Beranda New Cars Alasan Kenapa MPV Renault Triber Cocok Untuk Pasar Indonesia

Alasan Kenapa MPV Renault Triber Cocok Untuk Pasar Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Sebetulnya kalau Anda ingin memilih mobil keluarga dengan harga terjangkau dan brand Eropa, Renault Triber bisa menjadi pilihan. MPV Triber bisa menjadi alternatif, jika brand mainstream sudah terlalu biasa. Namun, tentunya pilihan itu bukan sekadar mainstream atau bukan, melainkan memang fungsional dan kualitas dari kendaraan yang ditawarkan.

Kendaraan ini punya fleksibilitas tinggi dan dipatok dengan harga terjangkau. Cocok untuk pasar Indonesia. Memiliki rancang bangun yang unik, yang tak sekadar mengikuti pakem mobil keluarga. Pabrikan asal Prancis ini berani mengombinasikan dengan elemen lain untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumennya. Kehadiran Renault Triber memberi pilihan segar dalam segmen MPV.

PT Maxindo Renault Indonesia merilis Triber dalam 3 varian. Paling murah RXL MT hanya dibanderol Rp 166,9 juta. Tipe atasnya RXT MT Rp 172,9 juta dan paling lengkap RXZ MT dengan banderol Rp 179,9 juta. Masuk dalam level mobil murah LCGC, tapi Triber bukan dalam kategori itu. Lagipula, fitur-fiturnya jauh lebih unggul.

Baca juga: Review, Spesifikasi dan Harga Renault Triber

Fitur Kenyamanan Renault Triber
Renault melengkapi Triber dengan seabrek peranti kenyamanan dan keselamatan. Banyak di antaranya tidak dimiliki LCGC 7-seater seharganya. Misal tilt steering, sangat berpengaruh dalam mencari posisi mengemudi terbaik. Tersedia Twin AC dengan ventilasi di area baris kedua dan ketiga, menjamin seluruh penumpang tidak kepanasan. Tempat penyimpanan banyak. Malah sekaligus laci pendingin minum ada di dalam konsol tengah dan glove box.

Fitur mutakhir tak mau kalah dengan MPV papan atas. Masuk ke dalam kabin tanpa perlu repot dengan memakai Smart Access Card. Nyalakan mesin pun tinggal tekan tombol Start/Stop. Lebih terasa mewah lagi saat melihat dashboard tengah. Tampak minimalis, tapi terdapat monitor besar ukuran 8 inci. Banyak fungsi di dalamnya selain pusat hiburan. Dilengkapi Android Auto dan Apple CarPlay untuk memberi kemudahan konektivitas dengan ponsel pintar. Sampai menampilkan tangkapan kamera belakang.

Berbicara akomodasi kabin Triber amatlah menarik. Fleksibilitas kabin tak melulu membanggakan kapasitas 7 penumpang. Bisa diubah dalam berbagai macam mode sesuai kebutuhan. Dari 7-seater bisa bertransformasi jadi 6-seater, 5-seater, 4-seater, bahkan 2-seater. Inovasi Renault bernama kursi EasyFix memungkinkan itu semua. Kursi baris ketiga mudah dibongkar-pasang. Porsi pembagian 50:50, bisa dilepas keduanya atau salah satu saja. Sesuai kebutuhan sehari-hari, untuk urusan mengangkut penumpang atau barang. Kursi tengah dengan komposisi 60:40 juga gampang terlipat.

Baca juga: Renault Triber Siap Delivery ke Konsumen, Ini Harga Resminya

Baca juga: Menilai Varian Renault Triber Paling Value for Money untuk Dipilih

Kelapangan kabin dan bagasi
Dalam keadaan semua kursi terpakai, masih tersedia ruang 84 liter. Begitu satu kursi dilepas, meluas hingga 320 liter. Mencopot satu lagi, membengkak jadi 625 liter. Harap diingat, kapasitas selapang itu didapat dari dimensi bodi kompak. Panjang hanya 3.990 mm, lebar 1.793 mm dan tingg 1.643 mm tak berbeda jauh dari compact hatchback. Bahkan kalah panjang dari Toyota Yaris. Wheelbase 263,6 mm adalah siasat jitu. Memungkinkan kabin memuat 3 baris kursi sembari menyisakan ruang cukup untuk kepala dan kaki.

Ground clearance tinggi masuk dalam syarat diterima konsumen sini. Kaki Triber tergolong jenjang untuk menghadapi beragamnya kondisi jalan. Tercatat 182 mm, setara beberapa Low MPV yang beredar. Aman dari banjir dan jalanan berlubang.

Ground clearance tinggi masuk dalam syarat diterima konsumen sini. Kaki Triber tergolong jenjang untuk menghadapi beragamnya kondisi jalan. Tercatat 182 mm, setara beberapa Low MPV yang beredar. Aman dari banjir dan jalanan berlubang.

Baca juga: Renault Triber AMT Diluncurkan, Lebih Mahal Rp 7,8 Jutaan dari Manual

Suspensi jangkung akan percuma kalau tidak ditunjang penampilan. Oleh karena itu, desain Triber dirancang berbau SUV. Pencampuran dua entitas menghasilkan gen crossover kental. Cladding hitam dan roof rail cukup menggambarkan itu. Keatraktifan yang sedang diminati sekarang. Tampangnya mudah disukai. Apalagi berlogokan merek Prancis yang eksklusif.

Kombinasi mesin kecil dan transmisi jelas mengejar efisiensi bahan bakar. Sesuai peruntukan harian dalam kota yang padat. Unit baru Energy Engine 3-silinder 1,0-liter menghasilkan tenaga 72 PS dan torsi maksimum 96 Nm. Sistem variabel katup Dual VVT terkandung di dalamnya. Baru satu pilihan transmisi tersaji, manual 5-percepatan. Automated Manual Transmission (AMT) akan menyusul kelak.

Jangan pernah ragukan standar keselamatan yang diberikan pabrikan Eropa. Walau dihargai terjangkau, Triber tetap dilengkapi fitur komplet. Dua airbag belum cukup untuk menjaga seluruh penumpang. Ditambahlah dua airbag samping sehingga total ada empat airbag. Paling banyak dikelasnya. ABS+EBD sudah pasti ada di sistem pengereman. Bersama peringatan sabuk pengaman, sensor parkir, proteksi pejalan kaki, Speed Sensing Door Lock dan Impact Sensing Unlock.

ANINDIYO PRADHONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...