Ini Dia Spesifikasi Toyota Camry Versi Nascar Bertenaga 670 hp

JAKARTA, Carvaganza – Paman Sam punya satu ajang balap yang sangat populer, NASCAR Cup Series. Balapan yang kebanyakan digelar di sirkuit oval ini diikuti oleh puluhan mobil balap yang disopiri pembalap-pembalap hebat seperti Chase Elliot, Kyle Busch dan Deny Hamlin. Stock car racing ini juga punya beberapa kalendar yang mendunia seperti Daytona 500 dan lainnya.

Tahun ini ada tiga pabrikan yang berpartisipasi, yakni Chevrolet, Ford dan Toyota. Untuk NASCAR musim depan, Toyota sudah memperkenalkan mobil terbarunya. Mereka kembali menggunakan sedan terpopulernya di dunia, Camry. Tentu saja, kali ini Camry yang digunakan adalah generasi terbarunya.

Toyota Camry NASCAR 2022

Musim balap tahun depan NASCAR mendapat sejumlah perubahan regulasi. Mobil ini sudah disesuaikan dengan segala perubahan tersebut. Makanya Toyota Camry TRD ini mendapat sejumlah peningkatan signifikan pada paket aerodinamika eksteriornya. Begitupun penyesuaian pada suspensi. Memang regulasi diatur agar penyesuaian dapat menghemat biaya operasional tim tanpa berkompromi pada faktor keselamatan.

Bagi kita orang Indonesia yang kurang begitu dekat dengan balapan NASCAR, pasti bertanya-tanya seberapa hebat performa mobil balapnya? Toyota Camry TRD ini dibekali mesin 5,7 liter V8 yang bisa memiliki dua tingkat performa. Penyetelan pertama menghasilkan 550 hp. Tapi di sirkuit yang membutuhkan tenaga lebih besar, tenaganya bisa diperah hingga menghasilkan 670 hp.

Toyota Camry NASCAR 2022

Kabarnya sama seperti balap jet darat Formula 1, NASCAR juga akan memperkenalkan electric boost. Andy Graves, TRD technical director mengatakan perubahan itu baru akan diterapkan setidaknya pada 2023. Meski begitu ia menyebut kalau generasi ketujuh Camry TRD ini sudah siap untuk menyambut masa depan itu. Katanya mesin V8 di mobil ini bisa diadaptasi dengan sistem hybrid dengan mudah nantinya.

Perubahan regulasi salah satunya termasuk pergantian velg yang lebih besar. Sebelumnya menggunakan velg berukuran 15 inci, kini menjadi 18 inci. Selain itu konfigurasi baut roda yang sebelumnya lima diganti menjadi satu baut roda raksasa di tengah (center lock) layaknya roda mobil balap Formula 1. Valg baru ini dibuat oleh BBS dari material aluminium yang ringan. Velg yang lebih besar memungkinkan Toyota memasang rem yang berukuran lebih besar untuk kemampuan deselerasi yang lebih baik. Roda dengan center lock juga akan mempercepat waktu pitstop.

Toyota Camry NASCAR 2022

Toyota Camry TRD versi balap ini masih menggunakan struktur rangka tubular. Namun seluruh panel bodi terbuat dari material carbon composte. Bagian kolong mobil tertutup rata. Kemudian bagian depannya punya splitter yang lebih besar. Begitupun dengan diffuser di belakang. Semua perubahan ini tak pernah ada pada mobil balap NASCAR sebelumnya.

Sebagai mobil balap, mobil ini terlihat begitu mirip dengan Toyota Camry versi yang dijual di jalanan. Bahkan ketika ditaruh sejajar, banyak sekali kesamaan keduanya. Kecuali tentu saja, lampu depan dan lampu belakang Camry TRD bukanlah lampu sungguhan tetapi hanya stiker. Bagaimana performa Toyota Camry TRD di NASCAR tahun depan? Kita lihat saja nanti? RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda