Inikah Sosok SUV Mewah Maybach Rival Rolls Royce Cullinan?

BEIJING, 2 Mei 2018 -- Maybach segera merilis sebuah SUV mewah bagi Anda yang menganggap uang bersinonim dengan kemewahan, kenyamanan berkendara, serta performa layaknya sports car. Hal ini diketahui setelah merek mewah Mercedes ini merilis Vision Ultimate Luxury di pameran motor Beijing 2018.

Dari segi eksterior, Vision Ultimate Luxury tentu tidak jauh dari kesan mewah. Mulai dari penggunaan velg alloy dengan desain seperti turbin jet, gril krom, lampu utama LED pipih menyerupai bilah pedang, dan atap panoramic glass. Namun uniknya, kontras dengan desain SUV pada bagian depan mobil, di bagian belakang justru terlihat seperti sedan lengkap dengan bagasi.

Dengan panjang 5.260 mm, lebar 2.110 mm dan tinggi 1.764 mm, konsep ini lebih panjang, lebar dan tinggi dari Bentley Bentayga (panjang 5.140 mm x lebar 2.000 mm x tinggi 1.740 mm). Sosok tinggi besarnya tentu berkontribusi pada desain interior yang lebih besar dan luas.



Masih di interior, diperuntukkan bagi kaum jet set seluruh kursinya dibalut kulit paling halus yang dikenal manusia, trim kayunya diberi aksen pencahayaan LED dari dashboard hingga ke bagian belakang kabin. Hanya ada empat tempat duduk dengan bagian belakang dipulas warna rose gold layaknya iphone. Bahkan, disediakan pula tea set di konsol tengahnya. Terdapat pula layar 12,3 inci di bagian dashboard yang menyajikan beragam informasi, mulai dari teknis mobil hingga hiburan.

Di sektor mesin, mobil ini mengandalkan empat motor listrik di setiap roda dengan kemampuan menghasilkan tenaga total 750 tenaga kuda. Baterai 80-kWh diperkirakan memiliki jarak tempuh hingga 320 km tanpa harus mengisi ulang baterainya.



Chief design officer Mercedes, Gorden Wagener mengatakan bahwa konsep ini telah menegaskan posisi Maybach sebagai "ultimate luxury brand", menggabungkan karakteristik berkendara sebuah SUV dengan siluet sedan tradisional untuk menciptakan kendaraan mewah dan berkapasitas empat tempat duduk yang menampilkan perpaduan desain Barat dan Timur.

Vision Ultimate Luxury yang memikat ini selanjutnya akan memasuki masa produksi. Dari segi desain, tentu akan banyak penyesuaian. Sebut saja jendela terpisah (split window) pada bagian belakang, hingga bentuk bagasi, termasuk pula beberapa aspek estetika di dalam kabin. Namun, gril krom tebal miliknya kemungkinan besar akan digunakan pada Mercedes-Maybach terbaru berbasis GLS generasi ketiga yang akan datang. Vision Ultimate Luxury akan menjadi saingan Bentley Bentayga dan Rolls-Royce Cullinan.

REZA ERLANGGA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda