Beranda Review Ini Sejumlah Kelebihan Varian Tertinggi Renault Triber

Ini Sejumlah Kelebihan Varian Tertinggi Renault Triber

JAKARTA, Carvaganza.com – Setelah kami membahas varian terendah, sekarang kita mengupas varian tertinggi Renault Triber. Tipe tertinggi RXZ kena price tag Rp 179,9 juta plus  fitur komplet. Dengan sokongan banderol segitu, harganya bisa menyaingi city car yang sudah dirilis beberapa brand di Indonesia.

Terus selengkap apa Triber di varian puncak itu sehingga dibilang dicocok untuk konsumen Indonesia. Apakah kelebihan yang dimiliki bisa menandingi rival-rival di segmennya yang sudah lebih dulu punya nama besar?

Sebagai termahal, semua fitur dari varian bawah dimilikinya. Sebelum masuk ke situ, kita bahas dulu jantung pemacu. Di balik kap tertanam mesin tiga silinder berteknologi dual VVT. Ketiganya punya total volume 1,0 liter. Bukan setelan bertenaga besar, apalagi tanpa sokongan turbocharger. Namun, sudah cukup mendorongnya menyusuri jalan perkotaan atau diajak bertualang jauh. Daya puncak tercipta 70 hp (72 PS) di putaran 6.250 rpm. Output torsi 96 Nm, keluar di 3.500 rpm. Membuatnya cepat berakselerasi, cocok untuk kondisi jalan padat.

Pada eksterior, perangkat yang juga dapat ditemukan pada varian bawah meliputi lampu utama model proyektor; kelir senada bodi untuk bumper, gagang pintu dan spion; detail hitam pilar B, C dan aksen pada pintu; skid plate depan dan belakang; serta cover fender kontras bodi. Triber RXZ ketambahan daytime running light (DRL) yang meningkatkan keamanan saat berkendara siang hari. Bingkai roda juga berbeda, desainnya lebih agresif terbuat dari alloy berukuran 15 inci.

Baca juga: Alasan Kenapa MPV Renault Triber Cocok Untuk Pasar Indonesia

Kelengkapan interior
Interior mewah berkat sapuan kromium dan perak pada beberapa komponen. Kisi-kisi dan kenop AC, rem tangan, serta tepian Start/Stop Button dihiasi bahan mengilap. Tambahan pada RXZ berupa finishing Piano Black sekitar head unit di dasbor. Kemudian selipan silver pada gagang pintu, tungkai perseneling dan palang setir.

Fitur yang tersedia memudahkan pengguna dalam berkendara, sekaligus menyuguhkan kenyamanan. Kendali lengkap dimiliki pengemudi. Bahkan sebelum memasuki mobil. Kunci pintu berupa kartu mengizinkan akses otomatis. Pintu dapat terbuka atau terkunci berdasarkan jarak perangkat. pendeteksian jarak perangkat. Fungsi keyless ini tentu saja ditemani push start/stop button untuk mengaktifkan atau mematikan mesin.

Pengaturan posisi mengemudi memang tak memiliki banyak alternatif. Dudukan bangku bisa dimaju-mundurkan dan sandaran mampu ditegak-rebahkan. Sayang setir hanya punya fungsi tilt. Kendali lainnya adalah pengaturan spion samping pakai tombol kontrol dalam kabin. Kondisi serupa juga berlaku pada jendela yang menganut power window, serta fungsi auto up/down (khusus pengemudi).

Baca juga: Dengan Harga Kompetitif, Varian Terbawah Renault Triber Layak Jadi Pilihan 

Baca juga: Renault Kwid Climber, Compact Car Berwajah SUV

Sistem infotainment
Unit multimedia mengandalkan layar sentuh 8 inci di tengah dasbor. Pakai Renault Nav Evolution, mampu menampilkan navigasi. Turut memiliki konektivitas tinggi, baik melalui USB, Android Auto maupun Apple CarPlay. Perangkat terhubung ke empat speaker. Alunan suara tercipta sampai ke seluruh telinga penumpang dengan optimal. Head unit juga berfungsi sebagai penampil imaji kondisi belakang mobil. Hasil tangkapan kamera, memudahkan proses parkir.

Kenyamanan didukung ruang penyimpanan, bertebaran di berbagai sisi. Paling menarik di konsol tengah, punya fungsi pendingin layaknya kulkas. Kargo pun mumpuni, berkapasitas 625 liter. Syaratnya jok paling belakang dilepas. Ya, Triber memiliki konfigurator bangku yang disebut EasyFix. Memungkinkan pengguna mengatur kapasitas angkut orang dan barang. Tak cuma melipat baris kedua, tapi juga mencopot bangku buritan.

Proses pendinginan kabin juga lebih cepat, terutama untuk penumpang selain baris pertama. Pasalnya ada double blower yang bisa diatur kekuatan semburannya. Di area ini juga tak perlu khawatir smartphone mengalami kondisi low battery. Terdapat power outlet di masing-masing wilayah.

Baca juga: Video Penasaran Kelebihan dan Lengkapnya Renault Triber

Berkendara dengan Triber RXZ bebas khawatir. Fitur perlindungan terselip lengkap. Sabuk pengaman ditunjang load limiter dan pretensioner untuk pengemudi. Masih diproteksi dua kantung udara dasbor dan dua di sisi. Saat parkir, selain bisa melihat kondisi belakang juga dapat mengetahui jarak objek penghalang. Sensor bakal mendeteksi, sehingga terhindar dari bahaya menabrak.

Fitur lain adalah auto door lock berdasarkan kecepatan. Secara otomatis pintu akan mengunci ketika mobil berakselerasi di kecepatan tertentu. Saat mengalami insiden tak diinginkan, seluruh gerbang bakal mengaktifkan fitur Impact Sensing Unlocks. Sehingga seluruh penumpang bisa mudah keluar dari mobil.

Mengendalikan mobil besutan pabrikan otomotif Prancis dipastikan aman. Sektor pengereman yang terdiri dari cakram dan tromol, mendapat penguatan Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Kenyamanan dan kestabilan bermanuver pun semaksimal mungkin dioptimalkan. Berkat setelan suspensi MacPherson Strut dengan Lower Triangle dan Coil Spring di depan, serta Torsion Beam Axle di kaki belakang. Berkelana di jalur kurang baik pun lumayan mumpuni, mengingat ground clearance berada di level 182 mm.

MUHAMMAD HAFID

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...