Porsche Rilis Update Software Untuk Taycan, Tingkatkan Efisiensi Baterai Hingga Urusan OTA

Porsche Taycan

STUTTGART, Carvaganza – Setelah merilis lebih dari 75.000 unit Taycan ke seluruh dunia, Porsche akhirnya melakukan pembaruan yang komprehensif. Hal tersebut dilakukan demi memberikan status model 2023 pada pembaruan perangkat lunak terlepas dari usia kendaraan, mesin dan bodi yang digunakan. Meski demikian update software pada Porsche Taycan ini dilakukan dengan penyesuaian di negara masing-masing.

Terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan dari pembaruan perangkat lunak pada Porsche Taycan ini di antaranya peningkatan efisiensi powertrain, Porsche Communcation Management (PCM), Porsche Connect hingga opsi untuk membuka fungsi baru dan individual di dalamnya. Selain itu, pembaruan ini juga meningkatkan kemampuan pembaruan over-the-air dari seluruh Porsche Taycan yang telah dipasarkan.

Proses update ini bisa didapatkan secara gratis bagi konsumen yang membeli Porsche Taycan melalui dealer resmi dan dapat dilakukan selama kunjungan ke bengkel servis Porsche.

Porsche Taycan Update

“Kampanye ini akan memungkinkan pelanggan kami mendapatkan manfaat dari pengembangan Taycan lebih lanjut secara berkelanjutan. Kami telah mengoptimalkan seri model secara ekstensif di hampir semua aspek sejak 2019. Fungsi baru telah ditambahkan, beberapa hal lainnya telah direvisi atau disesuaikan lebih lanjut untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Setelah pembaruan ini, siapa pun yang mengendarai Taycan sejak awal produksi mobil akan terkejut dengan seberapa banyak perkembangan di sisi kendaraan sejak saat itu,” kata kata Kevin Giek, Vice President Model Line Taycan.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Listrik Baru Yang Berpotensi Masuk Indonesia

Sementara itu untuk waktu proses pembaruannya sendiri tergantung pada software yang tertanam pada Taycan tersebut. Menurut Kevin, semakin lama usia kendaraan, semakin banyak pula peningkatan dan inovasi yang ditambahkan dalam perangkat lunak tersebut. Porsche Taycan sendiri telah dipasarkan di beberapa negara sejak 2019 silam, sedangkan di Indonesia Taycan sudah dipasarkan sejak awal 2021 lalu dan diikuti oleh model Taycan Cross Turismo di penghujung tahun lalu.

Selain software, konsumen juga dapat melakukan penambahan pengisi daya onboard 22 kW yang didapatkan dengan biaya tambahan. Proses pembaruannya juga dapat dilakukan bersamaan dengan update perangkat lunak di dealer resmi Porsche di seluruh dunia. Keuntungan yang didapat dari penambahan ini adalah mampu mengisi daya lebih cepat dan lebih bertenaga. Di sejumlah negara seperti Amerika Utara dan Eropa, peningkatan ini juga mencakup fungsi Plug & Charge yang memungkinkan pengisian dan pembayaran yang nyaman tanpa kartu atau aplikasi.

Porsche Taycan

Berikut ini sejumlah poin penting dari pembaruan pada Porsche Taycan:

1. Powertrain

Peningkatan yang paling signifikan juga berpengaruh pada sistem penggerak di varian all wheel drive. Pasalnya pada mode berkendara Normal dan Range, sistem motor listriknya hanya akan membagi tenaga dan torsi ke roda belakang. Terdapat indikator penggerak all wheel drive di layar tengah untuk memudahkan pengendara melihat sistem pembagian tenaga dan torsi.

Pembaruan pada sistem freewheel elektrik ini juga diklaim mengurangi kerugian gesekan serta meningkatkan daya jelajah kendaraan lebih jauh lagi. Menurut Porsche, pembaruan ini akan lebih optimal pada Taycan produksi tahun 2020 dan 2021 yang sudah didukung dengan sistem penggerak all wheel drive.

2. Thermal Management

Pada pembaruan ini, sistem juga memberikan peningkatan pada pengaturan suhu baterai yang lebih baik. Salah satunya ialah menyesuaikan dengan suhu luar yang lebih rendah sehingga pengisian daya bisa dilakukan lebih cepat serta dengan rentang pengisian baterai yang lebih luas.

Porsche Taycan Cross Turismo

Limbah panas dari komponen listrik juga akan digunakan untuk meredam suhu baterai saat melakukan pengisian daya. Porsche juga mengklaim pada model Taycan model tahun 2020 dan 2021 ini memungkinkan jangkauan yang lebih luas dan waktu pengisian yang lebih singkat.

3. Porsche Communication Management (PCM) dan Porsche Connect

Terdapat sejumlah fungsi baru pada sistem PCM dan Porsche Connect setelah konsumen melakukan update. Salah satunya ialah layar awal yang tampil lebih berwarna serta sudah terintegrasi dengan aplikasi Spotify dan sambungan Android Auto sudah tersedia secara nirkabel.

Konsumen juga nantinya bisa mendapatkan informasi stasiun pengisian listrik umum yang dapat disaring dan dipilih dalam sistem navigasi berdasarkan kapasitas pengisian. Sementara untuk pemilik Porsche Taycan tahun 2021 dengan tampilan head-up dapat menikmati tampilan peta navigasi yang lebih optimal dengan penambahan sejumlah elemen baru.  Sedangkan untuk Porsche Taycan 2023, instruksi pengoperasian seluruh fitur juga dapat menggunakan sistem perintah suara.

Porsche Taycan GTS

4. Assistance System

Tidak hanya soal kenyamanan dan performa, pada pembaruan ini juga terdapat penyempurnaan pada fitur keselamatan salah satunya ialah sensor ParkAssist dengan jangkauan yang lebih luas. Sistem pencarian tempat parkir yang tersedia juga telah ditingkatkan, konsumen akan ditawarkan sejumlah pilihan tempat parkir dari yang terkecil hingga yang terluas. Peningkatan ini akan hanya tersedia pada model Taycan 2020, 2021 dan 2022.

5. Unlocking functions after vehicle purchase (FoD)

Pada pembaruan ini, sejumlah fungsi baru akan diterapkan pada model 2020, 2021 dan 2022, salah satunya ialah fungsi keyless untuk pintu dan bagasi. Selain itu, sejumlah konsumen Taycan juga akan bisa melakukan pembaruan over the air hingga ke versi paling baru sekalipun.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Perluas Elektrifikasi, Toyota Sediakan EV Smart Mobility Project di Kawasan Danau Toba

Pelajari lebih lanjut tentang Porsche Taycan

  • Tampak Depan Bawah Porsche Taycan
  • Tampak Depan Porsche Taycan
  • Tampak atas Taycan
  • lampu belakang Taycan
  • Tampak belakang Taycan
  • Tampak depan medium Porsche Taycan
  • Tampak belakang sisi tengah Taycan
  • Tampak belakang low angle Taycan
  • Tampak depan medum angle Taycan
  • Fog lamp belakang Taycan
  • Tampak depan Taycan, sudut rendah
  • Porsche Taycan Front Angle High View
Porsche Taycan
Rp 2,85 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 65,03 Juta

Mobil Porsche Lainnya

  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
  • Porsche Macan
    Porsche Macan

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature