan diskon jasa dan spare part untuk penggantian kopling, shock absorber, ban aki dan oli. Ada juga paket Spontan (Siaga Kupon Perawatan) untuk pemilik Toyota dengan jarak tempuh lebih dari 50.000 kilometer atau sudah tidak memiliki kuota free service berkala.

Terakhi ada promo “Check Up Gratis THS” dimana setiap check up kendaraan selama Juli 2022 lewat THS tidak dipungut biaya dan mendapatkan gratis filter oli setiap penggantian oli, serta gratis 2 liter TMO Synthetic (10W-40) untuk setiap servis berkala. Semua promo di atas tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: Porsche Rilis Update Software Untuk Taycan, Tingkatkan Efisiensi Baterai Hingga Urusan OTA

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature