Beranda Updates Ini Tiga Perempuan Perkasa yang Jadi Ikon Jogjakarta Truck Festival 2018

Ini Tiga Perempuan Perkasa yang Jadi Ikon Jogjakarta Truck Festival 2018

(ki-ka) Tiga ‘Lady Driver’ Umi Syarifah dari Jember, Rukhayati dari Baturaja, Sumatera Selatan, dan Imahwati dari Semarang.

JOGJAKARTA, 9 September 2018 – Sopir truk identik dengan pekerjaan yang keras dan didominasi pria. Siapa bilang demikian? Di Jogjakarta Truck Festival 2018, ada tiga pengemudi truk perempuan. Mereka menjadi ikon kontes modifikasi truk Jogjakarta Truck Festival 2018 yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, 7-9 September 2018.

Ketiga ‘Lady Driver’ ini adalah Syarifah Firdausi alias Umi Syarifah dari Jember, Rukhayati dari Baturaja, Sumatera Selatan, dan Imahwati asal Semarang, Jawa Tengah.

Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Indro Kimpling Suseno, Ketua Penyelenggara JTF 2018 mengatakan kehadiran ketiganya menjadi salah satu daya tarik JTF 2018. “Mereka membuktikan jika perempuan perkasa itu benar adanya. Mereka mampu melakukan pekerjaan ini, membawa truk sendiri, mengganti ban sendiri jika bocor,” katanya.

Syarifah Firdausi Umi Syarifah, 39 tahun, mengatakan ia sudah menjadi mengemudikan truk sejak 2005 namun baru menjalani profesi sebagai pengemudi truk sejak 10 tahun lalu. Perempuan berhijab ini mengatakan ia terpaksa menjalani profesi itu untuk menghidupi 8 anaknya sejak berpisah dengan suaminya sejak beberapa tahun lalu.

“Saya belajar mengemudi truk secara otodidak. Kebetulan memang hobi otomotif,” katanya. Saat ini ia menggunakan Mitsubishi Colt Diesel dump truck untuk membawa material. Ia juga kerap mendapat tambahan proyek untuk mengangkut material pengaspalan jalan di Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Umi Syarifah mengayakan rute yang ia tempuh dari Jember yakni seperti ke Semarang juga Madura. Ia juga mengatakan selama ini selalu membawa truk seorang diri tanpa bantuan kernet. “Semua dijalani dengan ikhlas,” katanya.

Perempuan perkasa lainnya adalah Rukhayati yang asal Baturaja. Setelah ditinggal suaminya, Rukhayati mulai mengemudikan truk hingga ke Lampung. Wanita kelahiran Ulak Agung Ulu 23 April 1997 ini biasa mengemudikan truk Ragasa 120 PS. Sedangkan Imahwati asal Semarang mengatakan sudah menjadi sopir truk selama beberapa tahun.

Ia mengatakan meski capek namun profesi ini terus dilakoninya untuk menghidupi keluarga. “Kalau capek ya tinggal ngopi atau tidur aja, Mas,” katanya.

Iwan Fals, brand ambassador Mitsubishi Fuso mengaku kagum dengan ketiga Lady Driver ini. “Mereka benar-benar perkasa. Mampu melakukan pekerjaan yang berat yang biasanya dilakoni pria,” kata Iwan Fals.

Ketiganya hadir di JTF 2018 untuk memeriahkan acara JTF 2018. Kontes modifikasi Jogja Truck Festival 2018 mengangkat tema ‘Panorama Indonesia’ menghadirkan peserta 140 truk dan 35 pick up serta 30 unit miniatur truk. Event ini diikuti peserta hadir dari Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Lampung, Jambi, Jepara, Cirebon, Jember, Malang, Solo, Kudus, Bali, Lombok, Mojokerto, Blitar dan Yogyakarta serta Wonogiri.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Meredes-Benz S-Class Terbaru Bisa Cari Parkir Sendiri Dan Jemput Pemiliknya Di Bandara

JAKARTA, Carvaganza.com – Teknologi mobil semakin canggih saja. Sekarang ini banyak produsen mobil yang sedang asyik mengembangkan teknologi otonom. Pengendara tinggal duduk santai di...

Dalam 8 Bulan, Suzuki XL7 Kuasai 12 Persen Segmen Medium SUV

JAKARTA, Carvaganza -- SUV Suzuki XL7 memang baru diluncurkan Februari 2020 lalu. Namun selama 8 bulan ia terus berkontribusi positif, baik dalam penjualan nasional...

BMW Astra Used Car Siapkan Dana 100 Milyar Untuk Beli BMW Bekas

JAKARTA, carvaganza – Dunia otomotif memang sedang terpukul karena pandemi COVID-19. Penjualan mobil baru terpuruk. Tapi bukan berarti kita harus berdiam diri. Justru hal...

Kisah Civic Bermerek Triumph dan Discovery Bermerek Honda

JAKARTA, carvaganza - Honda dan British Leyland (BL) adalah dua nama pabrikan otomotif yang satu pabrikan kampiun asal Jepang, satunya asal Inggris dan pernah...

Renault Ungkap Konsep SUV Mungil, Diprediksi Siap Masuk Indonesia

PARIS, Carvaganza.com – Renault sepertinya semakin menikmati diri bermain di segmen kendaraan kompak, dan berwujud SUV. Setelah Kwid, kini akan hadir model SUV berdimensi...